3 Bentuk Prasangka Ras dalam Tinjauan Psikologi

 


Psikolog sosial Amerika paling sering mempelajari prasangka ras kulit putih terhadap orang kulit hitam, mungkin karena secara khusus sejarah orang Amerika berhubungan dengan ras. Bisa dibilang, orang Afrika-Amerika adalah salah satu kelompok etnis yang paling diperlakukan dengan buruk dalam sejarah Amerika.


Masalah rasial Kulit Putih-Hitam telah bertahan dalam literatur prasangka sejak saat itu, mungkin karena prasangka rasial luar biasa dalam beberapa hal psikologis: (a) kombinasi rasial khusus ini berlanjut membawa emosi yang kuat; (b) jenis prasangka ini tidak disukai oleh kebanyakan orang yang menganutnya; (c) itu sendiri tidak masuk akal yang berkembang menjadi bias, dan banyak bukti menunjukkan konstruksi sosial; dan (d) kelompok rasial tetap mengalami hipersegregasi, yang berlanjut pada perpecahan saat ini dalam interaksi antarkelompok biasa.


Rasa bersalah adalah emosi moral yang berorientasi pada orang lain, menunjukkan kekhawatiran bahwa perilaku seseorang merugikan orang lain. Mengenai rasisme, rasa bersalah orang kulit putih mencerminkan keyakinan bahwa kelompok seseorang telah merugikan kelompok lain, yang biasanya tidak diragukan lagi oleh orang kulit putih, setidaknya sehubungan dengan masa lalu.


Rasa bersalah rasial mungkin menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar siswa kulit putih tidak mengidentifikasi secara kuat dengan ras mereka sendiri (meskipun menjadi mayoritas dan karena itu kelompok default pasti juga penting karena kurangnya identitas ras kulit putih mereka).


Mungkin, tanggapan emosional kebanyakan orang kulit putih akan lebih baik digambarkan sebagai rasa malu daripada rasa bersalah. Rasa malu adalah emosi moral yang diarahkan kepada diri sendiri, dengan memperhatikan evaluasi orang lain. Sebaliknya, banyak minoritas yang peduli pada diri sendiri dan orang lain. Banyak orang kulit putih khawatir dengan cara mereka dievaluasi karena mereka mengira orang kulit hitam mengharapkan mereka menjadi rasis. Menghindari rasa malu adalah bagian dari matriks emosional-kognitif dari hubungan ras kontemporer.


Stereotip budaya Amerika tentang orang kulit hitam mencakup elemen permusuhan dan kriminalitas. Stereotip budaya ini membuat orang kulit putih waspada, dan ini berkontribusi pada interaksi yang sarat emosi. Stereotip rasial dan prasangka yang disertai secara emosional menciptakan konsekuensi hidup dan mati bagi orang kulit hitam.


Misalnya, ras mempengaruhi keputusan tembak/jangan tembak sepersekian detik keputusan yang dibuat oleh polisi; bias rasial menurunkan ambang batas untuk menembak pria kulit hitam yang tak bersenjata. Karena wajah orang kulit hitam berasosiasi dengan kejahatan, termasuk deteksi visual awal terhadap senjata oleh siswa dan polisi.


Norma sosial yang menonjol memotivasi orang kulit putih untuk mencegah prasangka, mengakui diskriminasi, dan menolak lelucon yang tidak menyenangkan. Memang, di bawah tekanan untuk tampil rasis, orang kulit putih yang bermaksud baik sebenarnya terlihat lebih buruk daripada orang yang kurang bermaksud baik, dan mereka merasa lebih buruk tentang hal itu.


Tidak heran banyak orang kulit putih merasa tidak pasti dan cemas, terutama dalam interaksi yang tidak terstruktur antar ras. Beban emosional dari hubungan ras memiliki komponen rasa malu dan kecemasan yang berat bagi orang kulit putih, dengan konsekuensi hidup atau mati bagi orang kulit hitam, berdasarkan reaksi otomatis dan lebih disengaja, seperti yang ditunjukkan oleh bukti kognitif, sosial, dan saraf. 


Pertama, rasisme yang bersifat bermusuhan

Rasisme bersifat permusuhan dalam dua pengertian: (a) diskriminasi ras yang tidak ramah menolak kehadirannya dalam diri mereka sendiri, dan (b) hal itu menyebabkan interaksi antar ras menjadi permusuhan, sehingga mereka menghindarinya. Berkenaan dengan prasangka emosional, orang yang rasis bermusuhan menunjukkan kecemasan, ketidaknyamanan, jijik, dan ketakutan. Emosi ini mengikuti dari sejumlah evaluasi ingroup positif dan outgroup negatif.


