Benarkah Berpikir Positif dapat Menambah Usia Kita? - IndoPositive
Latest Update

Friday, August 30, 2019

Benarkah Berpikir Positif dapat Menambah Usia Kita?



Berpikir positif memberikan cukup banyak manfaat bagi manusia. Mengurangi stres. Meningkatkan imun dan menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, selain dari itu semua, tahukah kamu bahwa berpikir positif benar-benar membuatmu berumur panjang? 

Berikut ini merupakan beberapa hasil penelitian mengenai berpikir positif dan penuaan, dan apa saja yang perlu kamu lakukan agar meraup segala manfaatnya!

1. Menambah Masa Hidup

Penelitian menunjukkan bahwa bagaimana seseorang melihat penuaan yang terjadi pada diri mereka akan mempengaruhi sebarapa lama seseorang tersebut akan hidup. Dalam sebuah studi terhadap 660 orang, mereka dengan persepsi yang lebih positif terhadap proses penuaan mereka, hidup dengan rata-rata 7.5 tahun lebih lama. Efek ini tidak berubah bahkan ketika faktor lain seperti usia, gender, penghasilan, tingkat kesepian, dan status kesehatan dikontrol.


2. Menantikan Masa Pertumbuhan Usia

Topik penelitian mengenai penuaan juga menemukan bahwa, orang-orang yang menantikan masa pertumbuhan usia ketika mereka muda, dan tidak dibayang-bayangi rasa takut akan penuaan akan memiliki kesemmpatan hidup yang lebih panjang. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya penyesuaian antara persepsi penuaan di usia muda, yang akan meningkatkan pandangan positif seseorang pada proses hidup yang mereka jalani. Hal tersebut tentu saja memberika efek yang luarbiasa pada status harapan hidup seseorang.

3. Meningkatkan Resiliensi

Tidak ada yang tahu pasti mengapa sikap positif  sepertinya mengarahkan seseorang untuk memiliki usia lebih panjang. Para peneliti percaya bahwa berpikir positif pada penuaan dapat meningkatkan harapan hidup seseorang, membuat mereka lebih resilien terhadap penyakit dan lebih proaktif pada kesehatan. Penjelasan lainnya, adalah bahwa stres mental penuaan lebih rendah pada mereka yang memiliki sikap positif. 


4. Menemukan Makna Seiring Pertambahan Usia

Lantas apa hebatnya menjadi tua? Pertanyaan yang menarik  di tengah masyarakat kita yang begitu mengagumi pemuda dan kecantikan di atas segalanya. Pesan tentang penuaan cenderung menekankan aspek negatif. Tapi, seperti anggur atau keju berkualitas, orang seharusnya menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia. Pengalaman, dikombinasikan dengan kedewasaan, memberi orang tua wawasan yang hebat. Orang yang lebih tua lebih banyak berhubungan dengan spiritualitas dan memprioritaskan kedalaman dalam hidup mereka. Dengan mengikuti gaya hidup sederhana dan sehat, Kamu dapat menjaga kesehatan dan energi sepanjang hidup. 

Selain pemikiran positif, ada beberapa tanda penuaan sehat yang dapat menambah masa hidup kamu beberapa tahun:

Tekanan darah rendah: 4 tahun
Kolestrol rendah: 4 tahun
Berat badan sehat: 1 hingga 3 tahun
Tidak merokok: 14 tahun
Olahraga teratur: 1 hingga 3 tahun

Meskipun angka-angka ini merupakan angka kematian dan tidak mempertimbangkan kualitas hidup, aman untuk mengatakan bahwa kesehatan yang baik dapat meningkatkan umur panjang kamu.


Seperti itulah beberapa temuan terkait berpikir positif terhadap penuan dan kondisi psikologis kita. Sekiranya hal ini dapat menjadi bahan untuk kita belajar dan memahami bagaimana rangkaian proses tersebut berlangsung dari waktu ke waktu. 


EmoticonEmoticon