3 Langkah Utama dalam Membangun Empati Terhadap Sesama




Empati barangkali akan semakin sulit kita dapatkan hari ini. Tak semua orang benar-benar berharap memiliki dan menggunakan empati dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan tersebut bukan sesuatu yang tak bisa dipelajari, melainkan sebuah ruang untuk belajar dan mengembangkan apa yang ada di dalam diri kita. 

Semestinya, bukan hal yang mengejutkan bahwa orang yang lebih empati akan mengalami sejumlah manfaat atas kebahagiaan yang dimiliki. Empati sering mendorong perilaku altruistik, dan kebaikan berbasis empati telah terbukti meningkatkan kerja sama dan pemaafan, memperkuat hubungan, mengurangi agresi dan judgment, dan bahkan meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Penelitian memang menunjukkan bahwa orang yang lebih bahagia cenderung kurang sadar akan emosi negatif pada orang lain meskipun menilai diri mereka lebih empati. Tapi kita bisa berlatih empati, terlepas dari apa suasana hati kita sehingga kita menciptakan kebahagiaan yang lebih besar untuk diri kita sendiri dan orang lain.

Lihat juga: 4 hal yang memberi pengaruh pada empati kita

Berikut adalah 3 langkah utama dalam membangun empati terhadap sesama:

1. Mendengarkan adalah hal yang mesti dijadikan sebagai prioritas

Sebelum kita dapat terhubung dengan apa yang orang lain rasakan, kita harus mengenali perasaan itu. Tetapi seberapa sering kita benar-benar mendengarkan secara mendalam sebagai prioritas dalam percakapan kita? Ketika seorang teman yang baik memanggil Anda dan perlu melampiaskan tentang betapa stresnya pekerjaan atau betapa sulitnya sejak perpisahannya baru-baru ini, emosi dalam suara mereka biasanya mendapat perhatian kita dengan cukup cepat. Semakin sulit ketika percakapan terjadi di tengah-tengah gangguan dan dengan bobot emosional yang kurang jelas. Empati dimulai ketika kita menetapkan niat mendengarkan emosi.

Salah satu penghalang yang harus kita perhatikan dengan cermat pada emosi orang lain adalah emosi yang ada di hadapan kita dan di dalam diri kita. Saat kita melakukan percakapan dan hanya melihat perasaan kita sendiri dan bagaimana kita dapat mengomunikasikannya, kita tidak memberikan cukup perhatian untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dengan orang yang ada di depan kita.

2. Berbagi perasaan dengan orang lain

Begitu kita mengenali emosi pada orang lain, empati menempatkan kita tepat pada posisi orang itu. Empati tidak merasakan apa yang akan Anda rasakan dalam situasi itu. Ia melangkah di samping Anda dan mengadopsi emosi orang lain selama beberapa saat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita berhasil dalam tugas ini berdasarkan mirror neurons, atau jalur otak yang bekerja saat kita mengalami stimulus atau kita melihat orang lain mengalaminya.

Lihat juga: Ketahui tingkat empati kamu hari ini, 6 level ala Cohen

Mirror neurons bertanggung jawab untuk membuat jantung Anda berdetak kencang ketika Anda mengagumi atlet yang berlari melalui stadion di acara olahraga favorit Anda. Atau membuat Anda mundur kesakitan ketika melihat sebuah kecelakaan parah. Ketika kita tenggelam dalam kesedihan, kesedihan, atau kejengkelan orang lain, kita tidak bisa hanya berdiri di samping mereka dan menghibur mereka dengan pemahaman yang lebih besar, tetapi kita juga mengirim pesan bahwa kita bersedia mengambil emosi yang menyakitkan sehingga mereka tidak harus pergi sendiri.

3. Meringankan masalah seseorang dengan segera bertindak

Jika empati hanya berkutat dengan masalah emosi negatif, ruang kebahagiaan kita dapat menjadi sempit. Saat kita merasakan kesedihan mendalam bagi para korban bencana alam, kita akan semakin dekat dengan posisi mereka. Meskipun sebenarnya kita tak ada pada posisi tersebut, dan itu patut dipahami. Hanya merasakan sakit orang lain, sementara itu dapat memperkuat rasa bersama dan mudah dipahami bila dikomunikasikan. tidak akan begitu kuat dalam meningkatkan kebahagiaan kita. Mengetahui apa yang dialami orang lain dapat mengajarkan kita untuk bersikap memberi terhadap apa yang dibutuhkan.
Dalam sebuah studi di mana peserta menyaksikan orang lain menerima kejutan listrik dan diberi pilihan untuk membantunya dengan mengambil sendiri kejutan itu, orang-orang yang memiliki empati tinggi cenderung untuk masuk dan membantu bahkan ketika mereka bisa berpaling dan tidak menonton lagi. Empati yang efektif memungkinkan para peserta untuk merasakan rasa sakit dari kejutan yang cukup sehingga mereka ingin membantu, tetapi tidak terlalu besar, sehingga mereka enggan untuk melakukannya sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel