4 Hal Ini Jadi Bukti Kamu Memiliki Body Image Negatif


body image


Mungkin saja kawan-kawan pernah begitu memikirkan penampilan fisik dan terus menerus memikirkannya. Atau bisa jadi, pernah menemukan seseorang yang seperti itu. Mereka memandang tubuh atau penampilan fisik terhadap kondisi yang mereka miliki. Hal ini disebut body image dan seringkali itu dapat berdampak positif atau negatif. Jika seseorang berhasil menemukan body image positif, dia mampu memandang tubuh atau kondisi fisiknya baik-baik saja, tetap percaya diri, dan bentuk tubuh tak jadi masalah. Berbeda lagi dengan body image negatif, ini tentu akan berdampak pada pola makan, pikiran, atau dalam hal ini kondisi mental seseorang dalam menanggapi bentuk fisiknya.

Sebelum lebih jauh, mari kita melihat pengertian secara umum dari Body Image dan kemudian melihat 4 hal yang menjadi bukti bila kamu memiliki Body Image. Namun pada dasarnya, tiap orang memiliki Body Image hanya saja, ada beberapa orang yang memiliki kondisi image yang mengarah ke negatif. Empat hal di bawah ini akan menjadi pertanyaan untuk mengetahuinya secara singkat.  

Pengertian Body Image


Body image menurut Weinshenker (2002) adalah, sebuah bentuk konsep batin yang dimiliki seseorang mengenai penampilan fisik yang mereka miliki. Setiap orang pada dasarnya memiliki gambaran tersendiri terhadap gambaran sempurna perihal bentuk tubuh ideal dalam pikiran masing-masing. Seseorang dianggap memiliki pandangan yang senang terhadap bentuk tubuh milik sendiri memiliki arti bahwa seseorang tersebut memiliki positif self-image (Weinshenker, 2002). 

Sedangkan menurut Grogan (2010), body image merupakan suatu bentuk persepsi, perasaan, sikap, dan perilaku terhadap bentuk tubuh seseorang. Dalam aspek psikologi, definisi yang dikemukakan oleh Grogan dapat dimasukan kedalam konsep psikologis, seperti persepsi dan sikap terhadap bentuk tubuh individu sendiri (Grogan, 2010). Gambaran tubuh yang individu miliki umumnya ditentukan dari pengalaman sosial individu tersebut. Teman, keluarga, dan media merupakan salah satu bentuk dari pemberi informasi sosial yang relevan mengenai body image

Pada pandangan sosialita budaya barat, bentuk tubuh ramping diasosiasikan sebagai bentuk kebahagiaan, kesuksesan, awet muda, serta bentuk penerimaan sosial. Maka dari hal tersebut, standar kecantikan yang diyakini oleh seorang wanita adalah apabila wanita tersebut memiliki bentuk tubuh yang ramping (Grogan, 2010). Dengan definisi yang telah dijabarkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa body image adalah suatu bentuk gambaran, persepsi yang dimiliki masing-masing orang  mengenai bentuk tubuh yang secara nyata dimiliki oleh individu tersebut.

4 Dimensi dari body image


Terdapat empat dimensi body image menurut Pietro dan Silveira (2008), yaitu:

Pertama, Self Perception of Body Shape:

Self perception of body shape merupakan persepsi diri terhadap bentuk tubuh. Contoh pertanyaan dari self perception of body shape seperti “Apakah anda takut menjadi gemuk?”

Kedua, Comparative Perception of Body Image Attitude

Comparative perception of body image attitude merupakan dimensi yang mengukur seorang individu membandingkan persepsi mengenai citra tubuh dengan orang lain. Contoh pertanyaan dari comparative perception of body image attitude adalah “Pernahkah anda membandingkan bentuk tubuh anda sendiri dengan wanita atau pria lain dan merasa bentuk tubuh anda sendiri tidak baik?”

Ketiga, Concerning Body Image Alteration

Concerning Body Image Alteration adalah bentuk sikap fokus kepada perubahan citra tubuh. Contoh untuk menjelaskan hal ini dapat ditemukan dalam pertanyaan dari concerning body image alteration adalah “Apakah anda pernah muntah lantaran memikirkan bentuk tubuh anda?" 

Keempat, Alternations in Body Perception

Alternations in Body Perception adalah bentuk perubahan yang drastis terhadap persepsi mengenai tubuh. Contoh pertanyaan dari  Alternations in Body Perception adalah “Saat berada di antara orang, apakah anda khawatir mengambil terlalu banyak ruang seperti saat anda duduk disofa, kursi bus, dll?”

Tentu saja, dimensi atau empat hal di atas dapat menjadi bukti atau langkah awal bahwa diri anda tengah mengarah pada body image negatif. 

Reference:

Di Pietro, M., & Silveira, D. X. D. (2009). Internal validity, dimensionality, and performance of the Body Shape Questionnaire in a group of Brazilian college students. Brazilian Journal of Psychiatry, 31(1), 21-24.

Grogan, S. (2010). Promoting positive body image in males and females: Contemporary issues and future directions. Sex Roles, 63(9-10), 757-765.

Weinshenker, N. (2002). Adolescence and body image. School Nurse News, 19(3), 12-16.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel