3 Manfaat Musik Secara Psikologis di Kehidupan Sehari-Hari - IndoPositive
Latest Update

Friday, December 14, 2018

3 Manfaat Musik Secara Psikologis di Kehidupan Sehari-Hari



INDOPOSITIVE.org—Apakah anda termasuk orang yang rutin mendengar musik? Tak dapat dipungkiri bila akses musik telah berkembang dan semakin mudah didapatkan. Berbagai cara dan sumber kini tersedia, misalnya saja melalui aplikasi smartphone anda sendiri. Dalam sebuah aplikasi, kita bisa menyusun playlist atau mencari lagu kesukaan – entah itu lagu lama atau baru – ketersediaannya semakin menjanjikan. Berbagai penelitian tentang musik dan psikologi juga telah banyak dikaji. Bahkan musik telah menjadi salah satu pilihan terapi dalam menangani beberapa kasus khusus.

Kali ini, kami menampilkan tiga manfaat musik secara psikologis bagi kehidupan kita sehari-hari.

Pertama, mendengarkan musik mampu meningkatkan performa kerja

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sara Bottiroli Bersama koleganya membuktikan bahwa fokus dan performa orang dewasa mampu meningkat saat mendengar musik latar saat bekerja. Musik dengan irama cepat dan aktif membuat seseorang lebih cepat dalam menerima informasi atau memproses kerjanya, sedangkan irama yang lebih tenang atau melankolis memberikan pengaruh pada kemampuan mengingat.

Penelitian ini bisa menjadi pilihan untuk kita saat hendak mengerjakan sesuatu. Jauh lebih baik memainkan musik instrument sebagai latar dibanding dengan lirik lagu yang rumit. Setidaknya hal ini mudah dan dapat dibuktikan sendiri. Hanya saja, peneliti menjelaskan bahwa ada beberapa kepribadian tertentu yang membuat efek musik tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kedua, musik mampu menurunkan stres

Kekuatan musik mampu menjadi langkah untuk mengatasi stres yang kita alami. Jurnal penelitian yang berjudul The Effect of Music on the Human Stress Response membuktikan hal tersebut. Penelitian yang dikepalai Myriam V.Thoma membagi partisipan dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diminta mendengarkan musik relaksasi, kelompok kedua saluran air, dan terakhir tidak mendengar apa-apa.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa kelompok yang mendengarkan musik, mengalami penurunan stres yang lebih baik dibanding dua kelompok lainnya. Sekiranya, saat kira mengalami stres, musik bisa menjadi satu alternatif dalam mengatasinya.

Ketiga, musik mampu membuat tidur kita lebih lelap

Bila kita sering mengalami insomnia, musik bisa menjadi senjata ampuh untuk mengatasinya. Kesulitan tidur dapat ditolong dengan menggunakan kekuatan musik. Insomnia sendiri dapat menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan baik.

Seperti penelitian sebelumnya, peneliti membagi tiga kelompok partisipan. Yang pertama, mereka diperdengarkan musik klasik. Kelompok kedua, diperdengarkan audio book, dan terakhir tidak diperdengarkan sesuatu sama sekali. Mereka diperdengarkan selama 45 menit saat waktu tidur selama tiga minggu. Hasilnya, kelompok yang mendengarkan musik klasik memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan kelompok lainnya.

Sekiranya, masih ada beberapa manfaat musik terhadap kondisi psikologis kita. Namun tiga hal ini mungkin dengan mudah dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


EmoticonEmoticon