Bagaimana Pasangan Mendukung Kesuksesanmu?

By IndoPositive - 9:30:00 PM


Setiap orang mencoba mencari kesuksesannya dengan berbagai cara. Sejumlah pilihan terbentang dan kita bebas memilih. Tapi, penting untuk mengetahui bila ada beberapa hal yang sebenarnya berperan dalam meraih kesuksesan kita. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan kita, salah satunya pasangan. 

Kita bisa bercermin dari pasangan Barack dan Michelle Obama atau Mark Zuckerberg dan Pricilla Chan. Hubungan yang mereka jalin memberikan kesempatan untuk saling mendukung sebagai pasangan. Dalam sebuah wawancara di Oprah Winfrey pada 2011, Barack Obama menceritakan bahwa istrinya menjadi sesuatu yang membuatnya berhasil melalui berbagai tekanan, melakukan berbagai hal besar, dan menjadi segalanya untuk keluarga. Hal serupa dijelaskan Mark Zuckerberg dalam sebuah pidato di Harvard pada tahun 2017, bahwa istrinya menjadi orang terpenting dan berpengaruh dalam hidupnya. 

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan Carnegie Mellon University, pasangan memiliki peran paling penting dalam pengambilan keputusan kita. Inilah yang memberi peluang bagi kita untuk gagal atau sukses dalam hidup. Kerap kali ada beberapa pasangan yang tak mampu sejalan atau mendukung impian pasangannya sendiri. Penelitian itu melibatkan 153 pasangan yang telah menikah. Setiap pasangan diminta untuk memecahkan teka-teki dan bersaing demi mendapatkan sebuah hadiah. Mereka bebas memilih permainan, dari yang sederhana hingga permainan tersulit. Saat para peserta sedang bermain bersama pasangannya, peneliti mencatat ekspresi dan perilaku yang terjadi selama proses tersebut. 

Peneliti menemukan, mereka yang memiliki pasangan optimis dan suportif akan lebih terpacu dalam menyelesaikan tantangan sulit. Berbeda dengan pasangan yang mudah putus asa, cenderung memilih permainan sederhana. Penelitian tidak berhenti sampai di situ saja, peneliti kemudian kembali mengamati pasangan enam bulan kemudian. Hasilnya, pasangan dengan tantangan sulit memiliki hubungan, kesehatan mental, kesejahteraan, keharmonisan, dan kebahagiaan yang lebih baik dibanding kelompok lainnya. Penelitian ini dapat dibaca secara lengkap dengan judul penelitian: Working Models of Attachment Shape Perceptions of Social Support: Evidence From Experimental and Observational Studies.

Sebelum dilakukan eksperimen tersebut, peneliti sebelumnya mencoba membagi beberapa pasangan dan memberikan tugas untuk melihat pengaruh dukungan pasangan. Dukungan pasangan amat berarti dan berpengaruh dalam menyelesaikan tugas yang  tengah dijalankan, baik itu sulit atau mudah. Keberadaan pasangan memiliki efek penting yang kadang terabaikan. 

Salah satu kekuatan pasangan adalah memberikan bantuan dalam pengambilan keputusan. Ada pasangan yang mendukung dan ada pula yang menghambat. Brooke Feeney, merupakan salah seorang peneliti yang berfokus pada hubungan antar pasangan. Beberapa penelitiannya telah memperlihatkan betapa pasangan menjadi faktor penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita. Selanjutnya, apakah anda merasa sudah menemukan pasangan yang tepat? Tentu saja, ini pertanyaan yang tidak mudah untuk dijelaskan. Tapi setidaknya, pasangan dapat dipahami sebagai hal penting dan dapat saling memahami satu sama lain. 


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar