The Time Paradox dari Zimbardo - IndoPositive

Breaking

Monday, August 29, 2016

The Time Paradox dari Zimbardo

INDOPOSITIVE.org — “Stanford prison experiment” adalah salah satu penelitian yang pernah dilakukan oleh Dr. Philip George Zimbardo, sekaligus membuat namanya begitu dikenal. Pada tahun 2002, Zimbardo terpilih sebagai presiden American Psychological Association. Kali ini, kami tidak akan membahas kehidupan pribadi seorang Zimbardo, atau mungkin tentang penelitiannya di penjara yang terkenal itu. Namun, kami akan membahas salah satu karyanya yang cukup penting, yaitu “The Time Paradox: The New Psychology of Time That Will Change Your Life”



Zimbardo melalui bukunya ini, mencoba mendefinisikan tentang apa yang ia sebut sebagai “Time Perspective.” Bersama rekannya yang bernama John Boyd, ia telah mengambil data dari 10.000 orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun untuk mendefinisikan tentang waktu. Hasil tersebut menemukan bahwa terdapat beberapa kategori waktu yang dijelaskan secara lengkap melalui bukunya. Seperti, Present-Oriented Person, Present-Hedonistic Person, Present-Fatalistic Person, Future-Orientated Person, Past-Oriented Person. Ada orang yang berfokus pada masa depan, masa lalu, dan hanya pada titik ia berada saat itu. Penjelasan terkait pandangan serta contoh dijelaskan secara rinci melalui buku ini.



Contohnya, bagi orang yang termasuk Past-Oriented Person, sangat jarang ditemukan di wilayah Amerika Serikat. Mereka digambarkan sebagai orang-orang yang cenderung konservatif. Mereka tidak mampu mengambil risiko dan tidak menyukai hal-hal baru yang lebih efisien dalam melakukan sesuatu. Ritual dan mitos memainkan peran penting dalam kehidupan mereka. Dalam lingkup sosial, mereka akan bekerja sama daripada bersaing sebab menjaga hubungan sosial yang baik sangat penting, bukan memahami kerjasama sebagai strategi untuk keuntungan pribadi semata. Mereka juga akan cenderung tidak menjadi petualang, tidak ingin melakukan perjalanan jauh atau tinggal jauh dari rumah. Kategori lainnya, akan lebih menarik jika anda mencoba membaca bukunya secara langsung. 

Buku ini terbagi dari dua bagian besar. Pada bagian pertama (The New Science Of Time: How Time Works), penulis menjelaskan informasi provokatif tentang waktu; sejarah serta sejumlah penelitian tentang waktu. Pada bagian kedua (Making Time Work For You), penulis seolah memberikan panduan bagi pembaca untuk memanfaatkan atau menggunakan waktu lebih bijak.  

Selain itu, dalam buku ini terdapat Zimbardo Time Perspective Inventory (ZTPI). Jika ingin mencoba ZTPI Online, silakan berkunjung di link ini. Dengan menggunakan ZTPI, kita dapat melihat kecenderungan kita dalam memandang waktu. Melalui buku ini juga, perlahan kita akan memahami, apakah kita adalah orang yang mudah atau sulit untuk move-on?