8 Kemungkinan Karir Masa Depan dalam Jurusan Psikologi yang Menjanjikan

By Andi Ardiansyah - 7:00:00 PM



INDOPOSITIVE.orgApa yang terlintas dibenak kalian jika memikirkan tentang karir pada jurusan psikologi? Yah, beberapa orang akan berpikir bahwa lulusan sarjana psikologi tidak jauh jauh akan menjadi seorang staff HRD, konselor, psikolog, terapis ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), guru pendamping dan sebagainya. Tidak banyak orang yang tahu bahwa lulusan psikologi bisa merambah ke banyak bidang. Kali ini saya akan membahas tentang bidang kesehatan.

Beberapa pekerjaan memang membutuhkan pendidikan tingkat lanjut, seperti tingkat master dan doctoral program, namun kalau di Indonesia, pendidikan tingkat sarjana juga sudah cukup.

Berikut beberapa list karir lanjutan yang bisa dipertimbangkan oleh lulusan sarjana psikologi yang ingin bergelut dalam bidang kesehatan. Saya akan membagi menjadi karir clinician pada poin 1-4 dan scientist pada poin 5-8.

Bagi yang belum tahu, clinician adalah orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan treatment secara langsung kepada pasien, sedangkan scientist tidak, mereka murni melakukan penelitian dan hasilnya bisa menjadi referensi untuk para clinician.

  1. Clinical psychology. Yah pastinya, ini adalah pendidikan lanjut (mono entry) yang hanya bisa diambil oleh sarjana psikologi. Karir ini membutuhkan pendidikan tingkat master atau S2, namun di luar negeri kalian harus mengambil Ph.D terlebih dahulu kemudian bisa menjadi seorang psikolog klinis.
  2. Rehabilitation psychology. Ini adalah sub spesialisasi psikolog klinis. Program ini hanya tersedia di luar negeri dan belum ada di Indonesia. Setelah menamatkan program Ph.D Clinical Psychology, kalian kemudian mengambil pendidikan lanjut lagi, yang dinamakan residency ataupun fellowship sekitar kurang lebih 2 tahun. Kalian akan menangani pasien dengan berbagai jenis chronic ilness dan disablity. Saat orang menderita penyakit kronis, bukan hanya obat yang mereka butuhkan untuk bertahan, mereka juga butuh dukungan dan perhatian dari lingkungan.
  3. Health psychology.  Sama dengan rehab psych, ini juga program sub spesialis psikolgi klinis. Kalian akan menangani pasien yang berkaitan dengan perilaku sehat, seperti program obestitas, merokok, alkohol, mengahadapi prosedur medis, dan memberikan pelatihan coping kepada pasien yang menderita chronic illnes seperti cancer, hiv, cardiovascular, stroke dan sebagainya.
  4. Neuropsychology. Sama dengan dua sub sebelumnya, ini juga program sub-spesiliasi. Tapi di Australia kalian bisa menjadi seorang neuropsikolog hanya dengan gelar Ph.D (track neuropsychology). Kalian akan menangani pasien yang berkaitan dengan gangguan pada otak, seperti trauma, memory, language dan sebagainya.
  5. Neuroscience. Beda ya dengan neuropsikologi. Ini merupakan cabang dari biologi dan sangat erat kaitannya dengan biomedis. Jika kalian tertatik dengan bidang ini, kalian harus mengambil program master dan Ph.D di bidang neuroscience, ada berbagai macam spesialisasi, seperti clinical neuroscience, behavior neuroscience, affective neuroscience, dan sebagainyaHanya saja belum ada di Indonesia, dan ini merupakan ilmu masa depan. Apakah ada yang lebih baik, kalian belajar dengan otak dan mengkaji tentang otak beserta saraf nya?  Menarik tentu saja. Oh ya karir ini murni menjadi seorang ilmuwan. Jurusan ini bisa berasal dari beragam jurusan, seperti health, medicine, engineering, psychology, chemistry, physics, biology dan sebagainya.
  6. Brain and cognitive science. Bidang ini juga erat kaitannya dengan neuroscience. Kalian akan mempelajari tentang otak, organ utama manusia. Kalian akan mengkaji tentang bagaimana manusia berpikir, persepsi, belajar, serta kalian juga akan dibekali kemampuan teknologi scan otak seperti MRI, PET, EEG dan sebaainya.
  7. Public health. Jika kalian tertarik untuk menerapkan ilmu psikologi guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, kalian bisa mengambil program ini. Public health juga memegang peranan penting loh. Dengan bekal ilmu ini, kalian bisa melakukan tindakan preventif dengan bekal ilmu perilaku. Ingat, 40 persen penyakit yang ada disebabkan oleh perilaku manusia. Clinical and psychosicial epidemology adalah salah satu course ang bisa kalian pilih, disediakan oleh groningen university, department of medicine di belanda. Public health bisa berasal dari jurusan apapun, entah itu ilmu sosial maupun eksakta.
  8. Biomedical science. Ini adalah gabungan ilmu antara biologi dan kedokteran. Tahukah kamu bahwa everything psyhological is biologal ? Artinya adalah variabel dalam ilmu psikologi selalu bisa dijelaskan dengan ilmu biologi, contohnya saat orang jatuh cinta. Proses fisiologi juga memiliki peran, saat orang marah, tekanan darah juga berubah, saat orang sedih, depresi bahkan bahagia neurotransmitter di otak juga sedang bekerja, bahkan pada gangguan kronis seperti skizofrenia, bagian otak bisa berubah juga. Pada bidang ini, kalian bisa mengambil master neuroscience, genetic counseling dan sebagainya.

Kalian bisa mencari informasi lengkapnya sendiri, juga tempat di mana saja program ini tersedia dan mencari tahu apa apa saja yang akan pelajari. Selamat mencari!

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar