5 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Mengatasi Masalah Gangguan Tidur



Apakah teman-teman sering mengalami kesulitan saat hendak tidur di malam hari? Mungkin tidur kerap dianggap sepele, namun sebenarnya tidur menjadi aktivitas penting bagi diri kita. Secara psikologis, tidur punya peran besar terhadap kondisi yang akan kita jalani dalam sehari atau beberapa waktu ke depan.

Beberapa orang mengalami kesulitan tidur sampai pada akhirnya mereka harus menggunakan obat tidur. Beberapa lagi tersiksa dan menerima efek buruk dari kurangnya waktu tidur. Lalu, apa yang sebenarnya membuat kita mengalami kesulitan saat hendak tidur?

Ada banyak alasan mengapa kita sulit tertidur lelap di malam hari. Bisa juga dipengaruhi dari kondisi psikologis kita. Stres dan rasa khawatir adalah alasan umum mengapa orang sulit tidur. Jika teman-teman berbaring lalu mengkhawatirkan hal-hal yang mesti teman-teman lakukan pada hari berikutnya itu akan membuat kita semakin sulit terlelap.

Ada beberapa tanda jika tidur kita kurang berkualitas atau bermasalah, seperti mudah lelah di siang hari, kurang konsentrasi, mood terganggu, kerap bangun di malam hari, dan beberapa hal mengganggu lainnya.

Salah satu penyebab buruknya kualitas tidur, biasanya dipengaruhi akibat beberapa aktivitas sebelum tidur. Seperti bermain ponsel, begadang, atau minum minuman yang mengandung kafein.

Berikut 5 hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah gangguan tidur:


1. Lakukan hal-hal yang membuat kita bisa rileks sebelum tidur. 

Mandi, baca buku, atau lakukan pernafasan dalam dan peregangan ringan. Kuncinya adalah melakukan sesuatu setiap malam selama 30 menit sebelum  pergi tidur yang akan membantu memberi sinyal kepada pikiran dan tubuh kita bahwa saatnya untuk tidur.

2. Jangan melakukan aktivitas lain di kamarmu. 

Teman-teman mungkin ingin mencoba untuk bermain laptop di kamar, tetapi melakukan hal ini dapat mempersulit kita untuk mengasosiasikan kamar dengan aktivitas tidur. Coba jauhkan berbagai aktivitas di siang hari dari kamar tidur.

3. Hindari makanan berat atau berlemak di malam hari. 

Sepotong pizza dapat mengganggu proses tidur kita, pencernaan bekerja terlalu berat. Tetap dengan makanan ringan yang mengandung campuran karbohidrat dan protein kompleks.

4. Tetapkan jadwal tidur. 

Pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.

5. Matikan lampu saat hendak tidur. 

Terlalu banyak cahaya dari jendela, lampu, atau bahkan jam tidur dapat mengganggu tidur teman-teman. Matikan elektronik di dalam ruangan dan tutup tirai dan ciptakan nuansa gelap di dalam kamar untuk memberikan kontrol cahaya yang lebih baik.

Pastikan membatasi paparan teman-teman ke ponsel atau perangkat lain; cahaya yang dipancarkan dari perangkat semacam itu dapat membuat kita lebih sulit untuk tertidur.

Setidaknya mencoba 5 hal ini dapat membantu kita untuk terhindar dari gangguan tidur. Semoga saja ini dapat bermanfaat dan membuat tidur teman-teman lebih nyaman dan berkualitas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel