Konsumsi 7 Makanan Ini Dapat Membuat Kita Lebih Bahagia - IndoPositive
Latest Update

Tuesday, July 23, 2019

Konsumsi 7 Makanan Ini Dapat Membuat Kita Lebih Bahagia



Apa yang anda lakukan saat suasana hati sedang terganggu? Saat suasana hati sedang terasa buruk, beberapa orang tentu akan mencoba melakukan hal yang jauh lebih menarik atau sesuatu yang mampu mengembalikan perasaan menjadi lebih stabil. Tak jarang pula ada yang memilih makan di saat suasana hati sedang tak baik, namun pilihan makan tersebut ternyata memiliki peluang untuk menjadi sebuah solusi.

Di saat kita ada pada kondisi tersebut, beberapa dari kita mungkin menyantap makanan kesukaan untuk mengembalikan suasana hati. Pada akhirnya, beberapa pilihan makanan yang kita santap dapat berbuah kebahagiaan bagi kita. Pilihlah makanan jenis tertentu yang mampu memicu keluarnya hormon dopamine di otak akan sangat baik untuk kita konsumsi di saat seperti itu.

Baca juga: Apakah makanan memberi pengaruh terhadap kesehatan mental?

Beberapa sumber kami kumpulkan dan merangkum tujuh makanan yang dapat mendatangkan perasaan bahagia:

1. Makanan alami
Sebisa mungkin konsumsilah makanan alami bikinan sendiri yang bahannya kalau bisa ditanam sendiri di kebun. Hindari makanan olahan yang sudah jadi. “Banyak riset di bidang gizi dan ilmu saraf mengungkapkan mereka yang mengonsumsi makanan olahan moderen mengalami peningkatan depresi, kecemasan, perubahan suasana hati, hiperaktivitas dan banyak jenis masalah mental dan emosional,” ujar Dr. Drew Ramsey, psikiater dan blogger dari Huffington Post.

2. Ikan salmon
Ikan salmon dan ikan lain yang kaya akan asam lemak omega tiga berperan penting menjaga suasana hati dan kesehatan mental kita. Riset sudah membuktikan bahwa asam lemak sehat ini memiliki manfaat melindungi tubuh dari depresi. Bahkan ada studi lain yang membuktikan asam lemak omega tiga mengurangi kecemasan yang dirasakan mahasiswa kedokteran. Sumber asam lemak omega tiga juga ada pada ikan kembung yang murah meriah. Asam lemak ini juga ditemukan pada kacang walnut.


3. Kacang almond
Amond mengandung senyawa bernama tyrosine. Ini adalah pembangun produksi dopamine dan neurotransmitter pembangkit suasana hati lain yang ada di otak. Itu artinya, makan satu tangkup kacang almon tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah karena kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Tetapi juga mendongkrak suasana hati yang murung.

Baca juga: Bagaimana jika kita berkhayal tentang kebahagiaan?

4. Apel
Buah apel kaya akan zat bernama quercetin, senyawa yang melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas yang bisa merusakkan tepi-tepi neuron. Buah apel juga cukup mudah ditemui dan bisa dijadikan pilihan untuk tetap ada di dalam rumah serta dapat dinikmati kapan saja.

5. Cokelat
Beberapa orang memilih menyantap cokelat ketika merasa sedih. Selain enak dan kaya akan antioksidan, cokelat memang membantu mengurangi rasa cemas. Mereka yang sedang cemas atau sering dilanda kecemasan, cokelat susu bisa membantu mengurangi kecemasan. Mereka yang tak punya riwayat sering terserang kecemasan, cokelat hitam lebih cocok untuk mereka.

6. Kuaci bunga matahari
Kuaci bunga matahari juga kaya akan tyrosine yang bermanfaat mendongkrak suasana hati. Kuaci bung matahari juga memiliki vitamin E dan selenium. Vitamin E ini bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Baca juga: Pesan para peneliti, lakukan 5 hal ini untuk lebih bahagia

7. Tahu
Tahu juga merupakan sumber tyrosine. Di samping itu tahu merupakan sumber protein dari kedelai yang menyehatkan jantung. Sumber protein kedelai ini juga bagus mengurangi gejala menopause.

Dengan mencoba untuk mengkonsumsi tujuh rekomendasi makanan di atas, kita dapat mencoba meningkatkan kualitas kebahagiaan serta kesehatan kita. Selamat mencoba!



EmoticonEmoticon