 

Fungsi afektif-evaluatif, merupakan komponen sikap yang relatif otomatis dari ras kulit putih yang memprediksi perilaku mereka, terutama menghindari kontak antar-ras dan menampilkan perilaku nonverbal yang tidak nyaman. Sebaliknya, semakin banyak komponen kognitif yang memprediksi perilaku verbal dan preferensi kebijakan. Misalnya, ideologi konservatif memprediksi stereotip tentang kelayakan, yang pada gilirannya memprediksi tindakan afirmatif yang berlawanan untuk orang kulit hitam tetapi tidak untuk kelompok lain seperti wanita.


Kedua, prasangka ras tidak masuk akal

Orang sangat membesar-besarkan perbedaan ras karena biologis. Esensialisme ini tetap ada meskipun (a) kelangkaan bukti biologis yang memvalidasi pengelompokan genetika ras seperti yang saat ini didefinisikan secara sosial, dan (b) kurangnya bukti untuk menyandikan ras secara otomatis. Berbeda dengan kategori sosial lainnya (jenis kelamin, usia) memang memiliki dasar biologis dan sesuai dengan penjelasan evolusioner untuk dideteksi secara cepat.


Orang mungkin bertanya bagaimana konstruksi sosial dari ras dan ras secara biologis begitu dibesar-besarkan sehingga berkorelasi dengan kesehatan. Pertama, sebagian besar kesenjangan kesehatan secara keseluruhan disebabkan oleh kesenjangan kekayaan. Ras dan pendapatan berkorelasi, tentu saja, jadi efek pada satu orang bisa saja dikaitkan secara keliru dengan yang lain.


Aspek kedua dari ras dan biologi adalah evolusi. Artinya, pengetahun umum sering mengasumsikan bahwa prasangka rasial adalah adaptasi terprogram untuk kelompok sosial asing. Pada pemeriksaan lebih dekat, bagaimanapun, diferensiasi orang lain sebagai ingroup atau outgroup dari rasial tidak sesuai dengan penjelasan evolusioner yang masuk akal.


Selanjutnya konstruksi ras berdasarkan sosial dapat dilihat melalui: pertama, melalui jalur kategorikal, penampilan seseorang menentukan kategori ras. Kedua, kategorisasi juga dapat beroperasi terutama melalui satu fitur, seperti warna kulit, dikombinasikan dengan isyarat yang relevan seperti diskusi terkait ras. Ketiga, pengkategorian dapat beroperasi melalui konfigurasi fitur terkait ras, bukan hanya serangkaian fitur penentu tetap - karena kurangnya penanda biologis. Keempat, kategorisasi rasial juga dapat beroperasi secara langsung dari fitur individu terkait ras dengan ciri stereotip  atau evaluasi.


 

Ketiga, segregasi

Segregasi adalah tentang ras, bukan hanya kelas sosial. Dan itu hasil dari warna kulit, bukan hanya status minoritas. Sebagai contoh bias warna kulit, orang Latin berkulit hitam lebih tersegregasi dibandingkan orang Latin berkulit putih. Pada tingkat psikologis sosial, salah satu efek utama adalah terbatasnya kontak antar ras.


Konsekuensi dari hal ini berbeda untuk minoritas dan mayoritas. Secara umum, kontak antarkelompok berstatus setara mengurangi prasangka di berbagai kelompok: orientasi seksual, cacat fisik, ras dan etnis, cacat mental, dan usia. Kausalitas tampaknya beralih dari kontak ke pengurangan prasangka daripada hanya dari orang-orang yang berprasangka rendah menjadi lebih terbuka untuk kontak.


 

Kontak beroperasi terutama dengan meningkatkan persahabatan di luar kelompok dan kedekatan antarkelompok. Dinamika ini mengurangi prasangka afektif lebih dari bias kognitif seperti stereotip atau keyakinan.


Anggota minoritas sangat menyadari situasi antarkelompok, masing-masing memiliki kekhawatiran dari kedua belah pihak, dan kemungkinan prasangka. Anggota mayoritas cenderung tidak merefleksikan status mereka sendiri, identitas kelompok, atau masalah prasangka. Juga, dalam jumlah yang relatif, minoritas lebih cenderung memiliki pengalaman kontak sebelumnya dengan mayoritas daripada sebaliknya.


Oleh karena itu, kontak antarkelompok lebih merupakan hal baru bagi mayoritas daripada minoritas dan mungkin lebih merupakan kejutan bagi sistem emosional dan kognitif, dengan dampak yang lebih besar.



Referensi:

 

Fiske, Susan T., & Taylor, Shelley E. (2017) Social Cognition From Brains to Culture 3rd Ed. India: C&M Digitals (P) Ltd.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel