7 Hal yang Dapat Kita Lakukan Selama Masa Karantina di Wabah Corona



Sebuah penelitian menunjukkan dampak sebuah karantina bagi para penderita SARS menyebabkan munculnya gejala depresi tiga tahun kemudian. Jurnal tersebut dapat dibaca dengan judul Depression after exposure to stressful events: lessons learned from the severe acute respiratory syndrome epidemic. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 di Comprehensive Psychiatry dapat dijadikan kesempatan untuk melihat kondisi serupa di masa penyebaran wabah Corona ini


Situasi dapat menjadi lebih gawat apabila penderita sebelumnya memang telah memiliki kondisi kesehatan mental yang kurang baik. Misalnya saja kecemasan berlebih, yang nantinya dapat memperburuk suasana saat mengalami proses karantina. Nah, apa yang bisa kita lakukan untuk menolong mereka yang mengalami masalah demikian? 


1. Berbicara langsung


Tentu saja kita tak bisa bertemu atau bertatap langsung, teknologi sudah memungkinkan kita untuk berkomunikasi jarak jauh. Menelpon seseorang yang merasa sulit dalam menghadapi karantina ini akan menjadi bantuan yang berharga bagi mereka. Setidaknya dia tidak akan merasa sendiri lagi.


Bila memiliki grup diskusi atau kelompok khusus, melakukan video call group bisa jadi pilihan untuk saling memberi dukungan sosial pada sesama. Kemungkinan terburuk, misal seorang sahabat anda tak merespon panggilan tersebut selama beberapa waktu, kita bisa menghubungi pihak terkait untuk melacak kondisinya. 


2. Mendengarkan kisahnya


Setelah berhasil melalui panggilan telepon, kita bisa mencoba atau belajar untuk mendengarkan cerita dari kawan kita. Saling bertukar kisah akan menjadi pilihan yang baik untuk melalui masa-masa sulit seperti sekarang. 


Bila ada hal yang dapat dibantu, sebisa mungkin kita menawarkan bantuan untuk meringankan beban selama masa karantina. Bagi kawan yang terkena positif Corona, mungkin saja ada urusan yang bisa diwakili dan membutuhkan pertolongan. Saat itu, kita bisa ambil bagian setelah mendengar kisahnya disampaikan dengan rasa percaya kepada kita. 


3. Menyediakan sumbangan makanan  untuk sesama


Mereka yang kesulitan dalam masalah penyediaan makanan amat membutuhkan bantuan mereka yang siap segalanya. Bagi mereka yang berusaha untuk melakukan karantina, kita dapat berbagi makanan dengan menyimpan atau membawanya di tempat yang aman untuk disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. 


4. Terhubung melalui media sosial


Berbagi kabar baik melalui media sosial bisa jadi jalan untuk memberi dukungan sosial kepada sesama. Selain itu kita bisa saling memberi kabar terbaru dan membuat orang lain merasakan suasana yang kita alami. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai ruang untuk berbagi kebaikan dengan banyak orang, tentu saja hal baik dari media sosial dapat diperoleh selama digunakan dengan bijak.


5. Mengirimkan makanan melalui jasa delivery


Saat kita membeli makanan atau persedian tertentu, jasa delivery bisa membantu kita untuk terhubung dengan mereka yang membutuhkan. Dengan adanya jasa delivery, kita bisa berbagi secara langsung untuk memberikan apa yang kita miliki. 


Bukan hanya masalah makanan, beberapa kebutuhan medis pun dapat kita sediakan bagi mereka yang membutuhkan. Melalui jasa delivery, kita bisa mempunyai ruang gerak untuk menjangkau lebih banyak lagi.


6. Menanyakan tentang masalah finansial


Beberapa orang tertentu mengalami masalh finansial di masa penyebaran wabah corona seperti sekarang. Bahkan ada beberapa di antara kita yang harus kehilangan pekerjaan. Beberapa lagi harus kesulitan mencari atau mengumpulkan uang. 


Bila saja kita punya keuangan lebih, membantu dan berbagi dengan sesama akan jadi pilihan yang baik. Orang-orang terdekat yang mengalami situasi buruk masalah finansial di sekitar kita, dapat dibantu seikhlasnya. Hal itu tentu saja akan memberi dampak psikologis yang baik untuk mengurangi tingkat kecemasan atau stres yang kemungkinan dia rasakan selama ini. 


7. Mempersiapkan mental dengan baik


Bila sebelumnya adalah pertolongan untuk orang lain, kali ini kita pun patut waspada jika saja virus corona sendiri menyerang kita. Tentu tidak mudah menerima kenyataan, namun penting untuk memahami bila virus corona sejatinya dapat disembuhkan. Bilamana kita terserang, kita bisa menerapkan anjuran dokter untuk melakukan hal-hal yang semestinya dan menghindari hal-hal buruk bagi penderita. 


Namun, lebih dari itu, sekiranya mencegah diri terhindar dari virus corona akan jadi pilihan yang lebih baik. Silakan di rumah aja, lakukan batasan bertemu dengan orang banyak, perbaiki pola makan, dan jaga kebersihan dan kesehatan. 


Semoga saja wabah ini segera berlalu dan situasi lekas membaik seperti dulu lagi. Sekali lagi, jaga kesehatan dan semoga kita semua terlindungi dari wabah corona ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel