Melihat Humor Dari Dua Sisi

INDOPOSITIVE.org — Humor adalah salah satu hal yang sangat penting, mengapa? Sebab humor bisa mendatangkan banyak manfaat positif, salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan mental. Penelitian yang telah dilakukan oleh Thorson dkk pada tahun 1997 menemukan hubungan positif antara  rasa humor dengan keadaan psikologis individu, rasa humor juga dapat mencegah kondisi tertekan yang dapat menyebabkan depresi.



Namun penelitian yang dilakukan oleh Samson dan James  pada tahun 2002 menjelaskan bahwa tidak semua humor dapat meghasilkan efek positif, karena humor dapat dibedakan atas dua jenis yaitu humor positif dan humor negatif Penelitian tersebut didasari atas penjelasan Freud yang menekankan bahwa  humor memiliki fenomena yang berbeda beda, seperti  lelucuan, sindiran maupun ejekan. Bagi Freud sendiri, humor merujuk pada simpati, toleransi, serta tindakan berupa hiburan dalam menanggapi hal hal yang tidak sempurna yang ada  didunia maupun kekurangan indvidu secara general.

Freud juga menjelaskan bahwa
 humor positif berupa humor yang mengandung kebaikan dan tidak menunjukkan sikap bermusuhan. Humor positif  berhubungan dengan  psikologi kesehatan dan kebahagiaan diri (seperti kepercayaan diri, emosi positif dan optimisme) sementara Humor negatif  berkaitan dengan emosi negatif seperti depresi dan kecemasan, humor negatif  bersifat agresif dan mengabaikan orang lain.

Berdasarkan hal tersebut maka Samson dan James menjelaskan bahwa  hanya humor positif  yang dapat mempengaruhi kesehatan mental. Penelitian yang berkaitan dengan humor juga menjelaskan bahwa humor dapat digunakan sebagai cara untuk mencegah stress, karena humor dapat menjadi kekuatan untuk menangkal emosi negatif yang timbul. Selain  itu humor juga dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan rasa takut dan cemas. Dalam novel Harry Potter,JK Rowling menciptakan sebuah mantra untuk menangkal rasa takut yaitu dengan membayangkan hal yang ditakuti berubah menjadi hal yang lucu,  ternyata dalam dunia nyata hal tersebut memang bermanfaat, humor dapat  digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan rasa takut juga rasa cemas.

Ventis dan Murdock menjelaskan bahwa Humor akan menimbulkan rasa percaya diri dan keberanian untuk menghadapi situasi yang mengancam atau menakutkan, rasa humor yang digunakan dalam menghadapi ketakutan juga dapat membangun keberanian dalam pikiran individu sehingga individu lebih berani dalam menghadapi situasi yang menakutkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel