Cara Untuk Jadi Kaya Raya Berdasarkan Penelitian Psikologi

 


Kita mungkin akan selalu berharap mendapat kebaikan, begitu juga dengan kekayaan. Meski tidak semua orang punya harapan atau keinginan demikian. Tapi, sebagian besar ingin memiliki harta yang berlimpah dan hidup dalam kondisi yang penuh bahagia.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara untuk jadi kaya raya? Kali ini kami akan menjelaskan sebuah penelitian yang mencoba menjawab pertanyaan itu. Mungkin juga akan membantu beberapa di antara kita yang berharap untuk segera meraih kekayaan.

Salah satu poin penting dari penelitian itu adalah, untuk menjadi kaya, kita tidak perlu fokus pada kekayaan itu sendiri. Jadi hal seperti apa mesti kita lakukan?

Mari simak penjelasannya lengkap penelitian ini. Penelitian yang berjudul, The value of a purposeful life: Sense of purpose predicts greater income and net worth, dikerjakan oleh Patrick L. Hill beserta koleganya menarik untuk kita diskusikan lebih lanjut.

Penelitian ini dilakukan selama 9 tahun dan berhasil mengungkap jawaban yang sedari tadi kita pertanyakan. Para peneliti, terus mengikuti partisipannya selama sembilan tahun untuk mendapatkan data penelitian mereka. Jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah 7108 masyarakat Amerika Serikat. Dari ribuan partisipan itu, peneliti menemukan bahwa partisipan yang memiliki sense of purpose.

Apa maksud peneliti tentang sense of purpose? Hal itu dijelaskan sebagai tujuan hidup dari para partisipan penelitian, semakin banyak tujuan terarah dari seseorang, maka peluangnya untuk lebih kaya pun semakin besar.

Dari penelitian terdahulu, tujuan hidup seseorang juga membantu meraih kebahagiaan. Tapi dalam penelitian ini, hal tersebut bahkan membantu seseorang untuk menjadi lebih kaya.

Antara tujuh dan sepuluh tahun kemudian, para peneliti berhasil mewawancara ulang hampir 5.000 peserta yang sama. Mereka menemukan bahwa individu yang melaporkan lebih banyak tujuan di awal studi telah mengumpulkan lebih banyak kekayaan selama periode waktu itu, dan mereka mengalami peningkatan pendapatan yang lebih besar.

Hubungan antara tujuan hidup dan akumulasi kekayaan yang lebih besar sangat kuat di antara peserta yang lebih muda, menunjukkan bahwa memiliki tujuan hidup yang konkret sangat berdampak pada awal perjalanan karir seseorang.

Sayang sekali para peneliti tidak bertanya kepada peserta tentang isi tujuan mereka. Hill dan timnya secara samar-samar berspekulasi bahwa lebih banyak tujuan dalam hidup menghasilkan kekayaan yang lebih besar karena hal itu sejalan dengan kemampuan dan kecenderungan yang lebih besar untuk mengejar tujuan jangka panjang.

Selanjutnya, kita akan terus bertanya-tanya, tujuan seperti apa yang bisa membawa orang-orang menjadi kaya. Tentu saja, itu akan menjadi personal dan masing-masing dari kita akan menemukan jawaban yang berbeda-beda. Dari penelitian ini, setidaknya kita belajar akan pentingnya memiliki sejumlah tujuan dalam hidup untuk membantu kita bergerak dan terus berjuang.

Apakah teman-teman sudah memiliki tujuan hidup? 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel