Dari Kenalan Hingga Psychograph Project!

INDOPOSITIVE.org  “Aku ingin mengenal kalian tanpa tahu kalau aku masih belum mengenal diriku” Yahh.. demikianlah hidupku yang penuh dengan orang baru yang begitu banyak. Bagiku orang baru adalah semangat baru bagiku. Berkali-kali aku kehilangan orang yang kucintai namun tak sebanding dengan banyaknya orang baru yang kutemui. Bagiku hidup berdampingan dengan semua orang itu bagaikan seluruh jiwaku berada dalam diri mereka. Bahkan teringat saat aku berada di pinggir jalan sambil melihat begitu banyaknya jiwa dan betapa inginnya aku mengenal mereka semua.
***
“Perasaan inilah yang kurasakan ketika melihat kalian dan merasakan jiwaku terbagi. Aku melihat jiwaku berkenalan dan bercengkrama dengan jiwa muda yang baru kutemui. Iri rasanya ketika melihat jiwaku saja yang bertukar id line dan nomor handphone dengan jiwa-jiwa muda itu.. Iriku semakin besar ketika sampai pada hari ketiga tubuhku yang asli hanya diam dan tidak memberanikan diri berkenalan dan bercengkrama dengan kalian. Tubuhku yang asli hanya sibuk mengabadikan wajah kalian. Bahkan hingga hari ketiga pun, aku belum mengenal nama kalian. Maklum aku biasanya memang pendiam ketika berjumpa dengan orang baru, hanya waktulah yang kuharapkan untuk banyak tahu tentang kalian. Aku ingin lebih lincah dari jiwaku yang hanya pada hari itu akrab dengan kalian dan menghilang di tengah gemuruh suara pesawat. Perjumpaan kita jangan berhenti di sini!”

Teman baru, para peserta Positive Youth Project
Azmul tidak kalem
"Kenal Psychograph?"

Mungkin adik-adik hanya tahu nama ini lewat spanduk dan photo booth yang terpasang dan lewat selebaran yang kubagi di surat dinding. Psychograph itu salah satu komunitas di Fakultas Psikologi UNM. Psychograph didirikan karena melihat banyaknya teman-teman Psikologi UNM yang berbakat di bidang desain grafis namun belum ada lembaga yang fokus di bidang desain grafis. Maka dari itu, kami memulai berjuang untuk mendirikan dan mensosialisasikan psychograph kepada masyarakat psikologi. Pada petengahan tahun aku bertemu dengan seorang photographer yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi UNM dan membuka divisi photographer. Kemudian setelah itu aku bertemu dengan seorang ahli edit video dan bisa dikatakan seorang kameramen dan lagi-lagi aku membuka divisi videograph. Belakangan banyak permintaan untuk dibukanya kelas web, namun aku hanya mempunyai dasar di bidang blog, akhirnya divisi weblog terbuka dan ternyata di Psikologi UNM ada programmer yang memang ahli dalam bahasa html.

***
Demi menciptakan mahasiswa yang kreatif kelas demi kelas di buka. Mulai dari kelas desain grafis, hunting foto, kelas film dan kelas blog. Event demi event kami jalani membuat kami semakin hidup. Ditambah lagi kami sempat menukangi bagian publikasi dan dokumentasi hari lahir Fakultas Psikologi yang ke-15 yang dalam sejarah fakultas Psikologi UNM merupakan harla paling meriah. Lanjut, pada ulang tahun kedua kami pada tanggal 3 Maret 2016. 

Kami mengadakan lomba fotografi dan merupakan kali pertamanya kami menggelar lomba. Baru-baru ini kami membuka kelas desain grafis online yang melibatkan Peserta PYP 2016 yang akan dimulai pada tanggal Senin 9 Mei 2016. Semoga psychograph akan tetap jaya menghadapi semua tantangan. Besar harapan kami kepada adik-adik sekalian untuk juga dapat berjuang di jalannya masing-masing. Contoh saja psychograph yang sudah dua tahun berdiri, bisa dikatakan merupakan sebuah proyek sosial yang tujuannya mencerdaskan masyarakat Psikologi UNM melalui dunia komunikasi dan visual.  

Kelas Hunting

Kelas desain di Fakultas Psikologi

Kelas Desain SMAN 16 Makassar

Kelas Film

Pameran lomba foto hari lahir 2 tahun psychograph

Persembahan psychograph untuk volunteer


Semoga menginspirasi adik-adik sekalian untuk berbuat banyak langah-langkah kreatif yang mencerdaskan bangsa dan negara.

Salam kreatif. 
Kunjungi kami di http://psychologygraphic.blogspot.com

*Azmul Fuady Idham, salah seorang tim volunteer Positive Youth Project 2016

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel