5 Film yang Membuat Kita Belajar tentang Kesehatan Mental

By Wawan Kurniawan - 6:00:00 PM



INDOPOSITIVE.orgIsu kesehatan mental menjadi sesuatu yang penting untuk dibahas dan dipelajari bersama. Kita hanya sering memperhatikan kesehatan fisik tapi jarang mencoba untuk menjaga kesehatan mental. Padahal, tanpa kita sadari, gejala kesehatan yang kerap kita alami – mungkin saja bukan hanya berasal dari masalah kesehatan fisik. Ada hal yang tak tersentuh dan belum dipahami dengan baik sehingga kita mudah luput menjaganya.

Kesehatan mental dapat kita pelajari bersama. Misalnya dari buku, artikel penelitian, hingga membaca tulisan yang kami tayangkan setiap hari. Di luar dari itu semua, masih ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Kali ini, kami tayangkan lima buah film yang bisa memberikan gambaran tentang kesehatan mental. Sekiranya dari film tersebut, kita dapat memahami dan belajar lebih banyak hal lagi isu tersebut.

Berikut lima film yang membuat kita belajar tentang kesehatan mental:

1. A Beautiful Mind

Berangkat dari kisah nyata, A Beautiful Mind menceritakan sebuah kisah seorang ahli matematika bernama John Forbes Nash. Dalam film ini, kita bisa melihat bagaiamana seorang yang harus menjalani kondisi saat terserang skizofrenia. Secara mendasar, gangguan ini membuat seseorang mengalami kesulitan dalam melihat realitas. Bahkan tokoh-tokoh yang ada sebenarnya hanyalah rekaan di dalam kepala John Nash, namun karena skizofrenia, semua terlihat begitu nyata.

Film ini dapat menjadi pilihan bagi teman-teman yang ingin mengenal lebih dekat gangguan skizofrenia. Selain itu, kita bisa melihat kisah dari seorang ahli matematika yang kemudian meraih penghargaan nobel atas temuannya. Dia mendapatkan penghargaan bergengsi itu pada tahun 1994. Pengajar di Universitas Princeton ini dikenal dengan berbagai teori matematika yang sangat bermanfaat bagi dunia perekonomian. Teori-teori itu antara lain, Nash equilibrium, Nash embedding theorem, Nash functions dan Nash–Moser theorem.

2. Still Alice

Film ini dapat mengajak kita untuk mengenal bagaimana Alzheimer merenggut kehidupan penderitanya. Alzheimer secara perlahan akan menghilangkan ingatan seseorang. Kita diajak untuk belajar menyikapi dan menerima berbagai hal yang sebelumnya tak kita bayangkan akan menghilang. Ingatan, satu-satunya hal yang sulit dimiliki atau dicuri orang lain – menjadi sesuatu yang begitu mudah bagi Alzheimer.

Mengisahkan Alice Howland, seorang profesor muda dalam bidang linguistik di Universitas Columbia. Kita akan memasuki kehidupannya yang dikelilingi orang-orang terkasih, tapi lambat laun ingatan meredup hal-hal yang telah dia jaga selama ini. 

3. Inside Out

Jika teman-teman memiliki adik yang masih duduk di bangku sekolah dasar, film ini bisa dijadikan pilihan untuk berakhir pekan bersama. Di dalam film ini, kita disajikan dengan animasi warna yang segar, atraktif, juga penyampaian yang lugas dan terarah. Belajar perihal emosi akan membawa kita pada kisah-kisah yang digambarkan oleh para tokoh  di dalam otak Riley, seorang anak perempuan yang baru pindah dari Minnesota ke San Fransisco bersama orang tuanya. Kita dapat melihat berbagai emosi yang silih berganti bereaksi. Sekaligus menjelaskan bahwa tak selamanya kita patut merasakan kebahagiaan. Adakalanya, kesedihan menjadi bagian penting dari proses kita belajar menjalani kehidupan.




4. Welcome to Me


Film ini berkisah tentang kehidupan wanita pengidap Borderline Personality Disorder (BPD) yang kaya mendadak. Gangguan BPD merupakan sebuah kelainan mental yang mengakibatkan pengidapnya begitu sensitif terhadap penolakan. Gejala yang ditimbulkan antara lain, sulit mengendalikan amarah, reaksi yang berlebihan tak dapat terkendali atas semua hal yang tak sejalan dengan rencana, serta penilaian terhadap orang lain yang kerap terdistorsi.

Cobalah untuk mengenali salah satu gangguan mental ini dengan menyaksikan film Welcome to Me.

5. Benny and Joon


Mengisahkan dua kisah cinta yang benar-benar aneh.Tokoh pria berperan sebagai seorang yang bermasalah dan menganggap dirinya adalah reinkarnasi Charlie Chaplin & Buster Keaton. Boleh dibilang ini kisah cinta, tapi bukan seperti yang ada pada umumnya. Seorang wanita muda yang sakit jiwa menemukan cintanya pada pria eksentrik yang terus berlaku seperti comedian film bisu.

Keanehan mereka berdua akan membawa kita pada cara pandang menarik melihat manusia dan hubungan yang tetap terjalin dengan indah.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar