Mengatasi Insomnia, Cobalah untuk Mendengar Musik - IndoPositive
Latest Update

Wednesday, January 16, 2019

Mengatasi Insomnia, Cobalah untuk Mendengar Musik



INDOPOSITIVE.orgSeberapa sering anda mendengarkan musik? Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi kita bila di waktu tertentu, mendengar musik menjadi pilihan. Dengan mendengar musik, kita merasa situasi menjadi lebih menyenangkan. Bahkan di saat sedih, beberapa orang memilih melepas rasa sedih dengan menyanyikan lagu-lagu yang serupa dengan perasaannya. Perkembangan musik di sekitar kita pun begitu pesat. Berbagai hal mendukung terjadinya percepatan atau kondisi tersebut. Kita bahkan bisa mendengar musik kapan pun kita inginkan.

Salah satu manfaat musik yang bisa kita dapatkan adalah untuk melawan insomnia. Insomnia menjadi masalah yang serius dan dapat dialami berbagai kalangan. Bila tiap malam anda diserang susah tidur, sejumlah penelitian akan menyarankan kita untuk mendengar musik. Pengaruh musik mampu menjadi solusi dalam masalah tidur yang sering kita alami. Tapi, musik seperti apa yang dapat kita gunakan untuk melawan insomnia? Setidaknya, musik menjadi terapi atau langkah yang mudah, murah, dan efektif dilakukan.

Laszlo Harmat, Johanna Takacs & Robert Bodizs dari Hungaria mencoba menjawab hal tersebut dengan melakukan penelitian pada mahasiswa. Penelitian itu berjudul Music improves sleep quality in students dan dipublikasikan pada tahun 2007. Para peserta dibagi dalam tiga kelompok, yaitu yang mendengarkan musik klasik, audio book, dan tidak sama sekali. Kelompok pertama mendengar musik klasik selama 45 menit, sementara kelompok kedua mendengar audio book sebelum tidur. Hal itu rutin dilakukan selama tiga minggu. Para peneliti kemudian melihat kualitas tidur sebelum dan sesudah perlakuan tersebut. Hasilnya, mereka menemukan bahwa peserta yang mendengarkan musik memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik dibanding mereka yang mendengar audio book atau yang tidak mendengar musik sama sekali.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Saat mendengar musik klasik, secara tidak langsung perasaan menjadi lebih relax dan memberikan pengaruh pada detak jantung dan tekanan darah kita. Beberapa penelitian pun membuktikan hal tersebut.

Di tahun 2013, Jim Oxtoby bersama rekannya yang berasal dari Queensland University of Technology melakukan penelitian serupa. Tapi pada penelitian tersebut, mereka menemukan musik memberikan pengaruh yang tepat dalam mengatasi masalah insomnia. Hanya saja, menentukan musik yang tepat menjadi sebuah pertanyaan yang masih tetap ingin dipecahkan. Lantaran dengan cara tersebut, para terapis dapat menyusun atau menentukan anjuran yang tepat pada para penderita insomnia.

Tentu saja, belajar dari sejumlah penelitian tersebut, kita bisa mencoba melakukan hal yang seperti itu juga. Barangkali saja insomnia tiba-tiba datang menyerang, mungkin saja musik mampu menjadi alat yang benar-benar ampuh untuk melawannya. Sejumlah musik klasik pun dapat kita temukan dengan mudah. Dengan pencarian google atau bisa juga di youtube, kita bisa memilih dan mendengar musik klasik yang sesuai dengan selera kita. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon