Mihaly Csikszentmihalyi dalam Flow Model: Pilihan Memutuskan Kebahagiaan

By IndoPositive - 12:01:00 AM



INDOPOSITIVE.org— Apa yang membuat kamu bahagia? Pertanyaan itu tentu saja pernah terbesit dan akan selalu ada di benak kita. Lebih dari dua ribu tahun yang lalu, Aristoteles sampai pada kesimpulan yang tak mengejutkan bahwa apa yang diinginkan seseorang di atas segalanya adalah menjadi bahagia.

Pada tahun 1961, salah seorang psikolog terkemuka, Mihaly Csikszentmihalyi mengatakan: “Sembari kebahagiaan itu sendiri dicari untuk kepentingannya sendiri, setiap tujuan lainnya seperti  kesehatan, kecantikan, uang atau kekuasaan – dihargai hanya karena kita berharap hal itu akan membuat kita bahagia.” Csikszentmihalyi mencari istilah yang menggambarkan keadaan perasaan bahagia. Dia menyebutnya “flow”. Tapi kapan kita merasakan “flow”? 

Setelah mewawancarai lebih dari seribu orang tentang apa yang membuat mereka bahagia, dia pun menemukan bahwa semua tanggapan memiliki lima kesamaan. Kebahagiaan, atau “flow”, terjadi ketika kita:

Kita sangat fokus pada sebuah kegiatan,
Yang merupakan pilihan kita sendiri
Tidak memiliki tantangan yang biasa-biasa saja (boreout) dan juga tantangan yang berlebihan (burnout)
Tujuan jelas
Menerima umpan balik.

Csikszentmihalyi menemukan bahwa orang-orang yang “flow” tidak hanya merasakan kebahagiaan yang mendalam, mereka juga kehilangan rasa atas waktu dan melupakan diri mereka sepenuhnya karena mereka begitu tenggelam dalam apa yang mereka lakukan. Musisi, atlet, aktor, dokter, dan seniman menggambarkan bagaimana mereka merasa sangat bahagia ketika mereka terserap dalam kegiatan yang sering melelahkan - benar-benar bertentangan dengan pandangan umum bahwa kebahagiaan ada hubungannya dengan relaksasi.




Model ini memiliki dua sumbu: tingkat tantangan, dan tingkat kemampuan anda. Pada grafik, tuliskan tiga tantangan terakhir yang anda hadapi, dan bagaimana perasaan Anda pada hal tersebut. Dengan model ini, kita bisa belajar untuk memilih dan memahami berbagai perilaku yang dapat membuat kita bahagia atau tertekan.

Rubrik Strategic Thinking: mencoba menampilkan sejumlah pilihan cara berpikir dan pengambilan keputusan dari beberapa buku yang kami pilih nantinya. 


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar