4 Tahapan untuk Self Talk dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Sehari-Hari

self talk


Self talk merupakan bagian dari Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) yang bertujuan membantu untuk mengenali dan memahami perasaan, pemikiran, dan tingah laku irasional dari diri seseorang. Tahapan ini akan mengajarkan bagaimana seseorang dapat menerima bahwa perasaan, pemikiran, dan tingkah laku tersebut diciptakan dan diverbalisasikan oleh dirinya sendiri. 

Self talk mengubah pernyataan negatif yang membuat stres menjadi pernyataan positif yang rasional sebagai alat menurunkan stres. Self talk salah satu cara mudah yang bisa dilakukan secara mandiri yaitu terapi self talk. Sebenarnya self talk telah banyak dilakukan oleh manusia, hanya saja tidak ada pemahaman bahwa kekuatan dari “berdialog dengan diri” dapat menjadikan seseorang menjadi lebih positif dalam hidupnya tanpa memiliki pemikiran tidak masuk akal akan suatu tekanan

Terdapat empat tahapan untuk self talk, diantaranya sebagai berikut:

a. Tahap Pertama 


Menunjukkan kepada seseorang bahwa permasalahan yang dihadapinya berkaitan dengan keyakinan-keyakinan irasional yang ada pada dirinya. Tahap ini menunjukkan kepada seseorang untuk mengembangkan nilai-nilai sikapnya yang menunjukkan ketidaksesuiaan dengan keadaan sebenanrnya atau bisa dikatakan bahwa pada tahap ini dapat menunjukkan kepada seseorang untuk belajar memisahkan keyakinankeyakinan rasional dan keyakinan irasional. Lebih tepatnya dapat menyadarkan seseorang bahwa pemikirannya salah. 

b. Tahap Kedua 


Tahapan ini akan membawa seseorang kepada kesadaran bahwa dirinya hanya mempertahankan gangguangangguan emosionalnya untuk tetap aktif dengan terus menerus berpikir secara irasional dan dengan mengulangngulang dengan kalimat atau perkataan yang mengalahkan diri. 


c. Tahap Ketiga


Disini akan diajarkan bagaimana seseorang dapat memperbaiki pikiran-pikiran dan meningalkan gagasangagasan irasional yang dimilikinya. Maksudnya adalah agar seseorang dapat merubah pikiran dan pernyataan negatifnya menjadi pikiran dan pernyataan yang positif. 

d. Tahapan Keempat


Tahapan ini akan membuat seseorang untuk mengembangkan filosofi kehidupannya yang rasional, dan menolak kehidupan yang irasional. Dengan menggunakan cara menolak pikiran-pikiran irasional dan pernyataanpernyataan negatif untuk masuk kepada dirinya.

Dengan mencoba mlakukan 4 tahapan self talk, setidaknya kita mendapat beberapa manfaat berikut:

1. Sebagai penyalur emosi

Saat seseorang merasakan kesal dengan suatu situasi terkadang secara sadar atau tidak sadar dalam hati akan terjadi sebuah percakapan. Apakah ingin marah atau tidak?. Jika marah, seperti apa bentuk marah yang akan dimunculkan? Jika tidak, apa alasannya? Saat memutuskan untuk tidak marah, terkadang perasaan kesal akan masih membekas. Saat inilah memerlukan self talk dengan membentuk pernyataan-pernyataan yang akan membuat kesal atau perasaan emosional apapun yang muncul menjadi lebih dapat ditoleransi.  

2. Alat bantu mengambil keputusan

Saat dihadapkan dengan dua pilihan sulit yang menyenangkan, self talk akan menjadi media penolong yang membantu mendapatkan pilihan yang sesuai. Seperti contoh ketika bingung memilih baju yang ingin dibeli dalam hati berbicara “yang merah bagus tetapi aku sudah punya” akhirnya tidak jadi membeli baju warna merah tetapi warna biru. Maka disitulah self talk berperan sebagai alat penimbang sebelum mencapai keputusan akhir.

3. Berinteraksi dengan orang lain 

Dalam memebuhi keinginan atau kebutuhan. Seseorang memutuskan berinteraksi dengan orang lain akan menjadi penolong untuk menimbang kebutuhan sendiri, hal tersebut akan membuat seseorang memperkirakan apakah orang lain dapat memebuhi kebutuhan yang diinginkan atau tidak. Mempertimbangkan segala resiko yang akan terjadi, kemudian dapat mengambil keputusan untuk mengambil tindakan. Bentuk relasi yang kemudian terjadi tergantung pada self talk seseorang tersebut lagi.

4. Mengembangkan diri 

Banyak kata-kata bijak yang dapat dijadikan sebagai pedoman atau acuan sebagai self talk. Seperti contoh, “Kebiasaan menyalahkan keadaan membuat kita tidak mampu melangkah maju”. Kalimat ini membuat seseorang berpikir dalam hati dan akhirnya berubah menjadi seseorang yang lebih bersemangat. Kata-kata positif tersebut akan menjadi perncerah dan menjadi lebih berkembang tidak terpuruk akan satu situasi. Sama seperti fungsi penyaluran emosi atau pengatur amarah, kunci dari self talk pengembang diri adalah kalimat dan kata-kata yang bernada positif. 

Demikianlah 4 tahapan untuk self talk dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel