9 Cara yang Dapat Kita Coba untuk Menjaga Emosi Tetap Stabil



Setiap orang memiliki emosi, emosi mampu membantu kita untuk berkomunikasi, emosi juga mampu memotivasi kita untuk melakukan sesuatu. Beberapa emosi positif seperti kesenangan dan kebahagiaan dapat dengan mudah diterima, berbeda dengan emosi negatif seperti perasaan cemas, marah, sedih dan ketakutan. 


Pengelolaan emosi yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari stres hingga depresi, karena itu sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk mengelola emosi negatif.


Berikut adalah sembilan cara untuk menjaga emosi tetap stabil: 


Pertama, identifikasi emosi yang sedang dirasakan. 


Meskipun cukup sulit untuk mengidentifikasi emosi  yang sedang dirasakan namun bila kita berusaha untuk memahami emosi tersebut seperti kecemasan, kesedihan, kemarahan maka kita akan memiliki kekuatan untuk berdamai dengan emosi tersebut. 


Mengenali emosi seperti kecemasan, bentuk rasa cemas biasanya diawali dengan pertanyaan “bagaimana jika?” bagaimana jika mereka tidak menyukai saya? bagaimana jika saya tidak diterima? Dan lain-lain, sementara kesedihan  erat kaitannya dengan hal-hal yang tidak dapat kita ubah seperti kematian dan kehilangan. Dan kemarahan adalah respons setelah kita diserang atau adanya nilai-nilai yang tidak sesuai dengan diri prinsip kita.  


Kedua, cobalah melakukan teknik relaksasi pernapasan. 


Salah satu yang dapat dilakukan ketika sedang emosi adalah mencoba rileks dan melakukan teknik relaksasi pernapasan. Penelitian menunjukkan bahwa berlatih kontrol pernapasan memiliki dampak positif pada respons stres. 


Ketiga, mencoba melakukan meditasi atau melakukan ibadah dan berdoa. 


Penelitian telah membuktikan bahwa meditasi mampu menimbulkan emosi positif, kepuasan, mampu membuat seseorang lebih sehat dan bahagia. Juga mampu mengurangi kecemasan, stress dan depresi. Terdapat beberapa jenis meditasi namun semua meditasi bertujuan untuk menenangkan pikiran. Dalam umat beragama, beribadah dengan rasa yang khusyu juga mampu memberikan ketenangan dalam diri individu. 


Keempat, mencoba untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan. 


Kita dapat merubah emosi negatif yang kita rasakan dengan cara membayangkan hal-hal positif. Membayangkan hal positif bisa diawali dengan membayangkan kondisi  yang membuat kita merasa tenang dan bahagia. 


Kelima, mencoba membuat Jurnal  


Banyak orang yang telah membuktikan bahwa menulis jurnal dapat membantu dalam mengatasi emosi. Cobalah untuk menuliskan apa yang terjadi, apa yang anda rasakan. Tuliskan apapun yang anda rasakan di jurnal, jangan merasa malu. Hal tersebut akan mampu mengurangi perasaan negatif yang sedang dirasakan. 


Keenam, mengidentifikasi penyebab timbulnya emosi  yang dirasakan. 


Ketika kita telah menulis jurnal tentang emosi yang kita rasakan maka kita akan mendapatkan pola penyebab timbulnya emosi. Bila emosi tersebut sudah pernah kita rasakan sebelumnya, ada kemungkinan kita bisa mengatasi  emosi  tersebut seperti cara yang kita gunakan sebelumnya. 


Ketujuh, mencari Pengalihan 


Alihkan emosi anda dengan melakukan hal-hal positif yang anda sukai. Bila anda senang melukis cobalah untuk mengalihkan emosi anda dengan melukis, atau melakukan hal-hal yang Anda senangi yang dapat membuat Anda menjadi lebih produktif.  


Kedelapan, mencari dukungan dari orang-orang terdekat (Support System) 


Curahkan perasaan dan  isi hati anda dengan orang yang membuat anda merasa nyaman, jangan biarkan anda memendam perasaan sendiri.  Mencurahkan perasaan dengan orang lain mampu membuat perasaan anda menjadi lebih tenang, dan mungkin saja hal tersebut bisa membantu Anda dalam menemukan solusi dari emosi negative yang anda rasakan. Cobalah mencari dukungan dari orang-orang terdekat seperti dari pasangan,teman, atau terapis professional. 


Kesembilan, carilah bantuan dari profesional. 

Apabila Anda sudah kesulitan mengatasi emosi yang ada dalam diri Anda maka cobalah untuk mencari bantuan professional. Berbicara dengan profesional adalah salah satu  alternative yang baik. Dengan berbicara dengan terapis, anda akan menjadi lebih tenang karena terapis akan lebih bertanggung jawab dalam membantu Anda untuk mengatasi emosi – emosi negatif yang Anda rasakan. 

Demikianlah sembilan cara yang dapat kita coba. Semoga dapat memberi manfaat kepada teman-teman pembaca.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel