3 Manfaat Dasar Studi Pustaka dalam Penelitian


 

Apa itu Studi Pustaka?

Studi pustaka merupakan metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan.

Hal ini juga merupakan cara untuk menelaah dan membandingkan sumber dari berbagai kepustakaan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis.

Di samping itu, dengan menggunakan studi pustaka penulis dapat memperoleh informasi tentang teknik-teknik penelitian yang diharapkan, sehingga pekerjaan peneliti tidak merupakan duplikasi.

Secara sederhana, studi pustaka, ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian.

 

3 Manfaat Dasar Studi Pustaka

Pertama, menemukan masalah atau topik yang akan dituliskan.

Pada tahap ini, berbagai bacaan yang dikumpulkan penulis atau peneliti akan sangat membantu dalam melihat lebih dalam dan kritis tentang apa yang akan ditulis. Selain itu, topik yang akan diteliti akan semakin lengkap dengan berbagai temuan yang ada selama proses pengumpulan artikel atau bacaan terkait dengan riset kita.

Kedua, menemukan teori yang relevan.

Ini merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya, dengan bacaan yang terkumpul penulis dapat menemukan teori yang relevan dan membantunya melangkah ke tahap selanjutnya. Semakin banyak bacaan, penulis akan terbantu untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari berbagai teori yang ada, sehingga akan memudahkan untuk melihat mana yang sesuai atau tidak dengan topik yang akan dipilih.

Ketiga, memperdalam pemahaman dengan apa yang akan diteliti.

Setelah membaca berbagai referensi, secara tidak langsung kita dapat menelaah dengan baik dan bijak rangkaian artikel atau buku yang kita temukan. Semua ini akan membantu kita dalam memahami konsep dan memperdalam pemahaman kita terkait dengan topik atau penelitian yang hendak dikaji. Semua ini akan mendorong penulis untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan.

Penting untuk melakukan studi pustaka terlebih dahulu setiap kali hendak menulis atau memulai riset. Hal ini dapat menjadi landasan berpikir yang kuat dan sangat membantu untuk mencapai klaim atas apa yang ingin disampaikan.

Hasil yang ingin kita capai juga akan lebih mudah terwujud dengan melakukan studi pustaka yang maksimal. Terlebih saat ini di dunia yang penuh dengan beragam informasi, kita dapat mengakses berbagai kebutuhan yang tersedia. Kenyamanan internet sekiranya mendorong kita menemukan lebih banyak referensi terkait sehingga membuat kita mampu menghasilkan karya yang bermanfaat dan memiliki nilai guna di masyarakat.

Hanya saja, tantangan di dunia yang banjir akan informasi, kita dituntut untuk lebih kritis dan berusaha mencari tahu sumber utama dan terpercaya. Internet di satu sisi menguntungkan, namun tidak banyak pula yang menjadikan internet sebagai upaya menjebak diri sendiri lantaran tidak mampu membedakan antara informasi yang harusnya dipercaya dan informasi yang sebaiknya dihiraukan saja.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel