Biografi Singkat Jean Piaget


 


"Tujuan utama pendidikan adalah untuk menciptakan manusia yang mampu melakukan hal-hal baru, bukan sekadar mengulangi apa yang telah dilakukan generasi lain — manusia kreatif, berdaya cipta, dan penemu. Tujuan kedua dari pendidikan adalah membentuk pikiran yang mampu kritis, dapat memverifikasi, dan tidak menerima semua yang ditawarkan."

Seperti itulah salah satu kutipan yang terkenal dari seorang Jean Piaget tentang pendidikan kita. Namun, mari kita mengenal tokoh ini dengan lebih jauh. Kami akan menayangkan biografi singkat Jean Piaget, semoga ini bermanfaat untuk teman-teman semua.

 

Masa Awal

Jean Piaget (baca: Zong Piazee) lahir di Swiss pada tanggal 9 Agustus 1896, dan dia mulai mengembangkan minatnya dalam biologi dan dunia pengetahuan alam, khususnya tentang moluska (kerang-kerangan), dan bahkan menerbitkan sejumlah makalah sebelum ia lulus dari SMA.

Bahkan, karirnya yang panjang dalam penelitian ilmiah dimulai ketika ia baru berusia 11 tahun, dengan diterbitkannya sebuah makalah pendek pada 1907 tentang burung gereja albino. Dia terus belajar ilmu alam dan menerima gelar Ph.D. dalam ilmu hewan dari University of Neuchâtel pada tahun 1918.

Sepanjang kariernya, Piaget menulis lebih dari 60 buah buku dan ratusan artikel. Pada umur 15 tahun ia menolak tawaran sebagai kurator koleksi moluska di museum Ipa di Geneva, karena ingin menyelesaikan sekolah menengahnya.

Karir Piaget di Psikologi

Piaget kemudian mengembangkan minat dalam psikoanalisis dan menghabiskan satu tahun bekerja di sebuah institusi yang dibuat oleh Alfred Binet. Binet dikenal sebagai pengembang tes kecerdasan pertama di dunia, dan Piaget mengambil bagian dalam proses ini. Sementara awal karirnya terdiri dari pekerjaan di ilmu alam, pada tahun 1920-an ia mulai beralih ke pekerjaan sebagai psikolog.

Pada 1923, ia menikah dengan Valentine Châtenay, salah seorang mahasiswinya. Pasangan ini memperoleh tiga orang anak, yang dipelajari oleh Piaget sejak masa bayinya. Pada 1929, Jean Piaget menerima jabatan sebagai Direktur Biro Pendidikan Internasional, yan tetap dipegangnya hingga 1968.

Setiap tahun, ia menyusun "Pidato Direktur"nya untuk Dewan BPI itu dan untuk Konferensi Internasional tentang Pendidikan Umum, dan di dalamnya ia secara eksplisit mengungkapkan keyakinan pendidikannya.

Piaget menjabat sebagai profesor psikologi di Universitas Geneva dari 1929 hingga 1980 dan ia paling terkenal karena menyusun kembali teori is perkembangan kognitif ke dalam serangkaian tahap, memperluas karya sebelumnya dari James Mark Baldwin, menjadi empat tahap perkembangan yang lebih kurang sama dengan (1) masa infancy, (2) pra-sekolah, (3) anak-anak, dan (4) remaja.

Piaget memberikan dukungan untuk gagasan bahwa anak-anak berpikir secara berbeda dari orang dewasa, dan penelitiannya mengidentifikasi beberapa tonggak penting dalam perkembangan mental anak. Karyanya juga membangkitkan minat pada psikologi kognitif dan perkembangan. Teori Piaget banyak dipelajari saat ini oleh mahasiswa psikologi dan pendidikan.

Piaget memegang banyak posisi kursi sepanjang karirnya dan melakukan penelitian di bidang psikologi dan epistemologi. Dia menciptakan Pusat Epistemologi Genetik Internasional pada tahun 1955 dan menjabat sebagai direkturnya sampai kematiannya pada 16 September 1980.

 

 

Karya-karya penting

Piaget, J. (1950). Introduction à l’Épistémologie Génétique. Paris: Presses Universitaires de France.

Piaget, J. (1961). La psychologie de l'intelligence. Paris: Armand Colin (1961, 1967, 1991). Versi online

Piaget, J. (1967). Logique et Connaissance scientifique, Encyclopédie de la Pléiade.

Inhelder, B. dan J. Piaget (1958). The Growth of Logical Thinking from Childhood to Adolescence. New York: Basic Books.

Inhelder, B. dan Piaget, J. (1964). The Early Growth of Logic in the Child: Classification and Seriation. London: Routledge and Kegan Paul.

Piaget, J. (1928). The Child's Conception of the World. London: Routledge and Kegan Paul.

Piaget, J. (1932). The Moral Judgment of the Child. London: Kegan Paul, Trench, Trubner and Co.

Piaget, J. (1952). The Child's Conception of Number. London: Routledge and Kegan Paul.

Piaget, J. (1953). The Origins of Intelligence in Children. London: Routledge and Kegan Paul.

Piaget, J. (1955). The Child's Construction of Reality. London: Routledge and Kegan Paul.

Piaget, J. (1971). Biology and Knowledge. Chicago: University of Chicago Press.

Piaget, J. (1995). Sociological Studies. London: Routledge.

Piaget, J. (2001). Studies in Reflecting Abstraction. Hove, UK: Psychology Press.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel