Johari Window Test: Langkah Melihat Diri yang Sebenarnya

By IndoPositive - 10:56:00 PM



INDOPOSITIVE.orgPernahkah anda mencoba memahami diri anda sendiri? Perlu dipahami, kita tak mampu mengenali atau mengetahui kepribadian kita seorang diri, kita tetap membutuhkan orang lain untuk membantu. Johari Window (‘Johari’berasal dari suku kata pertama dari nama penemunya, dua orang psikolog asal Amerika, Joseph Luth dan Harry Ingham di tahun 1955) merupakan salah satu model paling menarik untuk melihat bagaimana diri kita sebenarnya.

Langkah untuk mencobanya adalah sebagai berikut:

Pertama, bacalah 55 kata yang telah disusun dalam metode Johari Window.


Kedua, dari kata-kata itu, pilihlah yang menurutmu pribadi menggambarkan dirimu secara utuh, tak ada batasan jumlah kata.

Ketiga, setelah kamu selesai memilih, mintalah salah seorang sahabat untuk menilai pribadimu dan memilih kata dari sudut pandangnya melihatmu.

Keempat, buatlah kotak seperti di bawah ini.  
  


Kelima, nah, jika kamu menemukan penilaian yang sama dengan kata yang ditemukan temanmu, maka letakkan atau tuliskan kata itu pada kolom Open. Jika kamu menemukan kata yang dipilih temanmu tapi tidak tercatat olehmu, maka letakkan atau tuliskan kata itu pada kolom Blind. Lalu jika kamu memilih kata berbeda tapi tidak dipilih oleh temanmu, maka letakkan atau tuliskan kata itu pada kolom Hidden.

Penjelasan empat kolom tersebut adalah sebagai berikut:

Open
Memperlihatkan kondisi yang diketahui diri sendiri dan orang lain.

Blind
Memperlihatkan sesuatu yang selama ini kita abaikan tapi dapat dipahami oleh orang lain.

Hidden
Memperlihatkan bagian diri kita yang hanya kita pahami sendiri.

Unknown
Dikatakan “Unknown”, karena baik yang bersangkutan, maupun orang lain dalam kelompoknya tidak mengetahui hal itu secara individu. Sepertinya semua serba misterius.

Memaknai Hasilnya
Jika kolom Open lebih banyak dan blind lebih sedikit, itu berarti kita memiliki kesadaran diri yang lebih baik. Tapi jika sebaliknya, itu bermakna kita terlalu acuh pada lingkungan dan dapat menghambat  kita untuk berkembang menjadi lebih baik.

Penemu Johari Window berpendapat bahwa amat penting untuk menumbuhkan kesadaran diri, hingga kolom Blind dapat berkurang. Kolom yang sebenarnya berbahaya lantaran orang lain mengetahui sesuatu yang terabaikan. Mengurangi kolom Blind berarti memperbesar kolom Open, yang berarti kesadaran diri akan mengalami peningkatan. Demikianlah konsep Jendela Johari, selamat mencoba.

Rubrik Strategic Thinking: mencoba menampilkan sejumlah pilihan cara berpikir dan pengambilan keputusan dari beberapa buku yang kami pilih nantinya. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar