'Room to Read' dari John Wood - IndoPositive

Breaking

Sunday, November 8, 2015

'Room to Read' dari John Wood

INDOPOSITIVE.org - John Wood memutuskan berhenti untuk bekerja di Microsoft bahkan pada saat karirnya menanjak. Bermula pada kunjungannya ke Nepal dan menemukan sesuatu hal menarik tentang anak-anak. John Wood ditantang oleh anak-anak Nepal untuk kembali dengan membawa buku setelah kunjungan John di beberapa sekolah. Ia menemukan sekolah yang perustakaannya tak memiliki jumlah buku yang memadai.  

Semua itu pada akhirnya dituliskan dalam sebuah buku. Buku itu berjudul “Leaving Microsoft to Change the World: An Entrepreneur’s Odyssey to Educate the World’s Childern” lalu di Indonesia diubah menjadi “Room to Read”

John Wood bersama anak-anak di Nepal via hongkongvolunteer.wordpress.com

Anak-anak di daerah terpencil sulit mengakses buku. Mereka kurang beruntung dan semua itu menjadi keresahan awal dari John Wood. Dibantu dengan dukungan ayah, ia telah berhasil mengumpulkan buku yang cukup untuk anak-anak di Nepal. Tak lama setelah John bercerita dan meminta dukungan dari beberapa orang, buku-buku pun terkumpul.

Buku "Room to Read" 

Sebanyak 3000 buku berhasil dikumpulkan pada langkah pertama yang John lakukan. Semua itu membuatnya bersemangat untuk menghadapi rencana selanjutnya. Buku-buku itu pun dibagikan tidak hanya pada sekolah namun beberapa sekolah yang membutuhkan. Hal penting yang dilakukan John adalah menjaga keyakinannya untuk dapat mewujudkan harapan anak-anak untuk mengakses buku. John juga menjaga jaringan pada orang terdekatnya untuk dapat turut serta dalam mendukung proyek kemanusiannya. Hingga saat ini, perpustakaan yang telah dibangun John Wood telah mencapai puluhan ribu.

Buku ini dapat memberikan pembaca inspirasi dalam memilih dan meyakini jalan yang hendak kita tempuh.  

Penulis: Wawan Kurniawan
Editor: Wawan Kurniawan