Launching Ruang Baca Bola Panrita (Bolpart) di Kabupaten Gowa

INDOPOSITIVE.org - Literasi merupakan jembatan dari kesengsaraan menuju harapan. Itulah yang dikatakan oleh peraih penghargaan nobel perdamaian pada tahun 2001, yang juga merupakan Sekjen PBB pada masa itu., Kofi Anan. Menyadari begitu besarnya dampak dunia literasi, maka kami agen dari komunitas Indonesia Positive Movement melaksanakan beberapa kegiatan yang mendukung majunya dunia baca dan tulis di masyarakat.

Salah satu yang menjadi perhatian kami adalah menumbuhkan generasi gemar membaca sejak dini. Mengajak anak-anak untuk mengenal membaca dan mencintai buku, hingga kelak mereka menjadi generasi intelek yang dapat memberi manfaat bagi kehidupan bangsa kedepan. Setelah mendirikan ruang baca “Rumah Literasi” di Kabupaten Soppeng pada 2014 lalu. Kini kami melanjutkan pendirian rumah baca di daerah lain yakni di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ruang baca itu dibuka pada 10 April 2015 dan diberi nama “Bola Panrita” yang diambil dalam bahasa bugis yang berarti Rumah Cendekiawan.






Melalui Ruang Baca “Bola Panrita”, kami hendak mengajak anak-anak untuk menemukan kebahagian melalui membaca. Beberapa buku bacaan kami sediakan agar mereka dapat menemukan dunia yang lebih luas di setiap buku yang mereka baca. Tidak hanya membaca, kami juga akan melakukan beberapa kegiatan rekreatif seperti mengajak anak-anak bermain di dalam ruangan, kemudian membuka kelas-kelas diskusi, dan juga kelas menonton film. Dengan beberapa kegiatan tersebut, kami berharap anak-anak dapat memiliki ruang belajar dan bermain yang lebih baik di lingkungan mereka.




Dalam acara launching kemarin, setelah mengenalkan “Bola Panrita” sebagai tempat untuk membaca, kami juga mengajak anak-anak untuk belajar seni melipat kertas dari Jepang, origami. Melihat antusias mereka untuk belajar, kami berharap kelak mereka dapat melihat dunia dan masa depan yang lebih cerah. Kepada seluruh pihak yang telah mendukung pendirian Rumah Baca “Bola Panrita” kami mengucapkan banyak terimakasih. Kami selalu mengharap dukungan dan partisipasi dari teman-teman untuk perkembangan dan kemajuan ruang-ruang baca seperti Bola Panrita.

Sumber Gambar: Zulham Miftah

Ruang belajar Psikologi Positif

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment