Cuaca Hari Ini: 3 Efek Psikologis Bagi Kita

By IndoPositive - 9:39:00 PM


INDOPOSITIVE.orgDi tengah cuaca yang sulit diprediksi, kita mesti bersiaga dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Memasuki akhir Januari 2019, musim penghujan ditaksir akan mengalami puncaknya. Berbagai berita dan situasi yang ada di sekitar kita sekiranya dapat membuat kesadaran terbentuk dengan lebih baik. Berbagai bencana seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang diprediksi dapat terjadi di beberapa tempat. Pada saat seperti ini, kita kerap berharap agar cuaca ekstrem segera usai. Ternyata, keinginan atau harapan tersebut diikuti dengan berbagai efek yang ditimbulkan dari cuaca.

Berikut tiga penelitian tentang cuaca bagi efek psikologi kita sehari-hari:

Pertama, cuaca memberi pengaruh pada perilaku menolong kita

Sebuah penelitian menemukan bahwa saat matahari bersinar cerah, orang-orang lebih senang menolong. Penelitian ini dilakukan dengan melihat para pengendara di Perancis, kesedian mereka untuk menolong dalam hal ini memberi tumpangan, diamati secara khusus. Nicolas Guéguen bersama Jordy Stefan, mempublikasikan penelitian tersebut dengan judul Hitchhiking and the ‘Sunshine Driver’: Further Effects of Weather Conditions on Helping Behavior.  

Empat orang dari pihak peneliti diminta menyamar sebagai pejalan kaki di Prancis pada hari-hari cerah. Para peneliti menganalisis 2.864 dari pejalan kaki yang mencoba mendapat tumpangan. Hasil penelitian kemudian menemukan bahwa para pengemudi lebih banyak memberi tumpangan pada hari cerah dibanding saat cuaca berawan. Para peneliti berpendapat bila sinar matahari memberikan efek pada suasana hati menjadi lebih positif, hingga membuat kita tergerak membantu.

Kedua, cuaca memberi pengaruh pada perilaku keterbukaan kita

Masih dari peneliti sebelumnya, Nicolas Guéguen, kali ini dengan judul Weather and courtship behavior: A quasi-experiment with the flirty sunshine. Penelitian di Perancis ini melihat kemungkinan seorang perempuan untuk memberikan kontaknya pada seorang lelaki yang mendekatinya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa para perempuan lebih sering memberikan kontak mereka di hari yang cerah. Kembali, penelitian ini menjadi serangkaian usaha untuk melihat efek sinar matahari terhadap suasana hati seseorang.

Ketiga, cuaca memberi pengaruh pada suasana hati (mood) kita

Cuaca memberikan pengaruh pada suasana hati kita, penelitian terkait hal tersebut dilakukan oleh Denissen dan rekannya pada tahun 2008 dengan judul The Effects of Weather on Daily Mood: A Multilevel Approach. Penelitian ini melibatkan 1233 orang partisipan dengan usia rata-rata 27 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari enam parameter cuaca (suhu, angin, sinar matahari, curah hujan, tekanan udara, dan photo period) pada suasana hati (pengaruh positif, pengaruh negatif, dan kelelahan). Denissen dan rekannya berhasil mengungkapkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari suhu, angin, sinar matahari, curah hujan, tekanan udara, dan foto periode memberi pengaruh pada mood positif seseorang.

Pada dasarnya, ada berbagai efek yang ditimbulkan oleh cuaca. Masih banyak penelitian terkait. Akan tetapi, semoga saja cuaca hari ini tetap memberikan kita kebaikan dan senantiasa belajar dari alam.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar