Kemah Buku untuk Rumah Literasi, Kabupaten Soppeng


Rumah Literasi bersama perwakilan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar melaksanakan kegiatan kreatif yang diberi nama Kemah Buku. Melalui program pengabadian, Ahmad Ridfah dan Nur Afni Indahari selaku dosen Fakultas Psikologi mengajak teman-teman Rumah Literasi untuk melangsungkan program yang berbeda dari biasanya. 


Kegiatan ini berlangsung dengan diikuti sebanyak tiga puluh dua siswa. Didampingi dengan empat orang fasilitator yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Kemah Buku dirancang dengan sederhana. Mengajak peserta bermain sambil belajar. Salah satu tujuan utama dari Kemah Buku adalah memberikan kesan positif terhadap aktivitas membaca. 


"Saya senang bisa membaca dan bermain game bersama kakak-kakak" jelas Fadli, salah seorang anak kelas VI SDN 136 Labessi yang terdaftar sebagai peserta. Para peserta yang hadir terdiri dari siswa SD kelas II hingga kelas VI. Adapula siswa SMPN 1 Marioriwawo yang juga terlibat sebagai anggota Literasi Muda.

 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Kami senang bisa mendirikan tenda dan membaca di dalam tenda. Semoga teman-teman akan semakin rajin membaca dan datang ke Rumah Literasi" jelas Adil Teguh Patengko yang merupakan penanggungjawab dari Literasi Muda. Literasi Muda sendiri adalah kelompok yang dibentuk untuk menghidupkan dan mengaktifkan kegiatan Rumah Literasi. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh Literasi Muda adalah memberikan bantuan kepada adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah dasar untuk belajar dan mendapat materi tambahan di Rumah Literasi. 


Kemah Buku juga memberikan sumbangan buku-buku baru yang menambah koleksi Rumah Literasi. "Saya jadi semakin bersemangat untuk membaca dan belajar di rumah literasi" jelas Adib Abrar yang juga adalah anggota dari Literasi Muda. Senada dengan Adib, Fitri yang merupakan peserta Kemah Buku juga merasakan hal yang serupa, "Di sini saya bisa membaca lebih banyak buku lagi. Saya akan rajin dan semangat untuk datang" jelasnya. Kegiatan ini berlangsung singkat namun mampu memberi kesan mendalam bagi para peserta. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel