3 Langkah Menjaga Kondisi Fisiologis dan Psikologis Tubuh Tetap Sehat - IndoPositive

Breaking

Thursday, November 29, 2018

3 Langkah Menjaga Kondisi Fisiologis dan Psikologis Tubuh Tetap Sehat



INDOPOSITIVE.orgSaat masa transisi musim, kondisi tubuh akan lebih rentan dari biasanya. Tak jarang penyakit seperti flu menyerang. Namun, sejumlah cara dapat dilakukan untuk mengatasi hal seperti itu. Seperti melakukan aktivitas fisik serta meningkatkan konsumsi makanan yang sehat. Dengan cara itu, imun tubuh menjadi lebih kuat dan tak mudah diserang berbagai penyakit. Pun jika terlanjur diserang, istirahat total setidaknya bisa meringankan dan konsumsi air putih yang cukup.

Sekiranya dengan berbagai cara atau langkah di atas, hal tersebut dapat menunjang kondisi fisiologis kita. Lalu, bagaimana dengan kondisi psikologis kita? Mungkin lantaran jarang kita sadari, kondisi psikologis sebenarnya memiliki peran yang tak kalah besar dalam menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat. Sejumlah temuan memperlihatkan sistem dan fungsi imunitas dapat meningkat seiring dengan membaiknya kondisi psikologis seseorang.  

Sarah D. Pressman bersama Anna L. Marsland dalam buku The Encyclopedia Of Positive Psychology mengulas mengenai penelitian tentang Mood Induction Studies menggunakan pengukuran sekresi imunoglobulin A (sIgA) melalui air liur. SIgA merupakan komponen penting antibodi yang memainkan peran dalam melawan infeksi virus dan bakteri. Dari ulasan tersebut, dikemukan tiga langkah yang dapat menjaga dan membuat kondisi psikologis kita tetap stabil. Ketiga langkah tersebut adalah sebagai berikut:
 
1. Menonton film komedi
Saat menonton film komedi dan membuat anda tertawa, secara fisiologis neurotransmitter yang ada pada otak kita akan melepaskan dopamin, serotonin dan endorfin yang membuat anda bahagia dan sedikit mengurasi rasa sakit yang mungkin dialami saat flu, seperti sakit kepala. Hal itu akan memberikan pengaruh pada perubahan mood seseorang untuk menjadi lebih baik lagi.  

2. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik juga mampu membuat anda merasa rileks dan tenang, sehingga proses tidur pun lebih nyaman, lantaran tidur jelas menjadi hal yang wajib dilakukan saat kondisi tubuh melemah

3. Merefleksikan pengalaman positif
Ketika sakit, anda tidak bisa melakukan berbagai hal dan mengerjakan kegiatan rutin yang dilakukan seperti biasanya.  Beberapa orang  yang tergolong aktif setiap harinya, akan merasakan sesuatu yang ganjil. Tak jarang pada kondisi ini, anda akan merasakan stress yang menyiksa. Sebab itu, melakukan refleksi atas pengalaman positif menjadi salah satu cara. Dengan itu, anda mampu merasa lebih bersemangat untuk berusaha sembuh atau memulihkan kondisi tubuh yang kurang sehat. 

Tiga langkah tersebut, mulai dari menonton film komedi, mendengar musik hingga merenungkan pengalaman positif sekaligus meningkatkan jumlah sIgA. Berbagai temuan dalam bidang positive psychology telah memberikan berbagai manfaat dalam bidang kesahatan, selain sejumlah lahirnya cabang psikologi seperti health psychology, neuropsychology dan rehabilitation psychlogy yang memiliki hubungan erat dengan kesehatan. Semoga temuan temuan bidang psikologi lain juga dapat berkontribusi untuk kesehatan dan kemajuan umat manusia.  
Post a Comment
loading...