Mencoba Mengenal Kebahagiaan Melalui Teori PERMA

INDOPOSITIVE.org - Kebahagiaan merupakan topik penelitian yang memiliki sejarah panjang dan terus berkembang dari tahun ke tahun. Manusia selalu berusaha untuk menemukan atau mendapatkan kebahagiaan. Penjelasan umum tentang kebahagiaan adalah bagaimana cara untuk hidup baik. Makna dari “baik” dijelaskan sebagai hidup dengan mengikuti nilai - nilai moral dan berperilaku dengan tepat, seperti lebih religius dan memiliki hubungan sosial yang baik. 

Pesan dari Martin Seligman via livingmeanings.com

Salah satu teori kebahagiaan yang dijelaskan oleh Martin Seligman dalam bukunya yang berjudul Flourish adalah PERMA. Sebelumnya, Seligman pernah membahas tentang kebahagiaan dalam bukunya yang berjudul Authentic Happiness. Namun dikembangkan menjadi PERMA dalam buku terbarunya. PERMA dibagi dalam lima hal yaitu pertama, the pleasant life, menyangkut kehidupan yang mampu memaksimalkan emosi positif. Kedua, the engaged life, menyangkut kemampuan dalam mendapatkan flow dalam berbagai hal. Ketiga, the meaningful life, menyangkut tujuan dan makna hidup. Keempat, relationships, menyangkut hubungan individu dalam menjalani kehidupan. Kelima, achievements, menyangkut pencapaian prestasi dalam hidup. 

Sejumlah hal tersebut dapat dikembangkan menjadi penelitian yang menarik dan dapat menambah referensi akan riset tentang kebahagiaan. 

Penulis: Wawan Kurniawan
Editor: Wawan Kurniawan

Ruang belajar Psikologi Positif

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment