5 Kegiatan yang Baik Bagi Psikis Saat Sendiri Selama Masa Karantina




Selama penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) kita tentu melakukan karantina. Langkah ini dianggap cukup efektif dalam memutus rantai penyebaran. Beberapa orang bisa berkumpul dengan keluarga tapi sebagian lagi mesti merasa sendiri lantaran tinggal di tempat yang jauh dari keluarga. 

Sendiri di rumah bisa saja membuat kita merasa sepi, tapi bisa juga membuat kita melakukan hal-hal baik. Sendiri tidak selamanya akan membawa rasa sepi. 

Dalam sebuah jurnal berjudul, Loneliness and Social Isolation as Risk Factors for Mortality: A Meta-Analytic Review dampak buruk dari kesepian dapat berakibat fatal. Hal itu akan mengakibatkan meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, kecemasan, depresi, penyakit Alzheimer, tekanan darah tinggi, dan bahkan kematian dini.

Namun sebenarnya, sendiri tidak selamanya membawa kesepian, di sisi lain dapat memberikan manfaat. Selama masa karantina, beberapa orang yang tidak terbiasa di rumah atau suasana sepi mungkin sedikit sulit. Berbeda dengan orang yang memang senang menyendiri. 

Tapi mari mencoba melakukan hal bermanfaat di saat seperti itu, kita bisa melakukan kegiatan yang baik bagi psikis saat sendiri selama masa karantina. 

Berikut beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan:

1. Cobalah untuk menulis

Beberapa penelitian membuktikan bahwa menulis dapat memengaruhi kondisi psikis seseorang. Bahkan telah berkembang metode terapi dengan cara menulis. Hal ini dianggap mampu mengendalikan emosi dan memberikan ketenangan. 

Menulis ini bisa dilakukan untuk proyek buku, sekadar curhat untuk diri sendiri, atau bahkan membuat blog dan menulis apa saja. Beberapa pilihan tentu saja terbuka untuk dicoba dan disesuaikan sesuai kesenangan. 

2. Cobalah untuk menikmati film durasi panjang

Selagi punya waktu untuk menonton film, kita bisa mencoba untuk menikmati film durasi panjang. Secara psikologis, film bisa membantu psikis kita untuk melatih emosi. Bahkan beberapa penelitian membuktikan, beberapa genre tersendiri dapat meningkatkan imun.

Tentu saja di masa karantina ini, pilihan menikmati film akan menjadi sesuatu yang bisa dilakukan. 

3. Mempelajari Bahasa

Berbagai penelitian membuktikan, belajar bahasa baru dapat bermanfaat bagi kognitif kita. Kemampuan mengingat pun dapat berkembang dan menunda kepikunan dini. Ada banyak bahasa yang bisa kita pelajari. Terlebih lagi jika teman-teman senang dengan produk dari suatu negara tertentu.

Misalnya saja, senang dengan film atau drama Korea, tak ada salahnya selagi lowong, kita bisa mempelajari bahasa Korea. Atau bagi yang senang dengan Anime Jepang, bahasa Jepang bisa jadi pilihan untuk dipelajari sehari-hari. Dan masih banyak bahasa lainnya.

4. Meditasi 

Suasana tenang dan tanpa ada gangguan orang lain, meditasi bisa jadi pilihan. Melalui meditasi, kita bisa belajar untuk tenang dan menjaga emosi tetap stabil. 

Suasana yang sepi dapat menjadi modal untuk melakukan meditasi secara mendalam. Di tengah kepanikan serta kecemasan di masa sulit ini, meditasi bisa membantu kita untuk berpikir lebih jernih. 


5. Membuat Rencana

Ruang sendiri bisa menjadi kesempatan yang tepat untuk menyusun rencana. Mengingat kondisi yang akan berubah dan situasi yang tak lagi sama, kita butuh menyiapkan beberapa rencana.

Refleksi yang baik dapat menjadi langkah awal untuk memulai rencana. Masa tenang saat sendiri bisa mendukung hingga kita mencapai rencana-rencana yang tepat untuk dilakukan.  Ini juga akan membantu kita untuk menetapkan goal setting atau rencana jangka panjang kita.

Itulah 5 kegiatan yang baik bagi psikis saat sendiri selama masa karantina. Semoga saja selama masa karantina di pandemi virus corona (covid-19) kesehatan fisik maupun psikis kita tetap terjaga.

Salam Sehat Mental!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel