Daniel Kahneman Books: 4 Hal Menarik dari Pribadi dan Karyanya - IndoPositive | Pusat Informasi Psikologi Positif

Breaking

Monday, February 11, 2019

Daniel Kahneman Books: 4 Hal Menarik dari Pribadi dan Karyanya


INDOPOSITIVE.orgMungkin teman-teman pernah membaca “Thinking, Fast and Slow” karya Daniel Kahneman. Seorang psikologi yang kemudian menerima hadiah Nobel dalam bidang ekonomi. Ada banyak hal menarik serta temuan penting yang ada di dalam buku itu.

Berkecimpung dalam bidang psikologi, Kahneman memulai karirnya sebagai akademisi di almamaternya, Hebrew University of Jerusalem. Dia segera menempati berbagai posisi penting di berbagai lembaga lainnya seperti University of California, British Columbia dan Princeton University. Kali ini kami mencoba menayangkan  tujuh hal menarik dari pribadi dan karyanya.


Pertama, Daniel Kahneman memiliki istri seorang  psikolog dan peneliti.

Daniel Kahneman menikahi seorang psikolog yang bernama Anne Treisman. Merupakan salah seorang peneliti produktif. Anne Treisman berfokus pada bidang kognitif dan mengkaji tentang visual attention, persepsi, dan ingatan. Salah satu penelitian yang paling berpengaruh adalah feature integration theory of attention. Di tahun 2013, Anne Treisman menerima penghargaan  National Medal of Science dari Presiden Barack Obama.

Kedua, Daniel Kahneman juga pernah berada pada masa pelarian dari Nazi.

Kahneman lahir pada tanggal 5 Maret 1934 di Tel Aviv, Israel, ketika ibunya sedang dalam perjalanan ke tempat kerabatnya. Orang tuanya berasal dari Lithuania, menetap di Paris, di mana Kahneman menghabiskan masa mudanya. Di tahun 1940, Paris diduduki oleh Nazi dan sejak saat itu masa-masa sulit dihadapi keluarga Kahneman. Ayahnya ditangkap tapi kemudian bebas karena intervensi dari pimpinannya. Hingga masa Perang Dunia Kedua berakhir, kehidupan mereka penuh perjuangan.

Ketiga, Daniel Kahneman menerima berbagai penghargaan penting.

Penelitian Kahneman tentang Prospect Theory membawanya menerima berbagai penghargaan. Termasuk dengan keberhasilannya menerima Nobel di bidang ekonomi di tahun 2002. Lalu dua tahun berturut-turut, (2011 dan 2012), Kahneman terpilih dalam Bloomberg 50 Most Influential People in Global Finance. Menerima APA Lifetime Achievement Award di tahun 2007.

Di tahun 2013, Presiden Barack Obama memberikan penghargaan Presidential Medal of Freedom untuk Kahneman atas kontribusinya.

Keempat, Daniel Kahneman dan Amos Tversky telah bersahabat dan meneliti sejak lama.

Penelitian pertama Kahneman terbit dalam jurnal bergengsi, Science di tahun 1966 yang berjudul Pupil Diameter and Load on Memory. Lalu di tahun 1970-an, dia mulai berkolaborasi dengan Amos Tversky. Makalah pertama mereka, berjudul, Belief in Law of Small Numbers diterbitkan pada tahun 1971. Sejak saat itu, mereka berfokus pada penelitian  tentang penilaian umum dan pengambilan keputusan. Hingga pada akhirnya menemukan teori yang membawa mereka berdua menerima penghargaan nobel.

Sayangnya, Amos Tversky meninggal lebih dulu dan tak sempat melihat karyanya menerima berbagai penghargaan. Namun dalam bukunya, Daniel Kahneman selalu menyebut dan mempersembahkan karya itu pada sahabat terbaiknya.


No comments:

Post a Comment

loading...