Cara Mengetahui Depresi Secara Sederhana



Depresi adalah gangguan psikologis yang sebenarnya paling sering kita temui. Sebenarnya, depresi merupakan gejala yang wajar sebagai respon normal terhadap pengalaman hidup negatif, seperti kehilangan anggota keluarga, benda berharga atau status sosial. Dengan demikian, depresi dapat dipandang sebagai suatu kontinum yang bergerak dari depresi normal sampai depresi klinis.

Depresi menurut WHO (World Health Organization) merupakan suatu gangguan mental umum yang ditandai dengan mood tertekan, kehilangan kesenangan atau minat, perasaan bersalah atau harga diri rendah, gangguan makan atau tidur, kurang energi, dan konsentrasi yang rendah.Masalah ini dapat akut atau kronik dan menyebabkan gangguan kemampuan individu untuk beraktivitas sehari-hari. Pada kasus parah, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. Saat ini telah diketahui beberapa faktor penyebab depresi, seperti faktor genetik, biokimia, lingkungan, dan psikologis. Pada beberapa kasus, depresi murni berasal dari faktor genetik, orang yang memiliki keluarga depresi lebih cenderung menderita depresi; riwayat keluarga gangguan bipolar, pengguna alkohol, skizofrenia, atau gangguan mental lainnya juga meningkatkan risiko terjadinya depresi. Kasus trauma, kematian orang yang dicintai, keadaan yang sulit, atau kondisi stres memicu terjadinya episode depresi, tetapi terdapat pula kondisi tidak jelas yang dapat memicu depresi.

Lihat juga: 4 hal utama pemicu munculnya stres

Pada dasarnya, untuk mendiagnosis depresi yang kita alami, sebaiknya dilakukan oleh psikolog atau pihak medis yang terkait. Namun, sebelum itu kita juga bisa mengetahui masalah tersebut. Ada cara untuk mengenali gejala depresi secara sederhana, cukup mengetahui beberapa tanda yang kerap muncul. Dengan begitu, kita bisa mengetahui atau mempelajari kondisi orang di sekitar kita.

Ada pula gejala depresi yang mirip dengan masalah lainnya, misalnya gejala penyalahgunaan obat terlarang, efek samping obat, atau gangguan psikologis lainnya. Kabar baiknya adalah depresi dapat disembuhkan. Bila mana tanda di bawah ini muncul  pada diri anda atau orang terdekat anda, sudah sepatutnya anda berkunjung ke psikolog. Langkah yang dilakukan psikolog dapat menggunakan beberapa  terapi atau pengobatan. 

Berikut beberapa gejala depresi yang dapat kita ketahui:

1. Sulit Berkonsentrasi

Berbagai jenis depresi pun berefek pada konsentrasi seseorang. Dan itu memberi pengaruh pada pengambilan keputusan kita. Seseorang yang depresi masih dapat menyadari gejala ini atau orang di sekitarnya dapat melihat atau mengamati kondisi yang sebenarnya. 

2. Minat atau Kesenangan Berkurang

Salah satu yang terjadi saat depresi adalah menurunnya minat atau kesenangan pada hal-hal yang sebelumnya kita nikmati. Beberapa orang bahkan meninggalkan hobi atau kesenangan yang selalu digeluti. Efek depresi ini membuat seseorang enggan untuk melakukan sesuatu.

3. Mood yang Berkurang

Saat mengalami depresi, seseorang dapat mengalaminya tekanan hampir setiap hari. Masalah ini pun berakibat pada suasana hati seseorang yang dapat merasa hampa atau sedih, sehingga sangat wajar bila suasana hati akan terganggu. Bahkan, memilih untuk tidak melakukan apa-apa, akan jadi pilihan yang akan dijalani.

4. Perubahan Berat Badan

Bila anda tanpa sengaja mengalami penurunan atau peningkatan berat badan sebesar 5% atau lebih, ini bisa jadi menandakan anda terkena depresi. Beberapa jenis depresi memperlihatkan pengaruh pada nafsu makan yang dapat berlebih atau sebaliknya.

5. Gangguan Tidur

Beberapa gangguan tidur seperti, sulit tidur atau merasa lelah meskipun telah tidur seharian dapat menjadi salah satu ciri dari beberapa jenis depresi.

6. Gelisah

Gejala-gejala ini dapat terbukti dalam gerakan tubuh, ucapan, dan waktu reaksi dan berbagai hal ini dapat diamati oleh orang lain.

Lihat juga: Cek tingkat depresi dengan cara mudah

7. Kelelahan

Hilangnya energi dan perasaan lelah kronis dapat merupakan gejala beberapa jenis gangguan depresi Merasa lelah dalam waktu yang cukup panjang dapat menghambat aktivitas seseorang secara normal.

8. Merasa Tidak Berharga dan Bersalah

Rasa bersalah yang berlebihan, merasa tidak pantas, dan perasaan tidak berharga adalah gejala umum dari gangguan depresi mayor. Perasaan bersalah yang terlalu besar dapat mengakibatkan terjadinya delusi.

9. Bunuh Diri

Seseorang dengan depresi berat mungkin berpikir tentang bunuh diri, melakukan upaya bunuh diri, atau membuat rencana khusus untuk bunuh diri.

Lihat juga: Pertanyaan mudah untuk mengetahui apakah kita depresi atau tidak

Demikianlah 9 gejala yang dapat menjadi cara kita untuk mengetahui  depresi secara sederhana. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel