Tuesday, December 1, 2015

Tiga Manfaat Mendasar dari Tertawa

INDOPOSITIVE.org - Tertawa merupakan salah satu penawar besar kecemasan sosial. Tertawa dapat memberi kita manfaat fisik, psikologis, dan sosial. Tertawa juga dapat mengalihkan perhatian kita dari kebiasaan negative thinking. Jika kita merasa stres, lelah, atau depresi, salah satu strategi yang paling efektif kita dapat menggunakan adalah tawa. Ada ratusan studi penelitian yang membuktian bahwa banyak sekali dampak positif yang diberikan oleh tawa pada tubuh kita. 

Tertawa bersama via ayawjeweltz.wordpress.com

Berikut beberapa manfaat tertawa;

1. Manfaat Fisik

Dr Lee Berk dan Dr. Stanley Tan, profesor patologi dan obat-obatan laboratorium di Loma Linda University, melakukan studi yang menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan tekanan darah dan rilis beta-endorfin, senyawa morfin-sesuatu di otak yang menciptakan rasa euforia . Endorfin ini menangkal kadar adrenalin dan kortisol pada orang yang mengalami cemas sosial. Hal ini membantu menginduksi keadaan ketenangan, dan kita akan jauh lebih santai, sehingga kita bisa tetap pada kerangka berfikir positif.

Dr Tan juga menyatakan bahwa tertawa meningkatkan kekebalan tubuh oleh infeksi dengan meningkatkan jumlah sel melawan penyakit dan protein dalam darah. Ini memberikan "katup pengaman" yang menghentikan aliran hormon stres. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa mirip dengan latihan aerobik, membakar kalori dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan oksigen.

2. Manfaat Sosial

Tertawa memberikan kita manfaat sosial dengan memungkinkan kita untuk merasa lebih terhubung satu sama lain. Sama hal dengan yang telah dibahas sebelumnya mengenai sense of humor bahwa member dan menanggapi humor akan membuat kita merasa jauh lebih dekat dan akrab dengan orang yang ada di sekitar kita.

Tertawa memungkinkan kita untuk mengungkapkan perasaan yang sebenarnya. Jika kita dapat konsisten menggunakan tawa dalam hidup,  hal tersebut  akan memberikan efek positif pada hubungan dan kesejahteraan kita. Jika kita belajar untuk mengambil hidup kurang serius, hal ini juga akan menenangkan dan memungkinkan orang lain untuk merasa lebih nyaman di sekitar kita.

3.Manfaat Psikologis


Mengurangi stress dan kecemasan. Pada Social Anxiety Institute, tertawa dimaksudkan sebagai salah satu terapi untuk mengatasi kecemasan social. Dalam konteks kelompok kecemasan sosial, berdiri dan tertawa tentang apa pun - tidak ada yang khusus - adalah latihan yang bagus untuk bekerja pada kesadaran diri dan meningkatkan jumlah endorphin dalam tubuh. Namun tetap harus ada control dalam menertawakan beberapa hal. Secara sederhana, tawa dijadikan sebagai sebuah pengingat bahwa ada banyak hal yang menarik di dunia ini untuk meringankan suasana hati. 

Penulis: Resqy Amalia
Editor: Wawan Kurniawan
Sumber: socialanxietyinstitute.org


No comments:

Post a Comment

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *