Sunday, November 1, 2015

Mengapa Humor Itu Penting?

INDOPOSITIVE.org - Di sekitar kita, seseorang yang memiliki selera humor atau sense of humor yang baik cenderung disenangi banyak orang. Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan orang-orang yang memiliki selera humor yang tinggi, atau mungkin kita sendiri yang mencoba membuat “celetukan” untuk membuat orang tertawa. Selera humor ini dikenal dengan istilah sense of humor. Sense of humor terdiri dari beberapa elemen, termasuk pengakuan diri sebagai seorang yang humoris, pengakuan humor orang lain, apresiasi humor, kecenderungan untuk tertawa, memiliki perspektif yang memungkinkan untuk mengapresiasi sejumlah hal konyol dalam kehidupan, dan menggunakan humor untuk mengatasi masalah. Sense of humor dapat menjadi salah satu cara untuk membangun kedekatan intim dengan teman.

ilustrasi: sumber gambar di sini

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa ternyata ada hubungan selera humor yang tinggi dengan kemudahan seseorang membangun keintiman hubungan dengan teman atau dikenal sebagai Intimate friendship. Intimate friendship adalah sebuah hubungan yang memungkinkan masing-masing individu untuk bergantung pada teman, memiliki kesamaan minat atau saling berbagi pengalaman, dan juga memiliki kualitas dalam self disclosure yang membuat individu dapat saling terbuka membicarakan pemikiran dan perasaannya masing-masing.

Sejumlah penelitian lain membuktikan bahwa orang yang memiliki sense of humor yang tinggi dapat menambah penerimaan seseorang  terhadap orang  lain dari segala usia. Umumnya sense of humor yang tinggi banyak dikaitkan dengan hubungan interpersonal yang baik. Seseorang yang memiliki sense of humor yang bagus dianggap lebih atraktif dan cocok untuk dijadikan rekan untuk jangka waktu yang panjang daripada individu dengan sense of humor rata-rata atau tidak memiliki sense of humor sama sekali.

Tentu saja, dengan manfaat humor kita dapat membangun keakraban dengan berbagai kalangan. Humor pun efektif dalam menstimulasi pikiran dan perasaan positif karena humor membuat hati kita lebih senang. Perasaan senang ini menjadi energi positif yang mendorong meningkatnya mood, lebih mudah berpikir, menemukan ide-ide baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, sehingga kita lebih kreatif dan lebih bersemangat melakukan hal-hal. Ketika energi positif mengalir dalam tubuh kita, maka orang lain di sekitar kita akan ikut merasakan energi positif itu. Semua itu akan memberi dampak positif dalam menjalin hubungan dengan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Sebab itu humor amat penting dalam kehidupan kita sehari - hari. 


Penulis: Resqy Amalia
Editor: Wawan Kurniawan

No comments:

Post a Comment

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *