6 Cara Meminta Maaf dengan Lebih Tulus



Hubungan dengan orang lain menjadi sesuatu yang penting dalam menjaga kebahagiaan kita. Konflik yang terjadi kerap kali merusakan hubungan yang dulunya terbilang harmonis. Mengetahui bagaimana pemaafan itu sebenarnya, dapat membantu kita dalam memperbaiki hubungan yang telah retak. Terlebih lagi, anda dapat secara tulus menyatakan rasa bersalah yang pernah dilakukan. 

Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk membantu Anda mempelajari cara meminta maaf dengan tulus dan efektif.


Memahami alasan saat meminta maaf. Saat Anda melakukan kesalahan atau melukai orang lain, ada banyak alasan bagus mengapa Anda harus meminta maaf. Dengan meminta maaf, Anda dapat:


  • Kembali membuka komunikasi dengan orang lain
  • Menyatakan penyesalan yang telah dirasakan
  • Akui bahwa Anda salah
  • Diskusikan apa yang diizinkan dan tidak diizinkan dalam hubungan Anda
  • Belajarlah dari kesalahan Anda dan temukan cara baru untuk menghadapi situasi sulit


Permintaan maaf yang tulus juga bisa membawa kelegaan, terutama jika Anda bersalah atas tindakan Anda. Permintaan maaf saja tidak menghapus rasa sakit atau membuatnya baik-baik saja; itu membuktikan bahwa Anda tahu tindakan atau kata-kata Anda salah dan bahwa Anda akan berusaha lebih keras di masa depan untuk mencegah hal itu terulang.


Tak meminta maaf ketika Anda salah dapat merusak hubungan pribadi dan profesional Anda. Ini juga dapat menyebabkan kemarahan, kebencian, dan permusuhan yang mungkin tumbuh seiring waktu.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa alasan utama mengapa orang tidak meminta maaf adalah karena mereka tidak benar-benar peduli tentang orang lain, meminta maaf mengancam citra diri mereka sendiri, atau mereka percaya bahwa permintaan maaf tidak akan ada gunanya.

1. Mengetahui waktu meminta maaf

Mengetahui kapan harus meminta maaf sama pentingnya dengan mengetahui bagaimana cara meminta maaf. Secara umum, jika Anda curiga bahwa sesuatu yang Anda lakukan — sengaja atau tidak sengaja — menyebabkan perasaan orang lain susah, itu kesempatan  baik untuk meminta maaf.

Jika apa yang anda lakukan akan mengganggumu saat itu terjadi pada dirimu sendiri, itu artinya maaf jelas dibutuhkan.Sementara permintaan maaf yang tulus bisa membantu memperbaiki hubungan, orang sering tidak mau atau tidak mampu mengambil langkah ini. 

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang percaya bahwa kepribadian dapat berubah lebih cenderung meminta maaf.  Karena mereka merasa bahwa perubahan itu mungkin, mereka merasa bahwa menerima kesalahan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

2. Bertanggungjawab

Mengambil tanggung jawab berarti mengakui kesalahan yang Anda buat, dan itu salah satu unsur paling penting dan terabaikan dari sebagian besar permintaan maaf. Jangan membuat asumsi dan jangan mencoba untuk menyalahkan. Jelaskan bahwa Anda menyesali tindakan Anda dan bahwa Anda dengan tulus menyesal.

3. Menyatakan penyesalan

Saat berusaha meminta maaf, penting juga untuk memahami nilai dari mengekspresikan penyesalan. Orang lain juga perlu tahu bahwa Anda menyesal karena perbuatan anda, dan berharap Anda tidak melakukannya lagi.

4. Menebus kesalahan

Jika ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubah situasi, lakukanlah. Penting untuk mengetahui cara meminta maaf dengan tulus, dan bagian dari ketulusan permintaan maaf adalah kesediaan untuk melakukan beberapa tindakan untuk menebus kesalahan.

5. Menegaskan kembali batas

Salah satu bagian terpenting dari permintaan maaf — salah satu alasan terbaik untuk meminta maaf — adalah untuk menegaskan kembali batas-batas. Batas-batas yang sehat penting dalam hubungan apa pun. Ketika Anda berkonflik dengan seseorang, biasanya ada batas yang dilintasi. Jika aturan sosial dilanggar atau kepercayaan dilanggar, permintaan maaf membantu untuk menegaskan perilaku masa depan seperti apa yang disukai.

Membahas jenis aturan apa yang akan Anda berdua patuhi di masa depan akan membangun kembali kepercayaan, batasan, dan perasaan positif, dan memberikan jalan keluar yang alami dari konflik, dan menuju masa depan yang lebih bahagia dalam hubungan.

6. Pahami bagian kesalahanmu 

Penting untuk bersikap adil dalam permintaan maaf Anda, baik kepada orang lain maupun diri Anda sendiri. Jangan terima semua kesalahan jika itu bukan salahmu.

Ingatlah bahwa ketika Anda meminta maaf, Anda bertanggung jawab atas bagian dari konflik Anda. Bukan berarti bahwa Anda mengakui bahwa seluruh konflik tersebut adalah kesalahan Anda. Orang sering takut untuk meminta maaf terlebih dahulu karena mereka berpikir siapa pun yang meminta maaf terlebih dahulu adalah "orang yang lebih salah" atau "pecundang" dari konflik itu.


Tentu saja, ini bukanlah hal yang mudah. Tapi, proses ini juga akan menjadi rangkaian belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel