Pengertian Self-Care, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya



Apa sih Self-Care itu?

Dalam sebuah artikel ilmiah yang berjudul Towards a unifying caring life-course theory for better self-care and caring solutions: A discussion paper, kita bisa melihat pengertian terkait dengan self-care. 

Self-Care diartikan sebagai tugas-tugas yang sengaja dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri, menjaga kesehatan, mencegah dan mengelolah penyakit atau tujuan yang spesifik. Self-Care akan mencakup keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam mencapai kebutuhan seseorang. Namun, secara sederhana, istilah ini menggambarkan tindakan sadar yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional mereka sendiri. 

Dalam memahami Self-Care itu sendiri, kita dapat melihatnya dalam berbagai bentuk atau jenis self-care yang ada. Self-Care ini akan sangat penting dalam membangun ketahanan seseorang dalam menghadapi stres dalam hidup. Sebab setiap kali seseorang mencoba untuk melakukan self-care, hal tersebut memperlihatkan kesiapannya untuk menghadapi hidup yang sulit untuk ditebak. 

Celakanya, banyak orang menganggap self-care sebagai bentuk kemewahan, bukan sesuatu yang prioritas. Akibatnya, mereka akan lelah bahkan kewalahan dan tidak siap menghadapi tantangan hidup yang ada. 

Jenis-Jenis Self-Care

Self-Care tidak semata tentang menemukan cara untuk bersantai. Hal ini terkait merawat diri sendiri secara mental, fisik, emosional, sosial, dan spiritual. Untuk menjaga kesehatan mental, penting untuk menemukan keseimbangan di berbagai area. Berikut beberapa jenis self-care yang dapat memperlihatkan area-area tersebut.


Physical Self-Care

Kita perlu untuk merawat tubuh jika ingin terus melakukan aktivitas dengan baik. Tentu kita sering mendengar, jika hubungan antara tubuh dan pikiran saling terhubung. Sebab itu, ketika kita merawat atau menjaga diri, kita akan memiliki pikiran dan tubuh yang lebih baik juga. Physical Self-Care meliputi bagaimana mengisi bahan bakar tubuh, bagaimana tidur kita, dan aktivitas fisik yang kita lakukan. Menjaga kesehatan, minum vitamin, dan menyantap makanan sehat menjadi bagian dari self-care pada area ini. 


Social Self-Care

Sosialisasi menjadi kunci pada area ini. Namun seringkali, sulit meluangkan waktu untuk bertemu dan mudah mengabaikan hubungan saat kita mulai sibuk. Koneksi yang dekat dapat memberi pengaruh positif pada kesehatan mental kita. Sehingga penting untuk memahami kondisi tersebut dan meluangkan waktu membangun hubungan yang lebih baik. 


Mental Self-Care

Cara kita berpikir dan hal-hal yang mengisi pikiran kita sangat memengaruhi kondisi psikologis kita. Membaca buku, menonton film, atau melakukan hal-hal yang mengasah otak akan membantu kita menjadi lebih baik. Mental Self-Care akan menjaga kita melakukan hal-hal yang membantu kita tetap sehat secara mental. Melatih belas kasih dan penerimaan diri, misalnya, membantu kita menjaga kondisi yang lebih sehat.


Spiritual Self-Care

Penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup termasuk agama atau spiritualitas pada umumnya membawa kita pada gaya hidup yang lebih sehat. Memelihara spritual kita, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mengembangkan pencarian makna, pemahaman, atau hubungan yang lebih dalam dengan alam semesta.


Emotional Self-Care

Penting untuk memiliki keterampilan coping yang sehat untuk mengatasi emosi yang tidak nyaman, seperti kemarahan, kecemasan, dan kesedihan. Emotional Self-Care dapat mencakup aktivitas yang membantu kita mengakui dan mengekspresikan perasaan secara teratur dan aman. Bisa dengan berbicara bersama pasangan atau teman dekat terkait perasaan kita, atau menyisihkan waktu untuk aktivitas santai yang membantu kita memproses emosi.


Manfaat Self-Care

Memiliki rutinitas untuk memilih self-care terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang penting. Beberapa di antaranya:


Mengurangi kecemasan dan depresi

Mengurangi stres dan meningkatkan ketahanan tubuh

Meningkatkan kebahagiaan

Meningkatkan energi

Mengurangi kelelahan

Hubungan interpersonal yang lebih kuat


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), self-care itu penting karena dapat membantu meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan membantu orang mengatasi penyakit dengan lebih baik. Jadi, apakah kamu sudah melakukan self-care hari ini?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel