Big Five Personality: Mengenal 5 Dimensi Kepribadian - IndoPositive
Latest Update

Saturday, August 17, 2019

Big Five Personality: Mengenal 5 Dimensi Kepribadian


Salah satu teori kepribadian yang memiliki pengaruh besar adalah Big 5 Personality. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa ada 5 dimensi kepribadian yang dijelaskan dalam teori tersebut, yaitu extraversion, agreeableness, openness, conscientiousness, dan neuroticism. 

Bukti teori ini telah berkembang selama bertahun-tahun, dimulai dengan penelitian DW Fiske (1949) dan kemudian diperluas oleh peneliti lain termasuk Norman (1967), Smith (1967), Goldberg (1981), dan McCrae & Costa ( 1987).


"Big five" adalah kategori yang luas dari ciri-ciri kepribadian kita. Walaupun ada banyak literatur yang mendukung model kepribadian lima faktor ini, para peneliti tidak selalu setuju dengan label yang tepat untuk setiap dimensi. Kita dapat terbantu dalam mengingat kelima kepribadian di atas dengan akronim, OCEAN (openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism).

Penting untuk dicatat bahwa masing-masing dari lima faktor kepribadian mewakili kisaran antara dua ekstrem. Sebagai contoh, extraversion mewakili suatu kontinum antara extraversion ekstrem dan introversi ekstrem. Di dunia nyata, kebanyakan orang berada di antara dua ujung kutub dari setiap dimensi.

Kelima kategori ini biasanya digambarkan sebagai berikut.

Openness

Ciri ini menonjolkan ciri-ciri seperti imajinasi dan wawasan. Orang yang memiliki sifat ini dalam nilai yang tinggi, cenderung memiliki minat yang luas. Mereka ingin tahu tentang dunia dan orang lain dan ingin belajar hal-hal baru dan menikmati pengalaman baru. Mereka cenderung lebih suka berpetualang dan kreatif. Sedangkan mereka yang memiliki nilai yang rendah, seringkali jauh lebih tradisional dan mungkin bergumul dengan pemikiran abstrak.


Conscientiousness

Ciri-ciri standar dari dimensi ini mencakup tingkat perhatian yang tinggi, kontrol impuls yang baik, dan perilaku yang diarahkan pada tujuan. Orang yang sangat berhati-hati, cenderung terorganisir dan memperhatikan hal secara detail. Mereka merencanakan langkah ke depan, berpikir tentang bagaimana perilaku mereka mempengaruhi orang lain, dan sadar akan batas waktu.


Extraversion

Ciri-cirinya memiliki semangat tinggi, kemampuan bersosialisasi, kemampuan bicara, ketegasan, dan tingkat ekspresi emosional yang tinggi. Orang-orang dalam ekstroversi, cenderung mendapatkan energi dalam situasi sosial. Berada di dekat orang lain membantu mereka merasa bersemangat dan berenergi.

Orang-orang yang rendah dalam extraversion (atau introvert) cenderung lebih tertutup dan memiliki lebih sedikit energi untuk dihabiskan dalam pengaturan sosial. Peristiwa sosial bisa terasa menguras tenaga dan introvert sering membutuhkan periode kesunyian dan keheningan untuk "mengisi ulang" tenaganya.

Agreeableness

Dimensi kepribadian ini mencakup atribut-atribut seperti kepercayaan, altruisme, kebaikan, kasih sayang, dan perilaku prososial lainnya. Orang-orang yang tinggi pada bagian ini, cenderung lebih kooperatif sedangkan yang rendah, cenderung lebih kompetitif dan kadang-kadang bahkan manipulatif.

Neuroticism

Neuroticism adalah sifat yang ditandai oleh kesedihan, kemurungan, dan ketidakstabilan emosional. Individu yang tinggi pada bagian ini cenderung mengalami perubahan suasana hati, kecemasan, lekas marah, dan bersedih. Mereka yang rendah pada bagian ini cenderung lebih stabil dan tangguh secara emosional.


McCrae dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa Big Five Personality  juga sangat universal. Sebuah studi yang mengamati orang-orang dari lebih dari 50 budaya yang berbeda menemukan bahwa lima dimensi dapat secara akurat digunakan untuk menggambarkan kepribadian.

Berdasarkan penelitian ini, banyak psikolog sekarang percaya bahwa lima dimensi kepribadian tidak hanya universal; mereka juga memiliki asal biologis. Psikolog David Buss telah mengusulkan bahwa penjelasan evolusi untuk lima sifat kepribadian inti ini, menunjukkan bahwa sifat-sifat kepribadian ini mewakili kualitas paling penting yang membentuk lanskap sosial kita.


EmoticonEmoticon