5 Cara Menurut Peneliti agar Hubungan Bersama Pasangan Awet Selamanya



 

Memiliki hubungan yang sehat serta romantis tentunya impian semua pasangan, namun pada kenyataannya semua hubungan akan mengalami pasang surut.  Salah satu kunci dari hubungan yang sehat adalah keterbukaan satu sama lain dengan pasangan.

 

Tidak seperti jatuh cinta yang bisa terjadi begitu saja, mempertahankan cinta justru lebih berat karena membutuhkan komitmen dan usaha.

 

Salah satu usaha untuk tetap memperhatikan perasaan cinta pada pasangan adalah terbentuknya hubungan yang sehat.

 

Menurut sejumlah temuan ada beberapa cara yang mampu melestarikan dan menghidupkan kembali perasaan cinta pada pada pasangan yang dapat berlangsung lama dan seumur hidup, diantaranya adalah:

 

Pertama, Menghabiskan waktu bersama

 

Menghabiskan waktu bersama bisa menghidupkan kembali rasa cinta pada pasangan. Menghabiskan waktu bersama pasangan dapat menimbulkan kembali perasaan cinta dan mampu mempertahankan perasaan jatuh cinta dengan pasangan dalam jangka panjang.

 

Menghabikan waktu bersama pasangan dapat dilakukan dengan tips-tips berikut:

Berkomitmen untuk menghabiskan waktu secara teratur.  Tidak peduli seberapa sibuk Anda, luangkanlah waktu anda untuk pasangan anda meski beberapa menit. Seperti duduk bersama di pagi hari sambil menikmati secangkir kopi.

Lakukan sesuatu yang Anda sukai bersama pasangan, seperti melakukan hobi yang anda sukai atau kegiatan rutin yang dapat dinikmati bersama. Seperti menonton film bersama di bioskop atau mengunjungi tempat tempat favorite  yang Anda dan pasangan Anda senangi. 

Mencoba hal baru bersama, melakukan hal baru bersama dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan seperti mengunjungu restoran baru atau mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Fokus bersenang-senang bersama,  dalam hal ini mempunyai pasangan yang humoris dapat sangat membantu untuk mempertahankan hubungan, rasa humor dapat membantu menghadapi rintangan bersama pasangan, serta mampu mengurangi tingkat stress. Rasa humor juga mampu membuat masalah menjadi lebih muda untuk dihadapi.

 

Kedua, Tetap menjaga komunikasi  

Menjaga komunikasi dengan pasangan adalah bagian terpenting dalam mencapai hubungan yang sehat. Komunikasi yang baik dengan pasangan mampu membangun hubungan emosional yang positif sehingga hal tersebut akan memberikan ketengan serta kebahagiaan.  Untuk menjaga komunikasi ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu :

-          Terbuka dengan pasangan, sampaikan  isi hati Anda kepada pasangan, sampaikan apa yang  Anda inginkan dan butuhkan, jangan membiarkan pasangan menebak isi hati Anda , karena pasangan Anda tidak bisa membaca pikiran Anda.

 

 

Ketiga, Kenali isyarat non verbal pasangan anda, seperti bahasa cinta.

 

Banyak dari kita yang  tidak mampu mengutarakan   secara verbal dan memberikan bahasa secara non verbal, seperti kontak mata, nada suara, postur, dan beberapa gerakan lainnya. Agar hubungan dapat berjalan dengan baik, beberapa orang harus mengenali bahasa nonverbal pasangannya karena masing-masing pasangan memiliki isyarat tersebdiri, misalnya seseorang mungkin akan memeluk pasangannya setelah melewati hari yang penuh tekanan sebagai mode komunikasinya. Sementara pasangan yang lain mungkin lebih memilih berjalan jalan bersama dengan pasangannya untuk menghilangkan stress yang mereka rasakan.

 

Keempat, Tetap menjaga keintiman dengan pasangan 

 

Keintiman seringkali di hubungkan dengan hubungan seks  namun hubungan seks bukan satu-satunya metode keintiman fisik.  Keintiman fisik bisa dengan sentuhan penuh kasih sayang seperti berpegangan tangan, berpelukan, atau berciuman.  Sentuhan sangat penting dalam suatu hubungan karena sentuhan

Mampu meningkatkan kadar oksitosin tubuh, yang mampu mempengaruhi ikatan dan keterikatan.  

 

Kelima, Bersiap untuk menghadapi pasang surut kehidupan bersama pasangan

 

Kita harus menyadari bahwa setiap pasangan akan mengalami jatuh bangun kehidupan karena itu setiap pasangan harus mempersiapkan diri dalam menghadapi pasang surut kehidupan.  Adapun beberapa tips untuk menghadapi pasang surut kehidupan bersama pasangan yaitu :

-          Jangan melampiaskan kemarahan kepada pasangan

-          Mencoba untuk menyelesaikan bersama, jangan ingin menang sendiri

-          Belajar menerima pendapat dan menerima perubahan

-          Jika membutuhkan pihak lain dalam menyelesaikan masalah dalam hubugan anda, lakukan lah bersama pasangan. Jangan mencari penyelesaian sendiri, selesaikan lah bersama pasangan.

-          Belajar dari pengalaman untu menangani konflik dengan baik. 


    Semoga saja sejumlah cara di atas dapat bermanfaat dan memberikan kemungkinan yang lebih baik bersama pasangan kita msaing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel