5 Bentuk Perundungan dan Dampak yang Ditimbulkan



Kita dibuat gempar dengan berita pilu korban perundungan yang terus diberitakan di berbagai media. Kita tentu tidak ingin melihat kejadian ini berulang dan terus bertambah. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa semua ini tampak mudah terjadi dan ada di sekitar kita. Tidak banyak orang yang peduli dan mencoba untuk melakukan upaya pencegahan. Akibatnya, kasus demi kasus pun terjadi begitu saja.

Perundungan merupakan suatu tindakan agresif yang tidak diinginkan oleh orang lain atau kelompok lain dan terdapat kekuatan yang tidak seimbang, diulangi beberapa kali, dan kemungkinan besar akan terus berulang. Perundungan dapat membahayakan dan menyebabkan gangguan pada korban perundungan.  

Maraknya kasus perundungan belakangan ini membuat kita mesti waspada dan memahami apa yang sebenarnya terjadi. Dalam mengenali situasi ini, kita dapat melihat perundungan dari pengelompokan yang ada. Walaupun pengelompokan tersebut terus berkembang, namun secara umum kita dapat melihat 5 bentuk pengelompokan di bawah ini:

Pertama, Kontak Fisik Langsung

Bentuk kontak langsung antara lain seperti memukul, mendorong, menggigit, menjambak, menendang, mengunci seseorang dalam ruangan, mencubit, mencakar, memeras, dan merusak barang-barang yang dimiliki orang lain.

 

Kedua, Kontak Langsung

Kontak langsung yang ditunjukkan antara lain seperti mengancam, mempermalukan, merendahkan, menganggu, memberi panggilan nama, mencela atau mengejek, mengintimidasi, memaki, dan menyebarkan gosip.


Ketiga, Perilaku langsung

Perilaku langsung yang ditunjukkan antara lain seperti melihat dengan sinis, menjulurkan lidah, menampilkan ekspresi muka yang merendahkan, mengejek atau mengancam (biasanya disertai dengan perundungan fisik atau verbal).


Keempat, Perilaku tidak langsung

Perilaku tidak langsung yang ditunjukkan antara lain seperti mendiamkan seseorang, memanipulasi persahabatan sehingga menjadi retak, sengaja mengucilkan atau mengabaikan, dan mengirimkan surat kaleng


Kelima, Pelecehan Seksual

Bentuk perilaku perundungan dengan pelecehan seksual dikategorikan kedalam bentuk perilaku agresi fisik atau verbal. Berdasarkan penjelasan mengenai aspekaspek perilaku perundungan diatas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri yang menunjukkan perilaku perundungan dapat dilakukan secara Verbal, Indirect, dan secara physical dalam bentuk langsung maupun tidak langsung


Dampak Perundungan bagi Kesehatan Mental

Perundungan memiliki beberapa efek pada kesehatan mental. Perundungan sering dihubungkan dengan gangguan kecemasan, depresi, perilaku menyakiti diri sendiri, dan lain-lain. Pada akhirnya, perundunggan menghasilkan beberapa dampak negatif bagi perkembangan individu, baik bagi korban maupun pelaku. 

Dampak negatif yang ditimbulkan dari perundungan yang dilakukan antara lain seperti, depresi, rendahnya kepercayaan diri, pemalu dan memilih menyendiri, merasa terisolasi dalam pergaulan, bahkan dapat menimbulkan keinginan untuk mencoba bunuh diri.

Penting untuk mulai menyadari bahaya dari perundungan sejak dini. Tentu mengatasi masalah ini tidak akan mudah, sistem sosial terlanjur luas dan menjalar. Sehingga menghilangkan kasus ini butuh proses panjang dan upaya yang sistematis. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel