6 Cara untuk Mengurangi Rasa Lelah



Dalam sehari ini bagaimana kondisi yang anda rasakan? Mungkin kita pernah merasa ingin rebahan sepanjang hari atau cukup dengan tidak melakukan apa-apa sama sekali. Menjadi hal yang wajar jika kondisi itu terjadi pada kita. Namun, jika situasi ini terus berulang, kita patut untuk evaluasi dan melakukan sesuatu.

Menghindari lelah berlebihan bisa jadi pilihan yang baik untuk memulai semuanya. Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa lelah yang kita miliki saat ini:

Perhatikan Pola Tidur

Kurang tidur jelas akan membuat kita mudah merasa lelah. Jika selama ini tidur kita kurang dari tujuh jam di malam hari, hal tersebut akan berpotensi membuat kita mudah lelah. Kita hanya tidak mengalami kelelahan, melainkan beberapa masalah kesehatan yang serius [1] seperti:

Berat badan bertambah
Depresi
Meningkatnya risiko kecelakaan
Menurunkan kekebalan tubuh
Peningkatan risiko diabetes dan masalah jantung
Gangguan pemikiran, ingatan, dan suasana hati

Meskipun tidur bukan menjadi penyebab utama dari kelelahan, namun secara mengejutkan beberapa penelitian memperlihatkan bahwa tidur secara rutin lebih dari sembilan jam setiap malam meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan sakit kepala [2]. Jadi waktu yang terbaik untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam tiap malam.

Tidur penting bagi kesehatan kita disertai dengan makanan dan olahraga yang tepat.

Konsumsi Protein

Jika sarapan kita biasanya adalah donat, semangkuk sereal gandum olahan, atau bahkan lebih buruk, atau tidak ada sama sekali, kita mungkin akan merasakan efeknya hanya beberapa jam dalam hari yang kita lalui. Mengisi perut  dengan dosis karbohidrat yang tinggi juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Mengkonsumsi protein ke dalam setiap makanan, dan ambil makanan ringan yang menyeimbangkan karbohidrat dengan protein. Jika  punya waktu, aduk telur untuk sarapan. Jika tidak, olesi selai kacang pada sepotong roti gandum, nikmati semangkuk yogurt dengan buah, atau bar atau smoothie yang diperkaya protein. 

Protein menangkal fluktuasi gula darah yang parah, membuat kita lebih sehat.

Cobalah Berolahraga

Olahraga meningkatkan metabolisme kita, memberi stimulus pada suasana hati kita dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Kita tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym; bahkan jalan cepat 20 menit di sekitar blok akan memberikan manfaat.

Minum Air

Dehidrasi menyebabkan kelelahan, dan banyak orang tidak minum cukup air sepanjang hari. [3] Tingkatkan asupan air dengan menyimpan botol air, dan minum segelas penuh air sebelum setiap kali makan.

Trik lainnya untuk lebih segar adalah mandi sebentar. Jika itu bukan pilihan, mencuci muka, atau bahkan mencuci tangan dengan air dingin, dapat membuat kita merasa lebih terjaga dan segar.

Bersenang-senanglah

Tertawa adalah salah satu cara terbaik dan tidak mengeluarkan biaya apa pun. Tonton film lucu, baca novel lucu atau komik favorit, atau telepon teman yang selalu membuat kita tertawa. Manjakan diri dalam kegiatan favorit setiap hari, meskipun hanya untuk waktu yang singkat.

Mencoba sesuatu yang baru. Daftar ke kelas yang menarik minat, coba restoran baru itu, pelajari hobi atau olahraga baru. Bahkan perubahan kecil seperti gaya rambut baru atau rute untuk bekerja dapat mengubah rutinitas dan membuat kita bisa merasa lebih baik.

Melakukan Hal Positif

Stres, hal-hal negatif, dan depresi adalah faktor penurun energi yang sangat besar. Jika kita dibanjiri pikiran yang suram, kita mungkin perlu bantuan profesional untuk mengatasinya. Tetapi untuk stres yang ringan di kondisi sehari-hari kita, cobalah salah satu dari list yang ada di bawah  ini.

Relawan: Membantu orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan suasana hati dan energi Anda.

Gratitude journal: Luangkan satu atau dua menit sebelum tidur setiap malam untuk menuliskan sesuatu yang baik yang terjadi hari itu.

Maafkan: Bergantung pada kemarahan, dendam, mengasihani diri sendiri menguras energi dan semangat kita. Melepaskan pikiran negatif membuat pikiran  bebas untuk fokus pada topik yang lebih positif.

Meditasi: Kita tidak perlu  selama satu jam untuk mendapatkan manfaat dari meditasi. Bahkan tiga menit menghitung napas sambil duduk dengan tenang membantu menenangkan pikiran dan membuat kita lebih sadar dan waspada.

Referensi:

[1] Sleep Deprivation and Deficiency. National Institutes of Health. National Heart Lung and Blood Institute.

[2] L├ęger D, Beck F, Richard JB, Sauvet F, Faraut B. The risks of sleeping "too much". Survey of a National Representative Sample of 24671 adults (INPES health barometer). PLoS One. 2014;9(9):e106950. Published 2014 Sep 16. doi:10.1371/journal.pone.0106950

[3] Popkin BM, D'Anci KE, Rosenberg IH. Water, hydration, and health. Nutr Rev. 2010;68(8):439–458. doi:10.1111/j.1753-4887.2010.00304.x

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel