3 Pilihan Studi untuk Mahasiswa Psikologi di Luar Bidang Psikologi Murni

By Andi Ardiansyah - 7:00:00 PM



Ruang lingkup ilmu psikologi sangatlah luas. Jika dilihat dari perannya, psikologi sendiri merupakan cabang ilmu irisan antara life science dan social science. Di Indonesia sendiri, kalian akan menemukan beberapa program studi psikologi tergabung dalam kelompok saintek dibawah naungan fakultas kedokteran, seperti UNS, UNHAS, Udaya dan lainnya, sedangkan sisanya berada dibawah naungan fakultas psikologi langsung yang tergabung dalam kelompok soshum. 


Jika kalian memiliki gelar sarjana psikologi dan tertarik untuk mengembangkan karir diluar bidang psikologi ataupun ingin mengkombinasikan ilmu psikologi dengan ilmu lainnya, berikut beberapa pilihan studi yang dapat kalian tempuh untuk menjadi seorang profesional di luar bidang psikogi murni. 

1. Bidang hukum. 

Kasus kejahatan di dunia semakin meningkat dan semakin beragam. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan. Perilaku kejahatan terkadang melakukan tindakan diluar nalar manusia. Jika kalian tertarik untuk menjawab, menelurusi dan berkontribusi dalam masalah tersebut, kalian bisa melanjutkan pendidikan dengan mengambil course master of psychology and law,  forensic psychology ataupun criminology. Dikutip dari website Standford University, terdapat beberapa interseksi antara psikologi dan hukum, seperti resolusi dan negosiasi konflik; penilaian dan kapasitas pengambilan keputusan; prasangka dan stereotip; tanggung jawab pidana; kompetensi; penilaian bukti, termasuk keandalan saksi mata, dan deteksi kebohongan. Kalian bisa menemukan course ini di Standford University dengan mengambil program joint degree JD/PhD ataupun program master of legal psychology di Maastrciht university.  Untuk program forensik dan krimologi, kalian bisa menemukan sendiri beberapa course yang disedikakan oleh universitas seperti UNSW, Middlesex University of London dan lain sebagainya. 

Lihat juga: 


2. Bidang ekonomi, bisnis dan manajemen. 

Ekonomi memainkan peranan penting dalam keberlangsungan hidup individu bahkan menjadi indikator penting bagi suatu bangsa. Dalam hal ini, psikologi ternyata juga dapat turut andil dalam proses perputaran ekonomi. Industrial psychology, work/organisational behavior serta bussines psychology bisa menjadi pilihan anda bila tertarik berkarir dalam bidang ini. Psikologi I/O sudah sangat familiar di Indonesia, sehingga kalian tidak perlu jauh jauh keluar negeri untuk mengenyam pendidikan ini. Di Indonesia sendiri, peran I/O menjadi penting karena berkaitan langsung dengan para pekerja dan memainkan peran penting dalam menjaga keberlangsungan suatu organisasi. Jika kalian punya bisnis dan tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur, kalian bisa mengambil program master of bussines psychology yang disediakan oleh beberapa universitas terkenal dunia, seperti Manchester University, Queensland University, Newcastle University dan lainnya. Dikutip dari Newcastle, program ini akan menghasilkan lulusan yang mampu meningkatkan keterampilan manajemen dari perspektif psikologis untuk meningkatkan hasil kinerja dalam sektor bisnis perusahaan. 

3. Bidang sosial dan politik. 

Politk seringkali mewarnai kehidupan kita dan mendapatkan perhatian khusus dari publik. Di Indonesia sendiri, psikologi politik juga mulai dikenal oleh masyarakat luas. Tidak jarang kita menemukan pakar psikologi politik berbicara sebagai narasumber di sebuah talkshow di siaran TV nasional. Dikutip dari website ikatanpsikologisosial.org working group psikologi politik dalam lima tahun ke depan berfokus pada upaya memahami perilaku memilih masyarakat Indonesia. Salah satu program yang ditawarkan oleh University of Kent, yaitu master of political psychology. Dikutip dari websitenya, program ini akan memberikan fokus interdisipliner yang unik pada isu-isu utama saat ini seperti sifat ideologi politik, dukungan untuk sistem sosial-politik, persepsi pemerintah, keadilan dan ketidaksetaraan, kepercayaan dalam konspirasi politik dan konflik dan kekerasan politik. Anda akan memiliki kesempatan untuk berkarir sebagai pakar komunikasi politik dan pemerintahan. 


Itulah beberapa pilihan bagi teman-teman yang ingin menambah wawasan di luar bidang psikologi. Selanjutnya kita akan bahas peran psikologi di bidang yang lainnya. Sampai ketemu lagi. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar