5 Hobi Baru yang Bisa Kamu Coba untuk Meningkatkan Kreativitas



Selagi punya waktu luang, ada baiknya kita memanfaatkannya sebaik mungkin. Masa karantina atau berjaga di rumah sebenarnya berpeluang untuk memberikan kita kesempatan belajar. Kita tak lagi terjebak di kemacetan jalan yang padat atau harus berlama-lama menunggu jemputan. Kita punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Ada banyak waktu untuk merenung dan merumuskan rencana. 

Meski beberapa orang memilih bersantai atau menikmati beberapa film favoritnya, tentu itu juga sebuah pilihan yang tepat. Namun tidak ada salahnya jika kita menyimak saran dari seorang pendiri dan presiden OptinMonster, ThomasGriffin.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam  Journal of Occupational and Organizational Psychology, berjudul Benefiting from creative activity: The positive relationships between creative activity, recovery experiences, and performance‐related outcomes menjelaskan pentingnya memiliki hobi kreatif. Mereka yang memiliki hobi kreatif akan memberikan kinerja positif dan kerap mendapat peran tambahan serta memiliki hubungan yang baik dengan sesama. 

Nah sebab itu juga, Thomas Griffin menawarkan 5 hobi baru yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kreativitas. 

1. Belajar Fotografi


Jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda tahun ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan pilihan belajar fotografi. Dengan memotret, Anda dapat mempelajari keterampilan baru yang bermanfaat, dan Anda dapat mendokumentasikan semua momen penting dalam hidup Anda secara bersamaan. Cari kelas fotografi terdekat yang akan mengajarkan Anda semua dasar sebelum memulai.

Selain itu, Anda bahkan tidak perlu kamera mahal untuk menjadi fotografer berbakat. Ada banyak kursus online gratis yang akan mengajarkan Anda cara mengambil foto yang memukau dengan ponsel cerdas Anda jika Anda tidak memiliki kamera digital.


Belajar fotografi dapat membantu Anda meningkatkan kreativitas di tempat kerja dan belajar untuk melihat berbagai hal dengan cara yang benar-benar baru.

2. Mulai Berkebun

Berkebun memiliki banyak manfaat luar biasa. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di ScienceDirect, dengan judul Gardening is beneficial for health: A meta-analysis. Hasilnya menjelaskan bahwa berkebun dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup, rasa kebersamaan dan mengurangi gangguan mood. Jadi, jika Anda cenderung frustrasi di tempat kerja, berkebun mungkin bisa membantu Anda mengubah pandangan.


Bagi mereka yang tidak memiliki ruang terbuka yang luas untuk berkebun, bisa menggunakan hidroponik untuk menanam sayuran, tumbuh-tumbuhan dan sayuran. Saat ini sudah banyak pilihan untuk mulai berkebun.

3. Mulai Bermain Blog

Memulai bermain blog adalah cara yang menyenangkan untuk membagikan pemikiran dan saran Anda kepada orang lain. Misalnya, jika Anda seorang ahli finansial yang peduli dengan cara mengatur finansial, Anda dapat memulai sebuah blog untuk berbagi kiat finansial. Blogging bahkan dapat membantu Anda menghasilkan sedikit uang tambahan jika Anda bekerjasama dengan Google AdSense, dan mendapat kesempatan memposting bahan yang disponsori.


Dengan blog, Anda dapat membangun brand Anda. Dan tentu saja, blogging adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda, yang bisa menjadi aset bagi karier Anda.

4. Bergabung dengan klub buku

Jika Anda ingin memperluas pengetahuan Anda dengan membaca dan bertemu orang-orang baru tahun ini, pertimbangkan untuk bergabung dengan klub buku. Dengan bergabung dengan klub buku, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang mencintai buku, mempelajari hal-hal baru dan berdiskusi tentang topik-topik penting. 


Bonus tambahan: Membaca bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Yale menemukan bahwa mereka yang membaca buku selama 30 menit setiap hari hidup rata-rata 23 bulan lebih lama daripada yang bukan pembaca atau pembaca majalah. Penelitian itu berjudul A Chapter a Day – Association of Book Reading with Longevity.

5. Mulai membuat podcast

Jika berbicara adalah salah satu bakat Anda dan Anda tertarik untuk berbagi pemikiran dengan orang lain, cobalah memulai podcast. Anda dapat memulai podcast pada topik apa pun yang Anda inginkan - apakah itu spiritualitas, berita, TV, film, atau kejahatan sejati. Anda bahkan dapat membuat podcast berbicara tentang semua hobi baru yang Anda coba pada tahun 2020!

Memulai podcast dapat membantu Anda menjadi lebih nyaman berbagi ide dengan orang lain, dan itu juga dapat membantu Anda dengan keterampilan berbicara di depan umum. Serta membangun kepercayaan diri anda untuk berbicara.

Tentu saja selain dari 5 hobi di atas, masih banyak hal lain yang dapat dilakukan. Selamat mencari hobi dan mulai untuk kembali belajar. Semoga proses yang kita lalui akan menyenangkan dan membuat kita semakin kreatif. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel