Header Ads

Mengenal Secara Singkat Strategi Coping

INDOPOSITIVE.org -Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak dapat terhindar dari suatu permasalahan, apabila tidak ditangani dengan tepat maka permasalahan yang timbul dapat menyebabkan terjadinya stress. Terlebih dengan kondisi saat ini. Begitu banyak permasalahan yang kadang muncul tiba-tiba dan tak mampu kita prediksikan. Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa manusia yang mengalami stress akan  mendorong terjadinya depresi, kecemasan, pola makan tak teratur, penyalahgunaan obat-obatan sampai penyakit-penyakit yang akan mempengaruhi fisik. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus memiliki kemampuan agar terhindar dari stress, kemampuan tersebut adalah kemampuan dalam menggunakan Strategi Coping.

Berat masalah dapat diatasi dengan cara yang kau temukan via psycholawlogy.com


Strategi Coping merupakan suatu proses kognitif yang membantu individu mengurangi dan mengatasi suatu tekanan yang datang baik masalah dari lingkungan maupun dari dalam diri sendiri. Strategi coping merupakan cara yang dilakukan individu untuk menghindari kerugian yang akan terjadi akibat tekanan hidup. Hal tersebut didasari atas asumsi bahwa individu mampu bereaksi apabila berada dalam keadaan tertekan yang membahayakan hidup. Strategi coping juga didefinisikan sebagai suatu tindakan dan pikiran yang dilakukan oleh individu untuk mengatasi dan mengantasipasi tekanan yang telah terjadi. Coping digunakan untuk mengurangi efek dari tekanan yang di rasakan oleh individu.


Lazarus dan Folkman di tahun 1984 mengungkapkan bahwa terdapat dua jenis strategi coping yang dapat digunakan oleh individu  untuk menghadapi tekanan, yaitu Problem focused Coping dan Emotion Focused Coping. Problem focused coping merupakan strategi coping dimana individu fokus dalam menyelesaikan masalah yang menekan. Problem focused coping bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi individu dengan mencari cara untuk menghilangkan tekanan yang dialami. Sementara emotion focused coping merupakan proses kognitif yang terdiri dari berpikiran positif dan ekspresi emosi yang bertujuan untuk mengurangi tekanan. Semoga kita senantiasa mampu menghadapi sejumlah yang kadang menghadang. 



Penulis: Mimi Nurilmi
Editor: Wawan Kurniawan

No comments

Powered by Blogger.