5 Buku Rekomendasi Tentang Goal Setting, Tepat Menemani untuk Menyambut Tahun Baru

Kurang dari dua bulan, kita akan memasuki tahun 2020. Seperti biasa, kita kerap menyusun daftar resolusi untuk hal-hal yang ingin dicapai. Dalam psikologi sendiri, kita mengenal term goal setting. Mereka yang ingin mencapai goal setting tersebut membutuhkan usaha dan perjuangan lebih. Tidak semua orang mampu menuntaskan, mengapa? Hal tersebut salah satunya diakibatkan atas ketidaktahuan mereka atas kondisi dan situasi yang akan berubah. Sebab itu, hidup memang tak sesuai recana. Mungkin itu kabar buruknya. Tapi kabar baiknya, beberapa penelitian membuktikan bahwa seseorang bisa memutuskan tujuan hidup dan benar-benar mengggapainya. 

Berikut 5 buku rekomendasi tentang goal setting yang tepat menemani untuk menyambut tahun baru:






1. Creating Your Best Life – Caroline Miller, MAPP

Dengan memanfaatkan penelitian di berbagai bidang ilmu pengetahuan, terkhusus dalam bidang psikologi positif, Caroline Miller mengambil pendekatan untuk menetapkan tujuan, berbeda dengan cara SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely) yang kerap kita dengar. 

Kompilasi riset goal setting Miller melampaui pendekatan ini, langkahnya bisa melebihi dari SMART. Berikut adalah beberapa hal yang terbukti mendukung goal setting yang efektif:

Challenging and Specific: penelitian menunjukkan bahwa nyaman dengan keadaan biasa-biasa saja dapat menurunkan kinerja. Kunci untuk membangun self-efficacy adalah menantang diri dan memanfaatkan potensi Anda.

Measurable: ada tolok ukur untuk mengukur di mana seseorang memulai, di mana mereka ingin berada, dan berkembang di sepanjang jalan.

Foster Independence and Competence:: orang merasa diberdayakan oleh kemampuan mereka sendiri dan mampu terhubung dengan orang lain.

Value Driven: tujuan selaras dengan nilai seseorang lebih cenderung dikejar dan diraih.

Approach: tujuan yang membuat Anda merasa bersemangat dan bersemangat adalah pendekatan goal setting, dibandingkan dengan penghindaran goal setting, yaitu tentang menghindari hasil negatif.

Intrinsic: motivasi datang secara inheren dari tugas, daripada tujuan ekstrinsik di mana motivasi dan penguatan berasal dari orang lain, akumulasi kekayaan, atau ketenaran.

Flow: tujuan yang menginduksi pengalaman optimal, keadaan di mana seseorang sepenuhnya terlibat dalam tugas yang dihadapi.


Penulis telah menganyam berbagai kisah tentang pencapaian tujuan dan kebahagiaan dengan goal setting excercises. Buku ini dibuat dengan sangat interaktif dan menarik untuk melihat goal setting dan pencapaian hidup yang akan kita jalani. 

“Your life is a sacred journey. It is about change, growth, discovery, movement, transformation, continuously expanding your vision of what is possible, stretching your soul, learning to see clearly and deeply, listening to your intuition, taking courageous challenges at every step along the way. You are on the path… exactly where you are meant to be right now…And from here, you can only go forward, shaping your life story into a magnificent tale of triumph, of courage, of beauty, of wisdom, of power, of dignity, and of love.”


2.The Book of Mistakes – Skip Prichard

Skip Prichard menggunakan kelebihannya sebagai pendongeng untuk menenun kisah ini tentang seorang pemuda yang menemukan 9 kesalahan yang tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat sukses.

Mungkin saja dengan membaca buku ini, kita bisa melihat kesalahan yang kerap kita lakukan dan ulangi. Beberapa orang sering gagal hanya karena tak bisa belajar dari kesalahan sebelumnya.


3. 9 Things Successful People Do Differently – Heidi Grant Halvorson

Buku ini menceritakan hasil penelitian yang dilakukan penulisnya sendiri. Terkait bagaiaman 9 hal yang tak lazim dilakukan orang-orang sukses. 

  1. Buat semakin spesifik
  2. Manfaatkan moment untuk mencapai tujuanmu
  3. Ketahui dengan baik garis tujuanmu
  4. Berusalah untuk optimis secara realistis
  5. Fokus untuk menjadi lebih baik dari pada sekadar baik
  6. Miliki keinginan mencapai tujuan jangka panjang
  7. Bangun tekadmu
  8. Jangan menyalahkan nasib atau takdir
  9. Fokus dengan tindakanmu
Melalui buku ini, Heidi Grant menguraikan sembilan hal tersebut. Dengan mencoba menerapkan atau mempelajari hal tersebut, goal setting kita sekiranya dapat segera tercapai. 



4. Your Best Year Ever – Michael Hyatt


Michael Hyatt menciptakan pendekatan berbasis penelitian yang jelas untuk menemukan tujuan dan menetapkan tujuan yang bermakna.

Baik itu tujuan pribadi, hubungan, bisnis, atau finansial; Hasil uji lapangan Hyatt membantu orang mengatasi kesulitan sehari-hari untuk mencapai potensi penuh mereka. Buku ini membantu untuk membayangkan tahun terbaik pembaca.



5. Big Potential – Shawn Anchor


Buku ini menyoroti aspek kelompok dari pencapaian tujuan. Mr. Anchor menekankan perbedaan antara potensi kecil, yang merupakan pencapaian individu, dan potensi besar yang merupakan pencapaian dengan yang lain.

Kita semua dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita, dan ketika kita membantu orang lain meningkatkan mereka melakukan hal yang sama untuk orang-orang di sekitar mereka, pada gilirannya memperluas potensi.


***

Demikianlah 5 Buku Rekomendasi Tentang Goal Setting, tepat menemani untuk menyambut Tahun Baru. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel