4 Perbedaan Mereka yang Ekstrovert dan Introvert di Facebook

By IndoPositive - 11:33:00 PM



INDOPOSITIVE.orgMungkin teman-teman kerap mendengar istilah Ekstrovert dan Introvert, namun kali ini kita bisa melihat bagaimana perbedaan tampilan di facebook berdasarkan kecenderungan kepribadian introvert dan ekstrovert. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Malaysia, Siti Ramizah Khairunnisa beserta rekannya yang berjudul: Pola Pameran Emosi Individu Introvert dan Ekstrovert dalam Facebook: Pendekatan Eksperimen Awal. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2018 ini, telah disiapkan ruang khusus di facebook yang dapat melihat interaksi dan juga disediakan sejumlah skala atau alat ukur untuk melihat proses yang terjadi. Empat hal tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, Introvert tetap melakukan interaksi lebih baik di facebook.

Meskipun kita paham bahwa introvert cenderung bermasalah dalam berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain, tapi sebagian partisipan dalam penelitian memperlihatkan hal yang berbeda. Mereka, orang-orang introvert, tetap memiliki kebebasan yang menggerakkan mereka untuk terhubungan dengan orang lain melalui facebook. Hanya saja, tidak mudah untuk membangun komunikasi atau hubungan dengan mereka yang introvert. Mereka lebih memilih membaca dibanding bersama dengan orang-orang yang belum berpikir maju.

Kedua, Introvert menghabiskan waktu lebih lama di facebook.

Secara umum, introvert menggunakan waktu yang lebih lama, sekitar tiga jam dalam sehari. Sedangkan ekstrovert malah menggunakan sepuluh hingga tiga puluh menit dalam sehari. Hal tersebut diakibatkan oleh kecenderungan introvert yang lebih senang dengan dunianya sendiri, hadirnya media sosial seperti facebook membuatnya lebih mudah mengendalikan diri dan merasa nyaman dengan situasi yang ada.

Ketiga, Introvert maupun Ekstrovert memilih menggunakan facebook untuk kepentingan bersosialisasi.

Facebook menjadi ruang untuk melakukan berbagai hal. Termasuk dengan belajar atau berdiskusi dengan teman atau kelompok kerja. Baik introvert maupun ekstrovert, semua menjadikan facebook sebagai ruang untuk melakukan banyak hal.  Hanya saja, introvert cenderung menjadikan facebook sebagai bentuk pengalihan dari dunia yang sebenarnya. Sedangkan ekstrovert cenderung menjadikan facebook sebagai tempat mencari perhatian dari orang-orang.

Keempat, Ada Perbedaan dalam penggunaan fasilitas facebook.

Pada orang introvert, mereka cenderung menggunakan fasilitas inbox. Akan tetapi, orang ekstrovert cenderung memilih fasilitas dinding atau wall facebook untuk melakukan interaksi. Hal tersebut diakibatkan oleh kebiasaan untuk mengungkapkan dan menyembunyikan emosi yang dimiliki.

Sekiranya, ada banyak penelitian tentang ekstrovert dan introvert. Bahkan beberapa penelitian telah menolak untuk menggunakan definisi ekstrovert dan introvert. Membagi kepribadian dengan dua term tersebut dianggap keliru. Walter Mischel, dalam bukunya Personality, and Assessmen bahkan menjelaskan berbagai kekeliruan kita dalam memahami kepribadian yang ada selama ini. Situasi – bagi Walter Mischael – akan memberi pengaruh besar terhadap kepribadian seseorang. Hanya saja, tiap tokoh psikologi berhak untuk mempertahankan dan mengkaji temuan-temuan tersebut. Ekstrovert dan introvert masih menjadi topik yang menarik untuk dikaji dalam berbagai penelitian. Lain waktu, kami akan menjelaskan itu lebih panjang dan lengkap. Semoga!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar