Bagaimana Cara Kita Bahagia?: 3 Hal Menarik Tentang Psikologi Positif

By IndoPositive - 12:13:00 PM




INDOPOSITIVE.orgPsikologi positif menjadi bidang kajian menarik dalam lingkup psikologi. Usianya masih terbilang muda dan di Indonesia sendiri, belum begitu dikenal. Namun, ada banyak ketertarikan dan pertanyaan yang membuat kami bersemangat untuk berbagi terkait hal ini. Kita akan belajar bersama untuk mengetahui diri kita dan melihat psikologi positif menjadi sesuatu hal yang menarik. Pertanyaan tentang bagaimana cara berbahagia, menjadi sesuatu yang terus dikaji dan menjadi hal penting dalam psikologi positif.

Martin Seligman sebagai tokoh yang sebenarnya berkecimpung di bidang filsafat sebelum beralih ke psikologi, memikirkan fondasi kokoh atas makna keberadaan psikologi. Dalam bukunya, Authentic Happiness dijelaskan kegamangannya terkait dengan makna dan bagaimana membangun filosofi dari psikologi positif itu sendiri. Hingga sekarang, hal tersebut masih menjadi tugas yang terus berlangsung. Namun kali ini, mari kita melihat tiga hal menarik yang ada di dalam psikologi positif.

Pertama, pencarian akan makna hidup manusia.

Psikologi positif selalu mencari cara untuk menemukan berbagai makna hidup yang ada di sekitar kita. Didasari dengan riset dan cara kerja ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Pencarian tersebut berguna dalam mengembangkan kemampuan atau pemahaman kita terhadap situasi yang sering terjadi di sekitar kita. Ada makna dalam diri manusia yang perlu dikembangkan serta dipahami dengan mendalam. Sesuatu yang sebenarnya akan selalu kita lakukan secara sadar atau tidak sadar.

Kedua, berfokus pada berbagai karakter manusia yang terdalam.

Psikologi positif berfokus pada karakter (virtues & strengths) yang merupakan hal utama dalam mendukung terciptanya kebahagiaan pada seseorang. Pada kajian ini, para peneliti mencoba untuk melihat cara kerja manusia dalam menerima berbagai kondisi yang terjadi di luar dari kendalinya. Pada saat yang bersamaan, nilai-nilai dalam diri akan tampak dan dikaji untuk dikembangkan atau dikuatkan. Pada proses ini, manusia dianggap mampu untuk mencapai potensi yang lebih dari apa yang dibayangkan sebelumnya. Berbagai karakter positif dalam diri manusia mampu ditemukan. Bukan berarti mengabaikan karakter negatif, melainkan berbagai hal tersebut akan menjadi kajian yang membuka berbagai kemungkinan dari kondisi terbaik seorang manusia.

Ketiga, psikologi positif memberi ruang untuk mempersatukan berbagai studi yang beraneka ragam.

Usaha manusia untuk mencapai kebahagiaan akan dipengaruhi oleh banyak hal. Temuan yang ada dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan akan sangat penting dalam membangun penjelasan baru terkait hal tersebut. Dengan konsep utama authentic happiness yang berusaha menemukan makna kebahagiaan dalam diri manusia dengan berbagai kerumitannya. Hanya saja, di sisi lain kondisi ini menjadi ruang terbuka yang seakan memperlihatkan jika psikologi positif kurang berdasar dan sulit dikaji. Sejauh ini berbagai penelitian psikologi positif telah melakukan upaya untuk berjalan menuju arah tersebut.  

Sekiranya dengan mengetahui tiga hal menarik di atas, kita bisa mengkaji lebih jauh dan membuka pengembangan dari apa yang telah dimulai para peneliti sebelumnya. Sekiranya, usaha untuk menemukan kebahagiaan atau puncak makna atas kehidupan akan menjadi tugas manusia pada umumnya.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar