12 Jenis Fobia Secara Spesifik yang Sering Kita Temui



Setelah beberapa waktu sebelumnya kita membahas jenis fobia secara umum, kali ini kita akan mencoba mengenali sejumlah jenis fobia secara spesifik yang kerap terjadi di sekitar kita. Beberapa orang terdekat barangkali pernah merasakan hal tersebut. 

Untuk beberapa fobia, istilahnya tak terdengar asing di telinga kita. Tentu ada beberapa fobia yang bila dibanding dengan yang lainnya lebih mudah kita temukan. Ketakutan berlebih tiap orang dapat menjadi penghambat atau masalah tersendiri, untuk itu penting untuk memahami beberapa fobia yang kiranya dapat membantu kita untuk terlepas dari masalh tersebut. 

Berikut 12 jenis fobia secara spesifik yang sering kita temui di sekitar kita: 

1. Acrophobia

Acrophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut akan ketinggian. Mereka merasa sulit untuk menerima situasi yang membuat mereka berada dalam ketinggian. Bahkan melihat ke bawah pada saat berdiri di hadapan jendela gedung bertingkat terasa berat bagi mereka. Fobia ini kerap ditemukan dibanyak orang.


2. Ophidiophobia

Ophidiophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan ular. Tentu saja beberapa orang takut dengan ular dan itu merupakan hal wajar. Namun untuk yang bermasalah dengan fobia jenis ini, mereka cenderung memiliki rasa takut yang lebih besar dan tak masuk akal. Mereka bisa menjerit, berteriak histeris, hingga menangis.

Beberapa orang mengalami fobia ini setelah melewati pengalaman buruk dengan ular. Meski pun untuk beberapa kasus, ada yang tanpa melewati pengalaman buruk pun dia tetap merasakan ketakutan berlebih. 


3. Arachnophobia

Arachnophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan laba-laba. Mereka yang mengalami fobia ini akan berat saat bertemu atau melihat laba-laba. Bahkan jika hanya sebatas gambar yang ada. Replika laba-laba yang sering jadi mainan anak-anak juga bisa menjadi ancaman bagi mereka. 


4. Cynophobia

Cynophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan anjing. Meski sebagian besar orang menjadikan anjing hewan peliharaan, tapi tak sedikit pula yang menganggap anjing sebagai sesuatu yang menyeramkan. Seringkali ini juga disebabkan pengalaman masa lalu sehingga menjadi fobia bagi seseorang. 


5. Aerophobia

Aerophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut ketika naik pesawat. Orang-orang ini bermasalah saat harus berkendara menggunakan pesawat, mereka bisa panik, hingga muntah saat dipaksa untuk naik pesawat.


6. Trypanophobia

Trypanophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan jarum suntik. Mereka yang mengalami fobia ini akan terus berusaha menghindar dari jarum suntik, tak peduli bagaimana pun caranya. Mereka menyimpan ketakutan berlebih yang bahkan bisa membuatnya pingsan saat melihat jarum suntik secara langsung. 


7. Glossophobia 

Glossophobia  adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut untuk berbicara di depan umum. Sebagian besar orang memang sulit untuk berbicara di depan umum, tapi pada fobia ini akan membuat orang bahkan memilih untuk berdiam di rumah dan menghindari kesempatan yang membuatnya berada pada situasi buruk tersebut. 


8. Claustrophobia

Claustrophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut berada di dalam ruangan sempit. Mereka terlalu berlebihan dalam menilai jarak horizontal sehingga memunculkan ketakutan yang khas. Masalah ini juga dipengaruhi oleh distorsi dalam persepsi yang ada dalam dirinya. 


9. Astraphobia

 Astraphobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan guntur dan kilat. Mereka akan merasa gemetar atau cemas saat guntur atau kilat terdengar. Cuaca yang buruk cenderung membuat mereka terus merasa cemas. 

10. Mysophobia

Mysophobia adalah fobia yang membuat sesoerang merasa takut dengan kotoran dan melakukan pembersihan secara ekstrem. Mereka akan terus menghindari tempat-tempat yang kotor bahkan beberapa hal yang dia anggap tidak bersih. 

11. Agoraphobia


Agoraphobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan  tempat dan situasi yang dapat menyebabkan kepanikan, ketidakberdayaan atau rasa malu. Mereka sebisa mungkin menghindari tempat ramai dan sesak untuk menyelamatkan diri. 


12.  Hemophobia

Hemophobia adalah fobia yang membuat seseorang merasa takut dengan darah. Orang -orang dengan masalah ini tak sanggup melihat darah bahkan setetes pun, beberapa orang bahkan pingsan saat melihat lumuran darah. 

Demikianlah 12 jenis fobia secara spesifik yang sering kita temui. Semoga saja kita dapat belajar dan memahami berbagai hal tersebut. Bila bermasalah dengan fobia di atas, psikolog atau psikiater dapat menjadi pilihan untuk proses penyembuhan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel