Self Leadership: Miliki 3 Manfaatnya Untuk 2019 yang Lebih Baik - IndoPositive

Breaking

Wednesday, January 2, 2019

Self Leadership: Miliki 3 Manfaatnya Untuk 2019 yang Lebih Baik


INDOPOSITIVE.orgSetelah 2018 berlalu, tentunya kita kembali dengan harapan baru menyambut 2019. Bagaimana kita melewati tahun baru ini dengan baik? Belajar dari tahun 2018, tentu saja ada berbagai tantangan yang datang menghadang. Namun, selama kita mampu menjalaninya – hal tersebut tentu saja akan kita lalui. Melawan diri sendiri tentu saja sulit dan butuh tenaga lebih dari apa yang kita bayangkan. Hanya saja, penting untuk dipahami bahwa mereka yang berhasil melawan diri sendiri, mampu meraih hasil lebih dibanding dengan mereka yang kalah.  

Kemampuan untuk mengatur diri sendiri demi meraih atau mewujudkan perilaku yang diharapkan, konsep ini diistilahkan sebagai self leadership. Kurang lebih selama tiga puluh tahun, konsep itu telah dipelajari dan diteliti dengan baik. Greg L. Stewart bersama dua orang temannya, merangkum berbagai temuan dari penelitian yang telah dilakukan selama puluhan tahun. Dari jurnal yang berjudul Self-Leadership: A Multilevel Review, mereka memberikan penjelasan terkait pentingnya self leadership untuk dimiliki. Secara sederhana, self leadership diartikan sebagai kemampuan mempersiapkan rencana bagi diri sendiri serta mengendalikan berbagai hal dalam diri untuk mencapai keinginan.

Setidaknya, dengan memiliki self leadership, tahun 2019 ini akan menjadi lebih baik.

Pertama, self leadership mampu menjaga kondisi diri sendiri menjadi lebih terarah.

Orang-orang dengan self leadership yang tinggi cenderung untuk melawan serangan dari eksternal seseorang. Kemampuan untuk menghindari perilaku yang tidak diinginkan akan meningkat. Contohnya saja, bagi mereka yang terlanjut menjadi perokok dan memilih untuk mengurangi atau bahkan berhenti, self leadership akan berperan penting.

Kedua, self leadership membentuk strategi khusus untuk kita dalam mencapai tujuan.

Sehubungan dengan penjelasan sebelumnya, kemampuan seseorang untuk mengatur diri terbentuk dengan hadirnya goal setting secara langsung. Hal itu membuat kita mencoba untuk berjalan sesuai dengan rencana dan harapan yang kita cita-citakan. Seringkali seseorang gagal dan tidak mencapai harapan, bukan karena mereka tak mampu melainkan gagal sejak rencana. Self leadership sedari awal membantu seseorang untuk membangun rencana secara matang dan dijalankan sebaik mungkin.

Ketiga, self leadership selain mendukung pribadi juga memberi efek terhadap kelompok atau tim serta institusi kerja.

Orang yang memiliki self leadership mampu memperlihatkan kinerja serta proses bersosialisasi dengan orang lain. Kemampuannya dalam mengendalikan situasi pun mendukung proses kerja di kantor. Di luar lingkup kantor, kerja komunitas atau tim memperlihatkan hasil yang signifikan dalam performa seseorang dengan self leadership yang baik.

Tiga hal itu menjadi manfaat dasar dari self leadership. Mungkin anda sempat bertanya dalam hati, bagaimana untuk memiliki self leadership? Sekali lagi, self-leadership merupakan proses di mana seseorang mampu mempengaruhi dirinya untuk mencapai arah dan memotivasi diri yang diperlukan untuk berperilaku dengan cara yang diinginkan. Hal ini bisa menjadi keterampilan khusus yang dapat kita miliki. Meskipun beberapa penelitian memperlihatkan bahwa beberapa kepribadian tertentu, mendukung menguatnya self leadership itu sendiri. Semakin sering kita melihat kinerja dan melakukan evaluasi, saat itu juga kita tengah mengembangkan kemampuan self leadership itu sendiri. 

Semoga saja di tahun 2019 ini, kita bisa menaklukkan diri yang kadang keliru. Dan sekiranya harapan, sedia memberi bahagia yang kita impikan. Selamat tahun baru 2019.   
Post a Comment
loading...