7 Film Rekomendasi untuk Belajar Tentang Kesehatan Mental

Belakangan isu kesehatan mental menjadi bahan diskusi di kalangan masyarakat setelah film Joker dan peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia yang berdekatan. Pada kesempatan ini, kami mencoba merangkum beberapa film yang bisa mengajak kita untuk belajar tentang kesehatan mental. Berikut 7 film rekomendasi untuk belajar tentang kesehatan mental:


1. Welcome to Me (2015)

kesehatan mental


Meskipun digambarkan dengan cara yang lucu, Alice sebagai tokoh utama film ini menunjukkan banyak sifat Borderline Personality Disorder (BPD), termasuk perubahan suasana hati dan hubungan yang tidak stabil. Ketika perilakunya berdampak pada orang-orang terdekatnya — termasuk terapisnya — ia mulai memperhatikan kondisi kesehatan mentalnya dengan lebih serius dan berupaya menjaga orang-orang yang dicintainya dalam hidupnya.

2. A Beautiful Mind (2001)

film rekomendasi


Film ini berkisah mengenai seorang skizofrenik, ahli matematika  John Forbes Nash. Perlahan kita akan memasuki dunia Nash yang cemerlang namun penuh keganjilan. pertemuannya dengan orang-orang baru di tempat yang kadang tidak semestinya, dan barada di tempat-tempat yang semestinya tidak ada. Kita akan menemukan dunia yang terbelah-belah dan begitu nyata bagi Nash. Sebuah pengalaman yang mengantar kita melihat dinamika delusi dan paranoia. Kisah yang sangat menyentuh dari sudut pandang seorang pemuda, kepala keluarga dan akademisi yang penuh potensi. 

3. Silver Linings Playbook (2012)

film rekomendasi


Berangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama, film ini mengangkat kisah seorang gangguan mental bipolar. setelah keluar dari rumah sakit jiwa untuk mengobati gangguan tersebut, Pat masih terganggu kenyataan bahwa dia telah bercerai dengan isterinya, dan harus tinggal di rumah orangtuanya. masa pemulihan yang dijalani Pat membuatnya bertemu dengan Tiffany yang juga masih menyimpan kesedihan mendalam karena ditinggal mati oleh suaminya. Mereka memadukan peran yang penuh emosi, keadaan putus asa Tiffany dan penuh harapan Pat untuk kembali bersama istrinya. Cerita yang menyedihkan sekaligus lucu ini pada akhirnya sangat menghibur.

4. Fight Club (1999)

film rekomendasi


Fight Club adalah kisah seorang gangguan kepribadian ganda. Konsep film yang satu ini dianggap cukup unik dan berbeda karena menampilkan narator yang tidak diketahui dan memunculkan dirinya sebagai dua orang tokoh yang berbeda. Menjadi film yang tidak begitu berhasil di awal rilis, namun kemudian menjadi pemujaan bagi banyak kelompok di kemudian hari. Banyak orang dengan penyakit mental ini menderita karena penganiayaan, trauma perkembangan, hipnosis, atau membuat penyakit ini tumbuh dan berkembang karena berbagai alasan lain yang belum diketahui.

5. Girl Interrupted (1999)

film rekomendasi



Film ini sebagian besar berlatar di sebuah rumah sakit jiwa akhir tahun enam puluhan. Dua pemeran utamanya adalah perempuan yang sama-sama mengalami gangguan mental berbeda. Susanna dengan gangguan penyalahgunaan obat-obatan dan trauma pengalaman buruk keluarga dan masa depan, Lisa mengalami gangguan sosiopat, manipulatif dan kecenderungan memberontak. Sepanjang film kita akan menemukan suasana rumah sakit jiwa dan beberapa pasien dengan gangguan jiwa berbeda. Menceritakan dua karakter yang memiliki kepribadian yang berbeda. Susanna (Ryder) mencoba untuk mencampur alkohol dengan pil dan hampir membunuh dirinya sendiri. Lisa (Jolie) adalah penduduk kronis di rumah sakit dan telah melarikan diri berkali-kali. Film ini akan membawa kita untuk berkenalan dengan dua karakter ini yang sekaligus memberikan kita pandangan tentang bagaimana kesehatan mental itu begitu penting.  

Girl, Interrupted adalah film drama klasik tahun 1999 yang disutradarai oleh James Mangold dan Jonathan Kahn. Film-film ini dibintangi oleh Winona Ryder dan Angelina Jolie sebagai dua wanita muda yang telah dirawat di rumah sakit jiwa pada akhir tahun enam puluhan.

6. Benny & Joon (1993)

film rekomendasi


Sebuah genre yang menyegarkan untuk mengangkat film gangguan mental. Memuat humor dan romansa sepasang manusia, membuktikan bahwa cinta adalah sesuatu yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Cerita ini diperankan oleh dua orang bersaudara yang harus hidup mandiri setelah perceraian orangtua, lalu sang adik tetiba dekat dengan seorang di lingkungan barunya, yang membuat sang kakak khawatir, terlebih orang tersebut juga terlihat dan bertindak aneh, tidak normal. Film ini mampu menunjukkan bahwa dukungan keluarga dan orang-orang sekitar sangat mempengaruhi kondisi mental seseorang. FIlm ini cukup ceria dan penuh kasih sayang.

7.Synecdoche (2008)

film rekomendasi


Sebuah cerita mengenai seseorang yang memiliki ganngguan skizofrenia dan obesif kompulsif disorder. sekalipun dalam film ini tidak diungkapkan secara jelas, namun kondisi pemeran utama, yakni sang direktur film menunjukkan ciri-ciri serupa. setelah kematian istrinya, ia menjalankan sebuah proyek film dengan skala besar, melibatkan banyak pemeran dan cerita yang terus berlanjut meskipun tanpa penonton.Film ini sangat membangun perspektif bagi siapapun bukan sekedar mengenai gangguan mental melainkan juga mengenai identitas atau peran manusia dalam kehidupan keseharian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel