Cara menjadi lebih disiplin menurut kajian psikologi



Disiplin diri adalah kemampuan untuk mengendalikan perilaku Anda dengan cara yang membuat Anda menjadi lebih produktif dan/atau memiliki kebiasaan yang lebih baik. Terbukti membawa kesuksesan yang meningkat. 

Mempelajari pengendalian diri dan disiplin sejak dini sangat membantu selama beberapa dekade mendatang,  tetapi tidak ada kata terlambat untuk belajar bagaimana meningkatkan disiplin diri Anda sehingga masa depan Anda bisa menjadi lebih baik.

Jika Anda pernah mengalami frustrasi karena kurangnya rentang perhatian , tidak mencapai tujuan , atau tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan hidup Anda, Anda mungkin bergumul dengan disiplin diri. Butuh beberapa waktu untuk menjadi lebih disiplin, tetapi itu bermanfaat!

Cara Meningkatkan Disiplin Anda

Bingung harus mulai dari mana? Mari kita uraikan bagaimana menjadi lebih disiplin diri langkah demi langkah. Anda akan mulai dengan melihat bagaimana Anda bekerja paling baik—dan terburuk—dan saat Anda mencapai langkah terakhir, Anda akan melihat peningkatan signifikan dalam tingkat disiplin diri Anda.

Untuk proses ini, Anda mungkin ingin menggunakan jurnal untuk menuliskan jawaban Anda atas pertanyaan dan melacak kemajuan Anda seiring berjalannya waktu.

Pahami Bagaimana Anda Berjuang—Dan Bagaimana Anda Berjuang

Mencari tahu apa yang berhasil dan tidak berhasil untuk Anda adalah kunci untuk memahami bagaimana menjadi lebih disiplin diri. Beberapa orang berhasil ketika bekerja di sekitar orang lain, sementara beberapa lebih baik bekerja sendiri. Beberapa orang termotivasi oleh imbalan, sementara yang lain lebih memilih konsekuensi agar tetap sejalan. 

Ketahui "Why" Anda

Kita semua memiliki ide yang memotivasi kita, tetapi mudah kehilangan kontak dengannya. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk berhubungan dengan "mengapa" Anda. "Mengapa" Anda adalah alasan Anda ingin mencapai disiplin diri. Apakah Anda ingin menghasilkan banyak uang? Membantu umat manusia? Menyelamatkan hewan? Jelajahi tujuan besar hidup Anda dalam skala luas sehingga Anda kembali memahami mengapa disiplin diri akan menguntungkan Anda, dan mengapa Anda membutuhkannya.

Perjelas Tujuan Anda dari Semua Ukuran

Sekarang setelah Anda mengerti mengapa disiplin diri penting bagi Anda, apa sebenarnya yang ingin Anda capai? Catat tujuan besar dan kecil: Ini dapat mencakup semuanya, mulai dari langkah besar dalam karier Anda hingga kebiasaan kecil sehari-hari seperti lebih sering berjalan-jalan. Orang yang menuliskan tujuan mereka lebih mungkin untuk mencapainya. Tindakan menuliskan tujuan Anda juga dapat membantu Anda bersemangat tentangnya.

Pastikan untuk memasukkan tujuan kecil yang dapat Anda capai dengan mudah dengan disiplin, bukan hanya tujuan besar yang membutuhkan waktu lama untuk dicapai.

Setelah Anda mengklarifikasi tujuan Anda, tuliskan beberapa kebiasaan awal yang dapat Anda gunakan untuk mencapainya. Misalnya, jika Anda ingin berjalan-jalan setiap hari, Anda dapat menyetel alarm untuk waktu tertentu. jika Anda ingin memastikan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, Anda dapat memilih waktu dalam sehari untuk meninjau kemajuan Anda. Tetapkan pengingat kecil dan teratur untuk membuat Anda tetap pada jalur tentang tujuan Anda.

Temukan Akuntabilitas

Berbagi tujuan Anda dengan seseorang yang Anda hormati berkorelasi langsung dengan peluang yang lebih baik untuk mencapainya. 3 Beberapa orang mungkin berbagi hal ini dengan seorang mentor, tetapi bahkan memberi tahu seorang teman yang Anda hormati atau kagumi akan berhasil.

Ini bisa sesederhana memberi tahu teman Anda bahwa Anda telah memutuskan untuk melatih disiplin diri Anda secara umum, atau Anda dapat membagikan beberapa tujuan Anda dengan mereka. Tindakan berbagi tentang perjalanan Anda akan membantu Anda berkomitmen lebih kuat, selain meningkatkan peluang Anda untuk berhasil.

Hapus Gangguan

Anda tidak dapat terganggu oleh sesuatu yang tidak ada, jadi cara terbaik untuk menangani gangguan sebelum Anda mulai mencoba untuk lebih disiplin adalah dengan menghilangkannya. Jika Anda berhenti bekerja atau belajar untuk menonton tv, letakkan remote di ruangan lain.

Jika Anda cenderung meninggalkan apa yang Anda lakukan untuk melihat ponsel Anda, berikan kepada anggota keluarga selama beberapa jam setiap kalinya. Jika Anda makan banyak junk food dan ingin berhenti, jangan menyimpannya di rumah. Langkah ini membuat Anda siap untuk berhasil, bukannya gagal.

Mulai dari yang Kecil

Jangan memulai pekerjaan harian Anda dengan disiplin diri dengan mencoba mencapai sesuatu yang besar. Ini akan memakan waktu terlalu banyak untuk membuat Anda tetap pada jalur dan termotivasi. Alih-alih, kerjakan tujuan harian, mingguan, dan bulanan. Akui setiap hari ketika Anda melakukan apa yang ingin Anda lakukan, dan ketahuilah bahwa itu menggerakkan Anda ke arah yang benar.

Membangun kebiasaan baru membutuhkan waktu. Setiap hari Anda melakukan sesuatu, Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi kebiasaan, dan setelah beberapa saat, itu akan menjadi lebih mudah dan lebih alami bagi Anda.

Maafkan dan Beri Penghargaan

Karena kita semua manusia, kesempurnaan itu tidak mungkin. Kita semua membuat kesalahan, dan tidak apa-apa! Ketika Anda berperilaku dengan cara yang tidak sejalan dengan upaya Anda untuk menjadi lebih disiplin, maafkan diri Anda sendiri . Tinjau mengapa dan di mana kesalahan terjadi, dan jika mungkin, ubah lingkungan Anda agar hal itu tidak terjadi lagi.

Bahkan jika Anda lebih termotivasi oleh konsekuensi daripada hadiah secara umum, penting untuk mengakui pencapaian Anda. Hadiahi diri Anda sendiri dengan cara yang melibatkan perawatan diri , karena Anda pantas mendapatkannya dan karena itu akan membantu Anda tetap di jalur. Meskipun mudah untuk membiarkan pencapaian kecil meluncur, penting untuk melacaknya dan menghargainya karena ketika Anda menambahkannya, itu menjadi pencapaian besar.

Tinjau dan Perluas Tujuan Anda

Sering kali, Anda ingin meninjau kemajuan dan tujuan Anda. Sasaran berubah dari waktu ke waktu, jadi Anda ingin tetap berpikiran terbuka tentang apa yang menjadi milik Anda sebelumnya dan bagaimana sasaran tersebut dapat berubah sejak Anda pertama kali mencatatnya. Selain itu, mundur dari situasi Anda memungkinkan Anda untuk melihat seberapa banyak yang telah Anda capai!

Lihat kembali bagaimana Anda berhasil dengan disiplin diri Anda, serta area yang masih perlu Anda tingkatkan, dan rencanakan langkah-langkah yang harus diambil untuk melanjutkan jalan Anda. Awalnya, Anda mungkin ingin melakukan ini seminggu sekali. Namun, ketika Anda menjadi semakin mahir dalam disiplin, Anda dapat melakukannya semakin jarang.

Latihan, Latihan, Latihan

Anda hanya bisa menang jika Anda tidak menyerah! Disiplin diri dapat menguasai sebagian orang sepanjang hidup mereka, jadi jangan kecewa pada diri sendiri jika lambat pada awalnya. Teruskan, dan jika semua tujuan Anda terasa terlalu besar, buatlah beberapa tujuan kecil yang sangat mudah sehingga Anda dapat mengalami perasaan sukses.

Semakin Anda berlatih disiplin diri, semakin mudah jadinya. Akhirnya, Anda tidak perlu berlatih sama sekali. Itu akan menjadi kebiasaan alami, dan hari-hari Anda yang merasa tidak disiplin akan jauh di masa lalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel