Ungkapan Bijak dari Seorang Jean Piaget



Jean Piaget adalah seorang psikolog perkembangan dan epistemologis genetik yang berasal dari Swiss. Melalui studinya tentang ketiga anaknya sendiri, Piaget mengembangkan teori perkembangan kognitif yang menggambarkan serangkaian tahapan perkembangan intelektual yang dialami anak-anak ketika mereka dewasa. Sebelum temuan Piaget, orang cenderung menganggap anak-anak sebagai versi kecil orang dewasa. Karyanya memperkenalkan gagasan bahwa pemikiran anak-anak pada dasarnya berbeda dari orang dewasa.

Lihat juga: 10 hal menarik dari seorang Sigmund Freud

Tentang Epistemologi Genetik

"Tujuan dari epistemologi genetik adalah menemukan akar dari berbagai varietas pengetahuan, mulai dari bentuk-bentuk dasarnya, hingga ke tingkat berikutnya, termasuk juga pengetahuan ilmiah."

"Hipotesis mendasar dari epistemologi genetik adalah adanya paralelisme antara kemajuan yang dibuat dalam organisasi pengetahuan logis dan rasional serta proses psikologis formatif yang sesuai. Dengan hipotesis itu, bidang studi yang paling bermanfaat, paling jelas adalah pembentukan kembali sejarah manusia - sejarah pemikiran manusia pada manusia prasejarah. Sayangnya, kita tidak memiliki informasi yang cukup dalam psikologi manusia primitif, tetapi ada anak-anak di sekitar kita, dan dalam mempelajari anak-anaklah kita memiliki kesempatan terbaik untuk mempelajari pengembangan pengetahuan logis, pengetahuan fisik, dan sebagainya."

Lihat juga: Menemui Wilhelm Wundt, berkunjung di laboratorium psikologi pertama

Tentang Pendidikan

"Tujuan utama pendidikan adalah untuk menciptakan manusia yang mampu melakukan hal-hal baru, bukan sekadar mengulangi apa yang telah dilakukan generasi lain — manusia kreatif, berdaya cipta, dan penemu. Tujuan kedua dari pendidikan adalah membentuk pikiran yang mampu kritis, dapat memverifikasi, dan tidak menerima semua yang ditawarkan."

"Anak-anak hanya memiliki pemahaman yang nyata tentang apa yang mereka ciptakan sendiri, dan setiap kali kita mencoba mengajari mereka sesuatu yang terlalu cepat, kita mencegah mereka menciptakannya kembali secara mandiri."

Tentang Perkembangan Kognitif

"Peluang ... di akomodasi secara khusus untuk sensorimotor intelijen, memainkan peran yang sama seperti dalam penemuan ilmiah. Ini hanya berguna bagi yang jenius dan pengungkapannya tetap tidak berarti bagi yang tidak terampil."

"Setiap perolehan akomodasi menjadi bahan untuk asimilasi, tetapi asimilasi selalu menolak akomodasi baru."

"Mengetahui realitas berarti membangun sistem transformasi yang sesuai, kurang lebih memadai, dengan realitas. Mereka kurang lebih isomorfis terhadap transformasi realitas. Struktur transformasional yang terdiri dari pengetahuan bukanlah salinan transformasi dalam kenyataan; mereka hanya mungkin model isomorfik di antaranya pengalaman memungkinkan kita untuk memilih. Pengetahuan, kemudian, adalah sistem transformasi yang semakin memadai. "

"Jika seorang bayi benar-benar tidak memiliki kesadaran tentang dirinya sendiri dan benar-benar diarahkan pada hal-hal dan pada saat yang sama semua pikirannya diproyeksikan ke hal-hal yang ada, paradoks kedua kami masuk akal: di satu sisi, pemikiran pada bayi dapat dilihat sebagai murni akomodasi atau gerakan penjelajahan, tetapi di sisi lain pikiran yang sama ini hanya satu, panjang, mimpi yang sepenuhnya autistik. "

"Campuran asimilasi dengan skema sebelumnya dan adaptasi dengan kondisi aktual dari situasi adalah apa yang mendefinisikan kecerdasan motorik. Namun - di sinilah aturan muncul - segera setelah keseimbangan terbentuk antara adaptasi dan asimilasi, jalannya perilaku yang diadopsi menjadi mengkristal dan ritual. Skema baru bahkan ditetapkan yang anak mencari dan mempertahankan dengan hati-hati, seolah-olah mereka wajib atau didakwa dengan kemanjuran. "

"Hubungan antara orang tua dan anak-anak tentu saja bukan hanya kendala. Ada kasih sayang timbal balik spontan, yang dari pertama mendorong anak untuk bertindak secara tulus dan bahkan pengorbanan diri, untuk berbagai hal yang sangat menyentuh yang sama sekali tidak ditentukan. Dan di sini tidak diragukan lagi adalah titik awal untuk moralitas baik yang akan kita lihat berkembang bersamaan dengan moralitas hak atau kewajiban, dan yang dalam beberapa orang sepenuhnya menggantikannya."

Lihat juga: 10 kondisi gangguan kepribadian dalam DSM V

Tentang Kecerdasan

"Bagaimana pun, kecerdasan itu sendiri tidak terdiri dari tingkatan proses kognitif yang terisolasi dan dibedakan secara tajam. Ini bukan, dengan benar, salah satu bentuk penataan antara lain; itu adalah bentuk keseimbangan yang dengannya semua struktur muncul dari persepsi, kebiasaan dan mekanisme sensori-motorik dasar yang kerap ada."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel